Menu
RSS

Items filtered by date: January 2018

Fun Math & Science Strategi Pembelajaran MIPA Agar Menyenangkan

Kota Depok-Jawa Barat. -- Sebanyak 230 Pelajar SD Islam Al Fauzien Kota Depok mengikuti Fun Math & Science yang dilaksanakan di lapangan Sekolah Islam Al Fauzien, Kamis (25/01/2018).

Siswa/siswi kelas 3 sampai 6 SD menikmati sajian materi matematika dan ipa dengan pendekatan strategi berupa eksplorasi serta eksperimen.

Wakil Kepala Sekolah SD Islam Al Fauzien Kota Depok, Retno Wigatiningsih menilai  program Fun Math and Science sangat membantu bagi siswa-siswi yang tidak menyenangi pelajaran MIPA. “Saya melihat ternyata ada metode penyajian yang berbeda, yakni melalui permainan, eksperimen, dan eksplorasi sehingga menemukan hal yang menarik dan berbeda,” ungkapnya.

Ia pun menyebutkan salah satu permainan yang disinyalir mampu membawa kesan berbeda saat  belajar membilang dan berhitung, yakni permainan roda berputar.

“Kami berharap anak-anak yang telah belajar MIPA melalui Fun Math and Science dapat melahirkan siswa-siswi berprestasi yang memiliki sikap hidup yang baik,” pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Syaepul Rohmat Yohandi selaku koordinator matematika. Alasan pihak sekolah mengundang tim Fun Math Sciece demi menghadirkan perubahan pada bidang pembelajaran MIPA. “Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi. Kegiatan FMS ini Insya Allah menjadi solusi yang tepat karena mengubah cara pandang Siswa terhadap MIPA. Dari awalnya tidak suka MIPA menjadi senang terhadap MIPA.” Ucapnya disela-sela kegiatan Math & Science Day.

Pria kelahiran Sumedang ini berharap bahwa kegiatan terus berlanjut dengan tahapan yang berbeda sehingga kemanfaatan yang di dapat semakin berkualitas,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Dwi Samto selaku Instruktur Fun Math and Science menambahkan bahwa sebuah kesuksesan harus diawali proses belajar lewat pengalaman nyata. “Fun Math and Science ini menjawab kebutuhan tersebut karena disajikan dalam bentuk simulasi nyata dalam bentuk eksplorasi dan eksperimen. Sehingga anak-anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dari biasanya.” jelasnya.

Sumber: Tim Media

Read more...

230 Pelajar SDI Al Fauzien Depok Bersuka Cita Ikut Fun Math & Science

 

Bogorplus.com-Kota Depok-Jawa Barat. – Sebanyak 230 Pelajar SD Islam Al Fauzien Kota Depok mengikuti Fun Math & Science yang dilaksanakan di lapangan Sekolah Islam Al Fauzien, Kamis (25/01/2018).

Berbagai materi diikuti siswa/siswi kelas 3 sampai 6 SD, mulai dari materi matematika dan IPA yang dipadukan dengan eksplorasi serta eksperimen.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Syaepul Rohmat Yohandi selaku koordinator matematika itu mendapat sambutan meriah dari para peserta, dengan menghadirkan tim dari Read1 Learning & Development Center yang berada dibawah naungan Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Menurut pantauan tim Bogorplus.com, kegiatan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama diperuntukkan bagi kelas 5 dan 6 SD. Sedangkan sesi kedua untuk kelas 3  dan 4 SD. Sesi pertama dan kedua sama-sama diawali ramah-tamah dari instruktur utama, Kak Dwi. Kemudian dilanjutkan dengan dinamika kelompok, senam otak, dan permainan interaktif sebagai pembuka acara.

