Menu
RSS

Items filtered by date: February 2017

Guru SD-SMP Sukabumi Antusias Mengikuti Seminar Metodologi Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik.

 

 

BogorPlus.com - Sukabumi, Presiden Direktur klinik Pendidikan MIPA, Raden Ridwan Hasan Saputra, pada hari Minggu, 26 Februari 2017 berkunjung dan berbagi ilmu  dengan perwakilan guru SD-SMP Se-Kabupaten Sukabumi. kegiatan tersebut bertemakan  "Workshop Metodologi Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik".

 

Acara yang digagas oleh SDN Model Kab. Sukabumi dimulai pukul 08.30-15.30 WIB,  bertempat di Aula SDN Model Kab.Sukabumi jalan raya pelabuhan II, Cikembang-Cikembar, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kegiatan tersebut dihadiri 93 peserta dari 30 Sekolah yang berasal dari kecamatan Cikembar, Cibadak, Nagrak, Parungkuda, Cicurug, Kabandungan, Cisaat, Sukaraja, Warung Kiara, Cisolok, Cidolog dan ada yang berasal dari Cianjur.

 

Pada workshop kali ini, Ridwan HS memberikan materi tentang Pengantar Matematika Nalaria Realistik, Matematika Eksplorasi dan yang tidak kalah menariknya adalah materi  "Kiat Sukses Hidup dengan Berfikir Supra-Rasional. 

 

Kegiatan ini terus disosialisasikan oleh KPM kepada masyarakat, dengan harapan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menggunakan metode yang tepat dalam pembelajaran Matematika yang baik dan menyenangkan.

 

Menurut Ibu Herni Sutriawati, S.Pd. guru Matematika SMP Negeri 3 Cikembar, "Program workshop ini sangat bagus sekali untuk para guru dan masyarakat luas. Dengan menerapkan berfikir supra-rasional dan MNR dalam kehidupan sehari-hari,  akan menjadikan seseorang memiliki pengetahuan dan cara berfikir diluar kebiasaan, baik dalam mempelajari matematika ataupun pemecahan  dalam kehidupan sehari hari", tuturnya.

 

Sedangkan menurut Bapak Adil Munajat, S.Pd. guru SDN Cipamingkis Cidolog, "Setelah mengikuti workshop ini, semakin menambah pencerahan untuk terus menekuni ilmu Matematika. Dengan mempelajari MNR sangat terasa perbedaannya ketika mengajari anak didik saya, anak menjadi lebih cepat menyerap inti pembelajaran Matematika dibandingkan dengan metode lain", pungkasnya.

 

Diakhir penutup Bapak Maman Suparman, S.Pd, SD. Selaku Kepala SDN Model Kab.Sukabumi menambahkan, Hari ini sangat bersyukur atas kedatangan Pak Ridwan dan tim KPM. Alhamdulillah ketika saya menyimak materi workshop tersebut, saya semakin percaya ketika mempelajari Matematika  dengan metode MNR, dapat mempermudah anak dalam memahami  setiap soal, karena MNR selalu mendepankan prinsip masalah nyata dalam membahas soal Matematika.

 

 

 

 

Read more...

Uniknya Wisata Eksplorasi Matematika Bersama KPM & PT. Pos Bogor

 

 

BogorPlus.com – Bogor, tanggal 7 – 8 Februari 2017 selama 2 hari 1 malam, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali menyelenggarakan pelatihan matematika untuk siswa kelas khusus yaitu Super Math Camp (SMC). Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan rutin di KPM. SMC ini dilaksanakan di Padepokan Amir Syahrudin, Ruko 6 Laladon No. 1-3 Jl. Raya Laladon RT 004/006 Ds. Laladon, Kec. Ciomas, Kab. Bogor dengan peserta siswa kelas 7 & 8 Berbakat A.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk siswa agar lebih mandiri dan belajar bersosialisasi dengan peserta yang lain. Yang berbeda dari kegiatan SMC kali ini adalah adanya kegiatan wisata eksplorasi matematika ke PT. Pos, yang beralamatkan di Jl. IR H Juanda No. 5 Paledang, Bogor Tengah.

