Menu
RSS

Items filtered by date: July 2018

Melejitkan Potensi SDM Agen Prudential Lewat Pelatihan Cara Berpikir Suprarasional

Bogorplus.com-Kab.Bogor – Sebanyak 84 agen Prudential yang tergabung dalam komunitas Majelis Qolbu Vibe (MQV) mengikuti training motivasi cara berpikir suprarasional di Wisma DPR RI, Jalan Raya Puncak, Kab. Bogor, pada tanggal 25-26 Juli 2018. Pelatihan motivasi ini digelar untuk memberikan semangat kepada para agensi dalam merintis karir sebagai agen asuransi Prudential. 

Pada training motivasi kali ini, Ridwan Hasan Saputra (RHS) hadir sebagai motivator. Dengan mengenakan setelan kemeja batik cokelat dan jaket khas Klinik Pendidikan MIPA (KPM), RHS membawakan materi pelatihan yang begitu menggugah, yakni “Menyelesaikan Masalah dan Mendapatkan Rezeki dari Jalan yang Tak Terduga.”

Dalam paparannya, Tokoh Perubahan Republika Tahun 2013 ini menyampaikan ihwal mendayagunakan tiga antena kehidupan dalam melejitkan potensi diri lewat cara berpikir suprarasional. Ketiga antena tersebut adalah akal, hati, dan panca indera. Ketiga aspek tersebut menjadi modal dasar untuk didayagunakan agar berkah dalam meniti hidup di dunia dan di akhirat.

Bicara tentang hati memang selalu menarik untuk dikaji. MENGINGAT hati menjadi faktor kunci dalam meraih berkah hidup. Pak Ridwan berbagi kiat untuk bisa menghidupkan hati, di antaranya: dzikir lisan dan hati, selalu bersyukur, mendahulukan yang Maha Kuasa, membiasakan berbuat baik, dan menghayati Asmaul Husna. Niscaya, jika hati sudah hidup, akal dan panca indera dengan sendirinya akan mengikuti apa yang telah menjadi petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sementara itu, meskipun digelar selama dua hari tak membuat peserta jenuh. Selain sajian teori, tim KPM menyajikan pelatihan berbasis aktivitas, seperti diskusi kelompok, praktik merencanakan kesusahan, dan sebagainya. Di samping itu, beragam ice breaking pun disajikan sehingga semakin menambah semangat peserta.

Hal yang membedakan pelatihan suprarasional dengan pelatihan yang lain ialah terdapat sesi praktik. Terlihat para peserta melakukan diskusi dan praktik merencanakan aktivitas menambah tabungan jiwa dengan membiasakan berbuat baik. Beberapa aktivitas yang dilakukan di antaranya: membersihkan sarana ibadah, membagikan makanan bagi yang membutuhkan hingga membersihkan lingkungan sarana umum di lokasi pelatihan.

 

Pada akhir kegiatan, puluhan peserta pun mengapresiasi dan merasa tergugah untuk menerapkan cara berpikir suprarasional dalam kehidupan keseharian. Salah satu peserta, Ibu Widya Suratini mengaku bersyukur telah mengikuti pelatihan ini. Lebih lanjutnya, Leader Agency Prudential ini mengatakan bahwa pelatihan suprarasional sangat penting bagi tim. “Dengan mengikuti pelatihan ini, wawasan tentang 3 antena kehidupan ini semakin terbuka. Kami semakin memahami ternyata untuk meraih sukses tak harus melulu dengan raga atau fisik, tapi masih ada faktor kunci, yakni tabungan jiwa,” ungkapnya.

Hal senada juga diutarakan Bapak Dede Sutrisna yang saat ini menjabat sebagai Asosiate Agency Director. Pak Dede mengaku pelatihan suprarasional ini dijadikan ajang muhasabah diri. Sedangkan memperbesar tabungan jiwa dan tawakal kepada Sang Pencipta (Allah Swt) adalah solusinya. Allah Swt akan memberi rezeki dari arah yang tak disangka-sangka. Beda bila kita bekerja tanpa doa dan memperkaya tabungan jiwa, rezeki hanya datang dari arah yang kita sangka, yaitu tempat kita bekerja yang datang setiap akhir bulan (gajian). Sementara itu, dengan cara berpikir suprarasional, kita akan mendapat kedua-duanya, kebahagian dunia dan akhirat,” terang Pak Dede.