Setelah permainan pembuka, peserta langsung dibagi menjadi beberapa kelompok oleh tim fasilitator yang bertugas, di antaranya: Kak Hilda, Kak Tya, Kak Ihsan, Kak Eva, dan Kak Febie. Semua fasilitator tersebut memperkenalkan diri kepada para peserta dengan penuh antusias dan ramah. Beberapa macam permainan matematika disimulasikan, seperti: hoopers, tic tac toe, logix, transfer ball, transfer hola hoop, transfer electric, toxic, labirin show, hingga eksplorasi matematika belanja. Selain itu, tak kalah serunya, tim besutan Dwi Samto menghadirkan juga kelas eksperimen sains dengan tema oil vs water, balloon race, dan ditambahkan eksplorasi tangram.

Ungkapan senang disampaikan salah satu peserta, Fadlan Alfarissy Demirdand. Baru tahu kalau pelajaran matematika dan ipa dikemas dengan permainan, jadi sangat menyenangkan dan tidak bosan. Yang tidak kalah serunya saat belajar eksperimen sains “oil vs water” dan hoopers,” ujar pelajar kelas 4.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Retno Wigatiningsih sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Kegiatan Fun Math & Science ini sangat mudah diterima oleh para siswa. Selain bentuk penyajiannya yang  unik dan kreatif, kami bersyukur karena di dalamnya terdapat unsur pelatihan

pengembangan diri seperti: kedisiplinan, kejujuran, kecerdasan, gotong royong, dan ketangkasan dalam bertindak.

“Kita ketahui saat ini pelajaran matematika dan ipa (MIPA) menjadi momok menakutkan bagi para pelajar. Terlebih sepanjang kegiatan belajar, siswa-siswi cenderung berhadapan dengan kertas dan pensil.  Tentunya kita bersyukur kegiatan ini menjadi inovasi yang baik untuk terus dikembangkan bagi pelajar,” jelas Retno.

Sumber: Tim Media

Read more...

KPM Sosialisasikan Matematika Nalaria Realistik di SDIT ABATA

Bogorplus.com - Bogor - Lewat gagasan kreatif dan inovatif, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) dikenal publik dengan konsepsi pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR). MNR merupakan strategi pembelajaran yang lebih menekankan penggunaan nalar dalam memahami matematika. Pembelajaran berbasis MNR memberikan titik tekan pada peningkatan kemampuan bernalar. Siswa dilatih untuk terampil menganalisis masalah, menarik kesimpulan, dan menyelesaikan masalah dengan berbagai metode pemecahan masalah. MNR ini digagas oleh Raden Ridwan Hasan Saputra, yang tak lain merupakan Presiden Direktur KPM.

Karena ketertarikan untuk mempelajari konsepsi pembelajaran MNR, beberapa Sekolah mengundang KPM untuk menyosialisasikan MNR di sekolahnya. Pada 11-12 Januari 2018, KPM melakukan sosialisasi MNR ke Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) ABATA yang berada di Kembangan, Jakarta Barat.

Pelatihan MNR yang disampaikan oleh tim KPM, yakni Teguh Imam Agus Hidayat dan Muhammad Fachri diikuti sebanyak 28 pengajar SDIT ABATA. Pelatihan ini dilakukan untuk mengenalkan MNR serta penerapannya di Sekolah Dasar.

Dalam sesi pelatihan, pelatih MNR mengatakan kemampuan nalar matematika siswa saat ini masih rendah. Oleh karena itu, pembelajaran Berbasis MNR dapat diaplikasikan di sekolah untuk meningkatkan kemampuan siswa berpikir dengan menggunakan nalarnya.

“Diharapkan metode MNR ini dapat diterapkan pada semua sekolah di Indonesia agar tidak ada lagi siswa yang mengatakan bahwa matematika itu sulit atau membosankan, tetapi justru mengasyikkan dan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari,” ujar pelatih MNR.

Sementara itu, Kepala SDIT ABATA, Encep Sopyan Sori menyampaikan bahwa strategi pembelajaran MNR yang disampaikan dapat menambah pengetahuan bagi para pengajar di SDIT ABATA.