Kegiatan wisata eksplorasi matematika PT. Pos memiliki hal yang unik dari segi materinya, karena terkait dengan benda-benda pos. Permainan matematika yang disajikan untuk para peserta meliputi permainan Secret Map, Sudoku dan Tetramino. Termasuk di dalamnya sesi pengenalan kantor pos yang meliputi sejarah benda-benda pos serta pengiriman surat dan paket pos. Selain itu, peserta diajak berkeliling kantor pos untuk melihat aktivitas yang berlangsung di kantor pos.

Keunikan dari ketiga permainan matematika yang disajikan adalah peserta tidak hanya bermain dengan angka, namun mereka juga menjadi lebih mengenal benda-benda pos. Sebagai contoh, permainan Secret Map (Peta Rahasia) peserta diminta untuk menemukan benda pos yakni PO BOX yang diminta, dengan cara mereka menyelesaikan perhitungan matematikanya terlebih dahulu. Kemudian dalam permainan Sudoku gambar perangko, mereka diminta mengatur letak perangko dalam setiap kotak yang masih kurang agar setiap gambar perangko tidak ada yang sama dalam 1 baris dan 1 kolom. Lalu, dalam permainan Tetramino, peserta diminta untuk merangkai potongan-potongan perangko menjadi 4 kotak yang sisinya saling menempel.

Bapak Muchammad Fachri selaku kepala Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) mengatakan “Tujuan kerja sama dengan PT. Pos adalah selain melatih siswa dalam kegiatan eksplorasi matematika, juga sebagai sarana untuk lebih mengenalkan PT. Pos kepada anak-anak dan mengetahui alur kerja dari kegiatan berkirim surat atau barang di PT. Pos”, tutup Bapak Fachri

Read more...

30 Guru MGMP SMP Matematika Kecamatan Cilincing Mengikuti Kegiatan Wisata Edukasi Matematika

 

BogorPlus.com - Bogor, Sabtu 04 Februari 2017, Klinik pendidikan MIPA Bogor kedatangan tamu 30 orang guru yang tergabung dalam MGMP SMP Matematika  Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Adapun kunjungan tersebut adalah untuk mengikuti kegiatan Wisata Edukasi Matematika.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Bapak Taufik Hidayah, selaku Kepala Divisi Pendidikan KPM.
Kegiatan Wisata Edukasi Matematika berlangsung seru, menyenangkan dan disambut antusias oleh seluruh peserta.

Peserta diajak bermain  dan bereksplorasi matematika, dimana kegiatan tersebut  terbagi dalam empat pos yaitu Padepokan Matematika, Toko Matematika, Kampung Matematika dan Kafe Matematika. Di setiap pos para peserta diberikan beberapa ragam permainan eksplorasi matematika seperti: Nara, Ken-Ken, Tangram, Tic Tac Toe, Logic, PBM, Sudoku dan membuat kerajinan tangan.

Selain materi di atas, para peserta juga diberikan pemahaman mengenai Matematika Nalaria Realistik sehingga diharapkan materi tersebut bisa diterapkan kepada peserta didik di tempat mereka mengajar.
Kondisi cuaca yang hujan, tidak menyurutkan semangat guru-guru peserta kegiatan Wisata Edukasi Matematika untuk mengikuti semua rangkaian acara.

Salah seorang peserta,  Bapak Agus mengatakan "saya sangat senang mengikuti kegiatan Wisata Edukasi Matematika dari KPM ini, karena kami bukan hanya diajak untuk bersenang-senang. Banyak ilmu dan inspirasi yang bisa kami terapkan kepada anak didik kami bahwa matematika itu tidak menyeramkan. Selain itu, metode pendekatan Matematika Nalaria Realistik  bisa menumbuhkan minat para siswa kami akan Ilmu matematika sehingga  para siswa yang tidak suka matematika bisa  menjadi suka matematika,” tutup Bapak Agus dengan penuh semangat.

Read more...