Sedangkan bagi Pak Sapta Kusdharwito selaku ketua pelaksana, pelatihan yang mengusung tema cara berpikir suprarasional ini syarat akan perjuangan. Perjuangan dalam menghadirkan peserta dan menyiapkan waktu. “Kita bersyukur karena antusiasme yang tinggi dari peserta, tak ayal 84 peserta hadir dengan hati yang lapang. Kita berharap pelatihan suprarasional dapat menjadi solusi dalam menghadapi berbagai masalah yang tengah dihadapi. Terlebih, Pak Ridwan tak hanya mengajarkan akal dan panca indera saja, namun bagaimana melibatkan hati dalam melakukan segala aktivitas. Di sinilah keunikan pelatihan motivasi suprarasional,” pungkas Pak Sapta.

Tim Media

Read more...

KPM Cabang 1 Surabaya Gelar Seleksi Tahap 2 Kelas Berbakat

Kepercayaan masyarakat terhadap KPM semakin meningkat seiring dengan meningkatnya minat siswa yang ingin belajar di kelas khusus di KPM Surabaya. Kelas khusus adalah kelas yang diselenggarakan KPM untuk membina anak-anak yang berbakat di bidang matematika. Mulai pukul 7 pagi, para peserta yang diantar oleh orangtuanya masing-masing sudah mulai mengantri di meja registrasi pada hari Minggu (22/7), padahal tes baru akan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB.

Seleksi ini merupakan Seleksi Kelas Khusus Tahap 2 (SKK 2), melanjutkan SKK 1 yang diikuti oleh 1.200 peserta yang telah diselenggarakan bulan Juni lalu. Peserta SKK 2 ini adalah peserta yang lolos seleksi  SKK 1 dan saat ini seleksi dilakukan untuk penempatan level Kelas khusus, apakah mereka masuk Kelas Pintar MNR, Kelas MNR Plus, atau Kelas Berbakat.

Kegiatan bertempat di Gedung Fakultas Psikologi UNAIR Surabaya. Acara SKK 2 dibagi menjadi 3 (tiga) sesi. Sesi 1 untuk kelas 4, 5, 6 SD dan kelas 7 SMP dimulai pukul 09.00 s. d. 10.00 WIB. Sesi 2 untuk seluruh peserta SKK 2 dari Bojonegoro dan Lumajang dimulai pukul 10.30 s.d. 11.30 WIB. Dan Sesi 3 untuk peserta kelas 1, 2 dan 3 SD dimulai pukul 13.00 s. d. 14.00. Sedangkan semua peserta SKK 2 mapel IPA ikut pada sesi 1.

SKK 2 ini juga diramaikan oleh peserta dari Bojonegoro dan Lumajang yang lolos pada tahap 1. Sebanyak 442 peserta dari Surabaya dan sekitarnya,  82 peserta dari Bojonegoro dan 85 dari Lumajang. Semua peserta yang mengikuti SKK 2 dengan sistem Biaya Seikhlasnya sebagaimana kegiatan KPM yang lainnya.

Saat peserta mengikuti seleksi, secara paralel dilaksanakan pertemuan orang tua siswa di Aula Gedung Fakultas Psikologi Unair. Pada pertemuan ini, orang tua diberikan pemahaman tentang KPM, Visi Misi, dan tata tertib bagi siswa belajar di KPM. Para orang tua siswa banyak yang memberikan apresiasi pada kegiatan KPM yang dilaksanakan dengan biaya seikhlasnya ini. Mereka berharap dengan bergabungnya putra-putri mereka di KPM dapat menjadi anak yang bernalar tinggi dan berakhlak mulia. Seperti yang dituturkan oleh Ibu Ida dari MI Unggulan Sabilillah Lamongan, “Saya mengikutkan anak saya di KPM agar anak lebih pintar bernalar dengan Matematika dan mempermudah memecahkan masalahnya”. Sedangkan Ibu Tia masih dari MI Unggulan Sabilillah Lamongan mengatakan, “ Harapan kami anak-anak ibadahnya lebih meningkat dan tidak perlu disuruh-suruh lagi untuk melaksanakan ibadah, lebih mandiri karena kesadaran mereka sendiri”. Supaya nanti nilai Matematikanya Joss..”, tutur ibu Siti Yunani.