“Materi yang disampaikan sangat baik dan pas untuk meningkatkan pengetahuan ustadz maupun ustadzah di sini. Semoga setelah mengikuti pelatihan ini ada peningkatan kualitas pembelajaran dalam kerangka taqarrub ilallah,” ujar Encep.

Hal serupa juga disampaikan Nur Sihadi, salah satu guru Al Quran SDIT ABATA. “Penyajian materinya bagus, seimbang antara ilmu agama dan dunia, memadukan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual. Hal seperti ini harus diterapkan dalam pengajaran dan kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Selain pelatihan MNR, para pengajar di SDIT ABATA juga mengikuti seminar cara berpikir suprarasional pada 10 Januari 2018 yang disampaikan oleh tim KPM, Teguh Imam Agus Hidayat.  Tak hanya guru, orang tua siswa juga turut dalam seminar tersebut.

 

Tim Media

Read more...

Pelatihan Asisten Taekwondo KPM Focus dalam Kegiatan Super Camp

Bogorplus.com - Bogor- Klinik Pendidikan MIPA (KPM) tak hanya memberikan pendidikan dalam bidang matematika dan IPA saja, lembaga yang telah berdiri sejak tahun 2001 ini pun memberikan pengajaran dalam bidang bela diri, seperti pencak silat dan taekwondo.

Salah satu cabang bela diri taekwondo yang bernama KPM Focus, mengembangkan bakat dan kemampuan siswa dengan mengadakan pelatihan untuk asisten pelatih dalam kegiatan Super Camp.

Super Camp diadakan dengan tujuan untuk menyamakan visi dan misi antara pelatih dan asisten pelatih, serta mempersiapkan generasi penerus pelatih taekwondo selanjutnya. Kegiatan yang berlangsung pada 13-14 Januari 2018 di Curug Ciputri Tenjolaya Bogor ini diperuntukkan bagi siswa yang telah memiliki sabuk merah tingkat SMA.

Sebanyak 26 siswa Taekwondo KPM Focus dari beberapa unit latihan hadir dalam kegiatan Super Camp yang didampingi oleh 11 orang pelatih.

Barbagai aktivitas mewarnai kegiatan Super Camp, seperti olah raga bersama, tausyiah, tadabur alam, pemaparan cara berpikir suprarasional, juga games yang menarik.

Padatnya aktivitas yang dilakukan tak membuat para peserta lelah. Mereka malah terlihat antusias. Mereka memulai kegiatan di hari pertama pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.30 WIB, sedangkan pada hari kedua pukul 03.30 WIB hingga 13.00 WIB.

Materi cara berpikir suprarasional yang disampaikan oleh Ricky Tunggal Aji Saputra mendapat perhatian khusus dari para peserta Super Camp. Banyak peserta yang menjawab pertanyaan dari penyampai materi.

Keceriaan peserta juga terlihat saat melakukan tadabur alam di Curug Ciputri. Mereka melakukan perjalanan pada medan yang terjal dan berliku.

Salah satu peserta Super Camp, Siti Nur Afifah mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut. Ia pun berharap kegiatan seperti ini terus berlangsung setiap tahun.

“Saya merasa senang mengikuti Super Camp ini. Saya mendapatkan pengalaman baru yang seru. Semoga kegiatan ini tetap ada di tahun berikutnya,” ujar Siti.

Tak hanya Siti yang berharap Super Camp menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Hal senada juga diutarakan Syifa Nooraini.

“Kegiatan ini sangat seru karena dapat berkumpul dengan semua teman dan pelatih. Menambah kedekatan dan menumbuhkan rasa kekeluargaan yang lebih besar antara siswa lama dan yang baru begabung. Pesannya hanya satu, semoga kegiatan seperti ini lebih sering diadakan,” kata Syifa.

 

Tim Media

Read more...

Atlet KPM Boyong Medali Emas dan Perak Kejuaraan Pencak Silat

Bogorplus.com - Bogor - Dua siswa Klinik Pendidikan MIPA (KPM) berhasil mempersembahkan medali emas dan perak dalam kejuaraan pencak silat Bogor Silat Championship 1.