Pelatihan Berpikir Supra Rasional di PT. POS

 

BogorPlus.com –Bogor, Kantor Pos Kota Bogor mengundang Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA, Bapak Ridwan Hasan Saputra, untuk mengisi pelatihan Supra Rasional dengan tema “Seminar Improvement SDM, Strategi Meningkatkan Rezeki Karyawan Dengan Menggunakan Cara Berfikir Supra Rasional Untuk Menuju PT.Pos Juara". 

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 22 januari 2017 bertempat di Kantor Pos Kota Bogor Jl. Ir. Haji Djuanda No. 50, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.  Mengingat pentingnya kegiatan ini, Pihak Pt Pos mewajibkan seluruh karyawannya hadir dalam seminar tersebut.  Oleh karena itu, kegiatan inipun  dibagi menjadi 4 sesi dalam 1 hari, dimana jumlah peserta tiap sesi diikuti  66 karyawan.  Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan sambutan  Kepala Kantor Pos Kota Bogor, Ibu Pujiati.

 

“Kami mengundang Pak ridwan, yang pertama untuk mengawali tahun 2017, kami ingin Pak Ridwan memberikan motivasi ke semua karyawan, sehingga para karyawan akan tahu bagaimana mereka harus bersikap dan bekerja dengan penuh keikhlasan, dan  keikhlasan ini diharapkan bisa menjadi modal karyawan untuk meningkatkan kinerjanya guna mendapatkan ridho dari Allah SWT“ kata Ibu Pujiati.

 

Setelah seminar ini, Ibu Pujiati selanjutnya mengharapkan para karyawan memahami bahwa dengan bekerja ikhlas mereka akan mendapatkan luasan segitiga biru atau tabungan pahala, “Segitiga biru atau tabungan pahala itu lah yang ternyata setelah dijelaskan Pak Ridwan, akan mendatangkan rezeki tak disangka-sangka sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT”.

 

“Kita bekerja tidak hanya dengan fisik, karena bekerja dengan fisik itu tidak akan memberikan nilai lebih tanpa didasari niat bekerja untuk Allah SWT.  Akhirnya, saya harap, setelah mengikuti seminar Pak Ridwan ini, para karyawan PT POS memahami bahwa majikan kita adalah Allah dan kantor Pos ini sebagai kendaraannya dan tempat prakteknya. Inilah maksud dan tujuan kami mengajak semua karyawan, semua pihak yang menjadi keluarga besar kantor pos bogor untuk mengikuti seminar ini agar memiliki pemahaman yang sama. Diharapkan semua pegawai nantinya akan memberikan nilai positif, mengumpulkan nilai pahala yang banyak dan memiliki segitiga biru yang besar sehingga apa yang menjadi cita-cita pribadi ataupun cita-cita korporat akan  tercapai“ ujar Ibu Pujiati.

 

Salah satu peserta, Bapak Ganjar mengatakan bahwa “Awalnya saya tidak tahu apa yang akan disampaikan oleh Pak Ridwan, tapi setelah saya mengikuti, ternyata sangat  menarik, karena sangat jarang pelatihan yang basisnya lebih ke spiritual dan spiritualnya pun berbeda dengan kebiasaan, yang diajarkan Pak Ridwan ini bisa menggugah hati nurani saya, terutama dalam hal memilih majikan, selama ini saya bekerja hanya untuk perusahaan. Setelah seminar ini, saya memahami ada sisi lain yang bisa kita dapatkan dengan bekerja ikhlas, yaitu saya bisa mendapatkan yang lebih dalam bentuk kesehatan, rezeki, amal baik dan segala macam, dimana dulu saya hanya berpikir bekerja untuk mendapatkan penghasilan tapi setelah saya mendapatkan pelatihan ini ternyata penghasilan itu tidak seberapa nilainya dibandingkan dengan kebaikan yang kita dapatkan apabila kita bekerja secara ikhlas dan didasari dengan ibadah” ungkap Bapak Ganjar.