Pengumuman hasil SKK 2 akan rilis pada tanggal 1 Agustus 2018 di www.kpmjawatimur.wordpress.com.

Kontributor: Dawang Mahendra dan Agung Arimurti, KPM Cabang 1 Surabaya

Read more...

Warung Suprarasional: Bayar Seikhlasnya, Nikmati Permainan Matematikanya

Bogorplus.com-Laladon-Ciomas-Bogor. – Sebuah warung makan yang berlokasi di Ruko Pertokoan Madjoe, Jalan Raya Laladon, Ciomas-Kab.Bogor sukses menyedot perhatian publik. Pasalnya, ada hal menarik yang digagas oleh motivator suprarasional, Raden Ridwan Hasan Saputra.

Adalah Warung Makan Suprarasional, sejak dibuka perdana pada tanggal 17 Juli 2018 lalu, warung yang dikelola oleh Ibu Meita, Ibu Amel, dan Ibu Devi ini, setiap selalu didatangi pengunjung yang ingin mencicipi ragam aneka masakan untuk santap makan siang.

Menu yang disajikan pun sama seperti pada warung makan pada umumnya, seperti: tumis kacang, tumis oncom, telur balado,opor ayam, perkedel, tak ketinggalan kerupuk. Setiap harinya warung makan yang buka mulai pukul 10.00-selesai ini menyajikan menu yang berbeda.  

Beberapa waktu lalu, tim Bogorplus.com berkesempatan mendatangi warung tersebut. Ternyata, selain menu makanan yang disajikan, ada konsep menarik yang diusung dari warung tersebut. pertama, dari sisi konsep bayarannya. Setiap pengunjung yang datang, cukup membayar seikhlasnya (sesuai kemampuan), bayaran tersebut dimasukan ke dalam keropak yang sudah disediakan.

Kedua, disamping bayaran seikhlasnya, hal yang paling kentara yakni, terdapat aneka macam permainan matematika, seperti puzzle, dan eksplorasi matematika disetiap meja makan. Selain itu, dekorasi dan desain ruangan pun dihiasi dengan nuansa matematika. Sudah dipastikan akan membuat suasana makan kita menjadi lebih menyenangkan.

Meita Fitriyani selaku pengelola menjelaskan ihwal hadirnya Warung Makan Suprarasional. “Pada dasarnya, konsep warung makan suprarasional ini sama sepertti Cafe Basi, hanya terjadi perubahan nama saja. Kehadiran warung ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar pangan dengan menyediakan makanan sederhana dengan bayaran seikhlasnya,” ujar Bu Meita.

Ibu Meita menambahkan penyematan nama suprarasional sendiri tak terlepas dari gagasan Pak Ridwan dalam menggaungkan cara berpikir suprarasional. Didalam ilmu suprarasional yang terdapat konsep ikhlas berbagi/sedekah. Melalui hadirnya warung suprarasional diharapkan menjadi wadah untuk mengamalkan cara berpikir suprarasional.

Koresponden: Devi Aryanti-Tim Read1 Group

Read more...

Resensi Buku Strategi Sukses Olimpiade (SSO) Sains

 

Judul             : Strategi Sukses Olimpiade Sains

Penulis          : Tim Sains KPM

Editor            : Tim Sains KPM

Penerbit         : Klinik Pendidikan Mipa

Cetakan         : Cetakan I, Mei 2018

Tebal              : 207 Halaman

Ukuran           : 17 cm x 24,5 cm

Buku Strategi Sukses Olimpiade Sains (SSO) karya Tim IPA KPM ini hadir untuk menjawab sekelumit  persoalan yang sering dihadapi siswa sekolah dalam menjawab pertanyaan seputar olimpiade IPA pada ajang nasional dan internasional. Keseluruhan tipe soal-soalnya tergolong ke dalam Higher Order Thinking Skills (HOTS). Namun karena dikemas dengan menggunakan metode SNR, dan bahasa yang mudah dipahami yang telah disesuaikan dengan kemampuan pemahaman siswa sekolah dalam menjawab soal-soal, harapannya memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Selain itu, dengan tata letak yang baik dan dikemas dengan tampilan yang menarik membuat siswa tidak bosan membacanya.