Mereka adalah Nafisah Nur Azkia, siswa kelas 5 SD dan Ananda Muhammad, siswa kelas 8 SMP. Nafisah berhasil membawa pulang medali emas dalam kejuaraan kategori Seni Tunggal, sedangkan Ananda mendapatkan medali perak pada kejuaraan kategori Fight atau tanding.

Kedua atlet pencak silat KPM Garuda Club ini sebelumnya rutin menjalani kelas Training Center selama dua minggu di ruko KPM Laladon. Mereka mendapat pelatihan khusus oleh pelatih pencak silat KPM Garuda Club, yakni Ega Putri Amelia, juga didampingi oleh Raden selaku wasit. Para atlet yang diutus untuk mengikuti kejuaraan berlatih dengan baik demi mempersiapkan diri untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kejuaraan pencak silat Bogor Silat Championship 1 sendiri merupakan salah satu wadah penyaluran potensi yang dimiliki para atlet pencak silat se-kota Bogor. Kejuaraan yang berlangsung pada 13-14 Januari 2018 di GOR Padjajaran Bogor ini mengusung tema “Tingkatkan Sportivitas, Wujudkan Prestasi, Cermin Cinta Budaya Pencak Silat”. Kejuaraan kali ini diikuti sekitar 1000 peserta dari berbagai perguruan silat di kota Bogor.

Diadakannya kegiatan kejuaraan pencak silat tersebut diharapkan  dapat meningkatkan kecintaan dan menjaga kelestarian budaya seni bela diri khas Indonesia.

 

Tim Media

Read more...

Mau Makan dengan Harga yang Ditentukan Sendiri? Yuk Berkunjung ke Cafe Basi

Bogorplus.com -Bogor - Pada umumnya setiap rumah makan akan menghidangkan menu sajian dan diberi label harga tertentu sesuai jenis hidangan. Berbeda dengan rumah makan kebanyakan, Cafe Basi hadir dengan konsep memberikan kebebasan pengunjung untuk menentukan harga makanan dengan bayaran seikhlasnya.

“Konsep cafe basi ini membantu masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar pangan dengan menyedakan makanan sederhana dengan bayaran seikhlasnya,” terang Meita Fitriyani, Kepala Bagian Read1 Group saat diwawancarai tim Bogorplus.com

Cafe yang memiliki slogan mengenyangkan orang yang lapar dan melaparkan orang yang kenyang ini menyajikan menu utama bubur kacang hijau yang dimasak setiap hari. Selain itu, Cafe Basi menyediakan menu lainnya tergantung dari pemberian masyarakat.

“Cafe Basi menerima hadiah berupa makanan siap saji dari masyarakat yang memiliki makanan berlebih untuk kami bantu sajikan,” ujar Meita.

Meita menambahan, baik bubur kacang hijau maupun hidangan lainnya dapat dibayarkan seikhlasnya yang dimasukkan ke dalam keropak yang telah disediakan.

Lebih lanjut Meita menyampaikan, visi misi Cafe Basi yakni membantu sesama. Cafe Basi membuka peluang sebesar-besarnya bagi masyarakat yang mampu untuk memberikan hadiah berupa makanan kepada Cafe Basi sehingga banyak masyarakat lain yang dapat menikmati Cafe Basi.

“Siapa pun boleh makan di Cafe Basi, anak-anak sekolah, orang tua siswa, anak yatim, maupun masyarakat luas boleh makan di sini. Semakin banyak orang yang datang ke Cafe Basi, berarti semakin banyak orang yang kita bantu. Diharapkan rezeki lain yang tidak terduga dari Allah akan datang,” jelas Meita.