 

“Saya berharap pelatihan seperti ini tidak hanya sekali, saya melihatnya kalau hanya sekali mungkin ada orang yang langsung paham dan menjalankan, namun ada juga orang yang hanya selewat dan bahkan lupa dengan materi yang disampaikan setelahnya. Saya kira kalau pelatihan ini dirutinkan akan lebih bagus karena apabila seluruh karyawan sudah melakukan hal yang sama insyallah perusahaan kita akan menjadi lebih baik dari sekarang”, tutup Bapak Ganjar.

 

Read more...

Guru dan Anggota Kodim 0622/Kab. Sukabumi Mengikuti Pelatihan Pembelajaran Matematika Berhitung dengan Metode Kotak-kotak

 

BogorPlus.com - SUKABUMI, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menggelar pelatihan matematika untuk para Babinsa dan guru di wilayah Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi,  Jawa Barat pada 16 - 20 Januari 2017. Pelatihan ini diikuti 20 aparat Babinsa dan guru. Mereka adalah perwakilan dari sejumlah koramil dan sekolah di wilayah Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi,  Jawa Barat.

Menurut pendiri KPM, Raden Ridwan Hasan Saputra, materi pelatihan "Matematika Para Babinsa" adalah matematika nalaria realistik yang fokus pada penggunaan metode kotak-kotak. Metode ini dinilai praktis yang membuat guru dan siswa mudah belajar matematika, khususnya dalam perhitungan matematika dasar, seperti membilang, tambah, kurang, kali, dan bagi.

Selain belajar metode kotak-kotak, para peserta juga diajarkan "Permainan Matematika Militer", "Permainan Matematika Bela Negara" dan "Permainan Nara".

Harmunadi sebagai Babinbakti Koramil 2209 Bengkong Kabupaten Sukabumi mengatakan, ”Perasaan saya pribadi sangat senang sekali mengikuti pelatihan ini, karena pembelajaran dengan metode seperti ini baru kami dapatkan, dan sepertinya bisa membuat anak-anak supaya lebih senang belajar berhitung matematika, selain itu, kenapa saya merasa senang juga karena bisa menerapkan metode baru ini di lingkungan rumah atau bahkan di lingkungan RT/RW”.

“Rencana kedepannya setelah mengikuti pelatihan ini, langkah pertama saya akan menerapkan dan mengajarkan metode kotak-kotak ini di ingkungan keluarga saya terlebih dahulu, dan mungkin selanjutnya bisa mencakup di semua kalangan dan lingkungan yang lebih luas lagi. “kata Harmunadi

Selain materi matematika yang sangat menarik yaitu belajar hitungan kotak kotak, dalam pelatihan ini, ada juga materi motivasi mengenai hubungan antara kita dengan kehidupan sehari-hari, salah satunya untuk berbuat ikhlas dan lebih meningkatkan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT. Saya sadar bahwa semua yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, harus selalu didasari dengan rasa ikhlas, kegiatan apapun dan apapun yang kita laksanakan semua dilandasi dengan hati yang ikhlas, “kata Harmunadi.

Rinrin Regina guru  SDN 2 Pelabuhan Ratu mengatakan, “Sangat senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini karena disamping ada pengalaman, menambah wawasan dan pembelajarannya sangat kreatif, metode kotak-kotak ini sangat unik sekali karena menurut saya cocok sekali untuk digunakan di sekolah dasar dan hal ini belum saya lakukan sebelumnya yaitu mengajar Matematika dengan menggunakan metode kotak-kotak. Dan kedepannya metode ini saya akan sampaikan ke pihak sekolah untuk bisa dimasukkan ke dalam metode pembelajaran Matematika khususnya materi perkalian,” kata Rinrin

“Saya sangat mendukung program Indonesia Ikhlas. Insyaa Allah saya akan mengembangkan ilmu ikhlas ini di lingkungan sekolah dan rumah, dengan cara  mengajak anak-anak yang tidak mampu untuk membayar les yang biasanya sudah ditarifkan, berubah sistem pembayarannya dengan  menggunakan metode pembayaran seikhlasnya dengan menggunakan keropak seperti hal nya KPM. “Tutup Rinrin.

Read more...
ads by bogorplus.com
Kota Bogor Bottom