Untuk dapat menikmati hidangan di Cafe Basi, para pengunjung wajib menati tata cara yang berlaku. Pertama, ketika masuk pengunjung harus mengucapkan salam. Kedua, sebelum makan, pengunjung harus melantunkan istigfar dan Shalawat Nabi. Ketiga, membaca doa sebelum makan. Keempat, pengunjung mengucapkan Hamdallah dan doa setelah makan. Kelima, sebelum meninggalkan cafe, pengunjung dipersilakan mengisi keropak yang telah disediakan, dan mengucapkan salam ketika meninggalkan Cafe Basi.

“Hal lain yang perlu diperhatikan di Cafe Basi, makanan yang telah diambil harus dihabiskan dan tidak boleh bersisa, berperilaku dan berkata-kata yang baik dan sopan, serta tidak diperkenankan merokok selama berada di dalam cafe,” imbuh Meita.

Selain dapat menikmati hidangan yang dibayarkan secara seikhlasnya, para penunjung dapat mengasah otak dengan mencoba permainan matematika yang disediakan. Adapun permainan yang terdapat di Cafe Basi antara lain Tic Tac Toe 9, Cat & Mouse, Sudoku, Hoopers, Berlian Matematika, Logic, Ular Tangga, dan Maze.

“Meja-meja di Cafe Basi ini dihiasi dengan papan-papan permainan matematika. Jadi, para pengunjung tidak handa bisa bersantap, namun juga dapat bermain. Pengunjung tidak perlu khawatir karena akan dipandu oleh petugas Cafe Basi jika tidak mungerti cara memainkannya,” usar Meita.

Demi mempercantik ruangan cafe, dinding-dinding Cafe Basi dihiasi dengan tempelan-tempelan yang berhubungan dengan matematika, seperti daftar perkalian, rumus-rumus matematika, dan berbagai eksplorasi matematika lainnya.

Bagi Anda yang tartarik menikmati keunikan dan bersantap dengan harga yang Anda tentukan sendiri, kunjungi Cafe Basi pada pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB hari Selasa hingga Sabtu.

Tim Media

Read more...

Mengulik Keuntungan Toko “Jarang Untung” dari Kacamata Supra Rasional

 

Bogorplus.com - Bogor - Pada umumnya setiap bidang usaha memikirkan strategi untuk mendapatkan keuntungan material atas produk yang ditawarkan. Berbeda dengan bidang usaha kebanyakan, toko “Jarang Untung” hadir dengan warna baru yang mengusung visi misi menyebarkan cara berpikir suprarasional.

Toko “Jarang Untung” merupakan hasil buah pemikiran dari Raden Ridwan Hasan Saputra, Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) sekaligus penggagas cara berpikir supra rasional. Toko “Jarang Untung” ini merupakan salah satu bentuk perwujudan gagasan cara berpikir supra rasionalnya.

Toko yang mengusung slogan 'menguntungkan banyak orang dan orang kebanyakan' ini, menjual berbagai macam produk, baik makanan, buku, pakaian, aksesoris, juga permainan yang berhubungan dengan matematika. Menariknya, beberapa produk yang dijual di toko ini merupakan titipan dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Di toko Jarang Untung ini, kami menerima produk-produk dari UMKM, bisa berupa makanan atau kerajinan tangan,” ujar Meita Safitri, Kepala Bagian Read1 Group saat diwawancarai Bogorplus.com.

Meita menjelaskan, toko Jarang Untung tidak mengambil keuntungan dari harga yang diberikan oleh pelaku UMKM. Harga yang dipasang oleh toko Jarang Untung merupakan harga modal dari penitip produk.

“Misalnya, harga yang diberikan si penitip Rp 10.000, kami akan menjual sesuai harga tersebut. Nanti pembeli yang akan memberikan keuntungan bagi toko ini dengan memasukkan uang ke dalam keropak,” jelas Meita.

Keuntungan seikhlasnya yang diberikan konsumen menjadi poin penting dari konsep suprarasional yang diterapkan dalam toko Jarang Untung ini.

“Toko Jarang Untung ini juga menerapkan konsep tolong-menolong. Maksudnya, dengan berbelanja di toko ini, secara langsung pembeli membantu pelaku UMKM dalam proses produksinya. Jika dikaitkan dengan supra rasional, pembeli akan mendapatkan rezeki yang tidak terduga nantinya karena telah membantu pelaku UMKM juga memberikan keuntungan seikhlasnya untuk toko ini,” jelas Meita.

Meita menambahkan, berpikir suprarasional yang diterapkan pada toko Jarang Untung akan membawa pengaruh bagi pembeli maupun pelaku UMKM jika dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Berpikir suprarasional akan mendekatkan kita pada Yang Maha Kuasa, karena kita percayakan padaNya, untuk segala urusan kita. Yang perlu kita lakukan hanya memperbanyak ibadah untuk mendapat banyak keberkahan, termasuk keuntungan toko ini. Karena kesuksesan suatu usaha juga ditentukan oleh ridho Yang Maha Kuasa,” ujar Meita.

Keuntungan Konkrit Berbelanja di Toko Jarang Untung (sub judul)

Selain menyebarkan virus berpikir supra rasional, terdapat keuntungan konkrit yang dapat dipetik oleh para konsumen yang berbelanja di toko Jarang Untung.

“Para pembeli yang berbelanja ke sini (toko Jarang Untung-red), akan mendapat harga yang murah karena kami menjual produk dengan harga modal, tanpa mengambil keuntungan. Tinggal keikhlasan pembeli untuk memberikan keuntungan kepada toko ini,” jelas Meita.

Keuntungan lainnya yang didapatkan konsumen yakni pengalaman berbelanja yang unik dan berbeda dengan toko lainnya karena harga yang tertera ditulis dengan rumus matematika.

“Toko ini merupakan modifikasi dari toko matematika, sehingga keunikan dan ciri khas dari toko matematika matih melekat di toko Jarang Untung ini,” imbuh Meita.

Selain keuntungan bagi konsumen, para pelaku UMKM yang menitipkan produknya di toko Jarang Untung pun dapat menikmati keuntungan yang nyata, karena toko Jarang Untung membantu memasarkan produk mereka balk secara online maupun offline.

“Kami memiliki akun penjualan online yang dapat membantu pelaku UMKM memasarkan produknya, terutama bagi mereka yang sama sekali tidak mengenal jual-beli online. Selain itu, kami juga sering membawa produk UMKM ini ke acara-acara bazaar. Diharapkan dengan kami bantu pasarkan, perputaran produknya lancar sehingga melalui toko ini dapat membantu produksi para pelaku UMKM,” tutus Meita.

 

Tim Media

Read more...

Puluhan Dosen Universitas Pakuan Mendalami Cara Berpikir Supra Rasional

Bogorplus.com-Kota Bogor-Jawa Barat. – Nuansa berbeda terlihat saat gelaran Pra Jabatan Dosen Universitas Pakuan Bogor, Rabu (24/01/2018). Acara yang digelar  di gedung Graha Universitas Pakuan ini menghadirkan juga motivator supra rasional, yakni Raden Ridwan Hasan Saputra.

Dihadapan 38 dosen Universitas Pakuan, peraih Anugerah Peduli Pendidikan tahun 2014 ini menyampaikan tiga poin penting dalam paparannya. Pertama, menjadikan Tuhan Yang Maha Esa menjadi tujuan utama dalam hidup. Kedua, merencanakan kesusahan untuk mendapatkan rezeki yang tak terduga. Ketiga, pahala lebih baik daripada uang.

“Seminar ini sengaja disisipkan pada kegiatan Pra Jabatan dengan tujuan memperkuat kebutuhan jiwa para dosen baru sebelum bertugas. Disamping itu, adanya pemikiran yang lebih komprehensif dari para dosen melebih berpikir rasional,” ungkap Iwan Darmawan selaku ketua pelaksana.

Saat dikonfirmasi tim bogorplus.com tentang pemilihan tema cara berpikir supra rasional, Iwan Darmawan yang merupakan Direktur Sumber Daya Manusia Universitas Pakuan menilai konteks berpikir supra rasional sangat tepat dan dibutuhkan para dosen untuk pengembangan sisi intelektual. Selain itu, kita berharap para dosen yang akan mengemban amanah dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh dedikasi dan integritas yang baik.

Selain dihadiri para dosen, seminar yang digelar selama satu jam ini mendapat tanggapan positif dari Rektor Universitas Pakuan, Prof. Dr. H. Bibin Rubini, M.Pd,. Prof. Bibin menilai kondisi bangsa saat ini khususnya para akademisi (mahasiswa/mahasiswi) memerlukan kebutuhan fisik, raga, dan batin secara paripurna.

“Di era globalisasi saat ini, kita tidak bisa terlepas akan kebutuhan tersebut. Setelah dikaji dari sudut pandang supra rasional, ternyata cara inilah yang akan mampu membawa perubahan besar bagi umat manusia,” kata Prof. Bibin di sela-sela kegiatan.

Pria yang telah meraih penghargaan Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun pada tahun 2006 ini memiliki harapan untuk almamater yang di pimpinnya. “Ke depannya, para dosen dapat menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, dan berkarakter. Keunggulan tersebut bukan dari sisi intelektual saja, tetapi perlu di optimalkan dari sisi spiritual, emosional, dan kesejahteraan batiniah. Jika dosennya ikhlas dalam mengajar, akan lahirlah lulusan yang  dapat berkompetisi di era mendatang,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, dosen Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen, Ari Wibowo Irawan, turut angkat suara setelah menyimak paparan materi cara berpikir supra rasional. “Hari kedua pada kegiatan Pra Jabatan ini sungguh menarik. Salah satunya materi dari Pak Ridwan. Sebelumnya, saya bimbang dan merenungi akan ketidakpastian dalam hidup ini. Namun, setelah menyelami paparan Pak Ridwan, tidak ada pilihan lain kecuali berubah ke arah yang lebih baik dengan membentuk tabungan jiwa untuk mencapai Indonesia yang lebih sejahtera melalui pendidikan.

Sumber: Tim Media

Read more...

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Buka Lowongan Kerja, Yuk Cek Syaratnya!

Bogor-Jawa Barat. – Klinik Pendidikan MIPA (KPM) membuka lowongan pekerjaan pada awal tahun 2018 ini. KPM sendiri merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan sistem metode seikhlasnya (SMS) dalam menjalankan operasional lembaga dan matematika nalaria realistik (MNR) pada metode kegiatan belajar mengajar (KBM).

Lembaga yang berpusat di Ciomas-Kab.Bogor ini tengah berkembang pesat ke berbagai wilayah di Indonesia. Saat ini, KPM telah mengembangkan sayapnya dengan tidak hanya berfokus pada dunia pendidikan saja, tetapi telah merambah menjadi pusat pendidikan dan pelatihan, ekonomi bahkan program wisata. sehingga membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan profesional untuk berkarya dan mengisi berbagai posisi.

Beberapa peluang karir yang tersedia saat ini, antara lain:

Penempatan wilayah Bogor (Kantor Pusat)

  1. Manager Bisnis (MB)
  2. Staff Event (EV)
  3. Staff Public Relation (PR)
  4. Staff Sekretaris (SS)
  5. Staff Social Media (SM)
  6. Staff IT Programmer (IT)
  7. Staff Administrasi (ADM)
  8. Staff Office Boy (OB)
  9. Driver (DV)

Kualifikasi Umum

  1. Berpenampilan menarik
  2. Tidak merokok
  3. Bagi muslimah wajib menggunakan kerudung
  4. Bersedia ditempatkan di Bogor

Selain lowongan staff, KPM Pusat Bogor membuka lowongan guru matematika (GRM) full time & part time. Adapun kualifikasinya antara lain: minimal pendidikan S1 pendidikan matematika, bersedia ditempatkan di Bogor (full time/part time), dan di Tangerang Selatan (part time).

Lamaran lengkap dapat dikirim langsung ke Kantor KPM Pusat, Komplek Taman Pagelaran, Blok C9, No. 19-20, Ciomas-Kab.Bogor atau melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. dengan subject kode posisi yang dilamar. Penerimaan dibuka sampai tanggal 25 Januari 2018.

Sedangkan penempatan wilayah Bekasi membuka lowongan guru paruh waktu untuk bidang studi IPA (GRI) dan bahasa inggris (GRB). Dengan kualifikasi sebagai berikut:

  1. Pria/wanita maksimal berusia 35 tahun.
  2. Beragama Islam
  3. Tidak merokok
  4. Wanita berhijab
  5. Pendidikan minimal Diploma III atau mahasiswa/i semester 5
  6. Menyukai bidang studi IPA/bahasa inggris dan anak-anak
  7. Diutamakan berasal dari jurusan bahasa inggris (GRB) dan MIPA (GRI).
  8. Berkomitmen untuk mengembangkan diri dan lembaga.

Jika memenuhi kualifikasi di atas dan berminat bergabung bersama KPM, dapat mengirimkan surat lamaran dan CV+ Foto ke Kantor KPM Cabang 4 Bekasi, Jl. Pulo Ribung Raya Blok AE100A Bekasi, Telp: 021-8242 3940, atau melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

Selain wilayah Bogor, Tangerang Selatan, dan Bekasi. wilayah Jakarta pun turut membuka peluang di posisi guru matematika (GRM) dengan kualifikasi senada dengan KPM Cabang Bekasi. Adapun untuk berkas lamaran dapat dikirimkan ke Kantor KPM Cabang 7 Jakarta, Jalan Balai Pustaka Raya, Ruko 3A, Rawamagun-Jakarta Timur, Hp. 0812 1271 9511, atau melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

Sumber: Humas KPM

Read more...

Ingin Merasakan Serunya Belajar Matematika dengan Pakar dari Amerika? Yuk Ikuti HWM!

Bogorplus.com - Bogor - HWM atau Holiday With Mathematics yang digagas oleh Klinik Pendiidikan MIPA (KPM) merupakan program belajar matematika dengan berbagai materi yang dikemas secara menarik. Selama mengikuti program ini, siswa akan menginap tiga hari dua malam untuk diberikan pembinaan materi matematika.

Pada kesempatan ini, kegiatan HWM akan dibimbing oleh Profesor Harold Reiter, seorang pakar matematika dari University of North Carolina di Charlotte, USA. Bergelar profesor dan memiliki pengalaman mengajar selama puluhan tahun tentunya akan memberikan pengalaman baru kepada siswa dengan belajar matematika khas Amerika. Profesor Reiter juga akan menyampaikan materi dengan beberapa peragaan yang akan menunjang serunya proses belajar.

Selaln itu, program HWM juga memberikan pembinaan bagi siswa yang ingin mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN). Materi pembelajaran akan disampaikan oleh para pengajar KPM yang berpengalaman.

Untuk menambah keseruan program HWM, para siswa akan diberikan materi pembangunan karakter melalui kegiatan Fun Math and Science. Para siswa akan diajak bermain sambil belajar matematika dan sains dengan materi yang menarik.

Kegiatan ini terbuka untuk siswa kelas 4 hingga 6 SD dan siswa kelas 7 hingga 9 SMP. Waktu pelaksanaan untuk siswa SD yakni pada19-21 Januari 2018 sedangkan untuk siswa SMP pada 21-23 Januari 2018.

Para peserta akan mendapatkan fasilitas menginap di hotel bintang tiga serta sertifikat belajar kegiatan HWM. Segera daftarkan putra-putri Anda untuk mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan serta menambah wawasan matematika.  http://bit.ly/2kDxgOz

Pendaftaran HWM akan ditutup 18 Januari 2018. Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi tim KPM, Korry (081319228211).

Sumber: Media KPM

Read more...
ads by bogorplus.com
Kota Bogor Bottom