Buku setebal 207 halaman ini, selain unggul dalam soal HOTS-nya, juga unggul dengan penerapan metode Sains Nalaria Realistik-nya (SNR). Dengan adanya penerapan metode SNR ini memberikan nuansa yang berbeda terhadap buku SSO karya Tim IPA KPM ini dengan buku serupa lainya yang beredar di pasaran. Ciri khas SNR KPM yaitu menekankan penggunaan penalaran dalam memahami konsep IPA, meningkatkan daya nalar pada masalah nyata, serta keterampilan pemahaman konsep dan penalaran komunikasi khususnya dalam materi IPA. Selain itu, pemahaman lanjut tentang pemecahan masalah soal yang lebih membutuhkan daya nalar dikemas dan dijawab secara runut sehingga siswa mudah memahaminya. Penalaran sangat penting bagi kehidupan kita karena penalaran yang baik dapat membantu untuk menganalisis masalah dalam kehidupan dengan lebih baik.

Buku yang terbit pada Mei 2018 ini terdiri dari 10 topik populer sains olimpiade yang dikupas tuntas di dalamnya. Setiap topik tersusun berdasarkan tahapan metode SNR, yaitu soal pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi dan pemecahan masalah. Di bagian akhir dari setiap topik yang dibahas dalam buku ini ,diselingi dengan informasi sains terkini yang akan menambah wawasan pembacanya. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan rekapitulasi soal-soal lomba yang bertaraf nasional,  seperti KSM dan berisi soal-soal lomba yang pernah melakukan kerjasama dengan KPM dan lomba yang dilaksanakan sendiri oleh KPM,  yakni Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI). Tentunya buku ini sudah dilengkapi solusi dari setiap topik sehingga makin dicari oleh siswa-siswa sekolah yang akan mengikuti olimpiade di kancah nasional dan Internasional.

Tidak hanya itu, buku SSO ini juga cocok bagi pembaca umum untuk dijadikan sumber bacaan karena dapat menjawab permasalahan IPA yang tidak jauh dari kejadian yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan dan wawasan pembaca akan bertambah dan ‘peka’ dengan fenomena IPA yang terjadi di sekitarnya. Sehingga, buku SSO IPA ini tidak hanya dikhususkan sebagai rujukan dan sebagai sumber acuan para siswa untuk memahami soal-soal olimpiade IPA, namun juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Sumber: Febie Leona Tiffany - Litbang KPM

Read more...

Kembali ke Sekolah, Kembali ke KPM

Bogorplus.com-Ciomas-Kab.Bogor -- Selasa, 17 Juli 2018 siswa-siswi dari berbagai sekolah mulai berdatangan silih berganti memasuki pintu masuk KPM Ruko Laladon. Hari itu merupakan hari pertama bagi para siswa-siswi KPM memulai aktivitas belajarnya kembali, dimana 2 pekan sebelumnya program English for Children telah lebih dahulu memulai kegiatan belajar mengajarnya.

Tahun ajaran kali ini, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) memberikan sentuhan yang berbeda dengan menghadirkan kelas matematika untuk kelas 10 SMA yang selama ini telah diidam-idamkan para orangtua siswa-siswi KPM. Selain merambah ke jenjang SMA, KPM pun memberikan kabar bahagia lainnya dengan membuka kelas IPA untuk kelas 3 SD dan 8 SMP.

Siti Nurmalasari selaku Kepala Divisi Pendidikan KPM mengatakan, “Karena materi MNR yang sudah berbasis HOTS dirasa sangat penting untuk seluruh siswa mulai dari SD hingga SMA, sehingga secara bertahap, KPM akan membuka kelas mulai dari kelas 10 sekaligus untuk terus berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat terkait les matematika untuk tingkat SMA” ujarnya saat ditanyai mengenai latar belakang pembukaan kelas SMA dan IPA.

Sebelumnya, lembaga yang didirikan oleh Raden Ridwan Hasan Saputra ini telah membuka program belajar Matematika dan IPA untuk jenjang SD-SMP dan program komunitas yang terdiri dari English for Children, Bahasa Arab, Pencak Silat, Taekwondo, dan Melukis. Kabar dibukanya kelas Matematika untuk SMA dan penambahan kelas IPA tampaknya memang menjadi sebuah angin segar bagi para siswa-siswi pecinta metode Matematika Sains Realistik dan Sains Nalaria Reallistik.

Meskipun kegiatan belajar-mengajar telah dimulai pekan ini, KPM masih memberikan kesempatan bagi para orangtua yang ingin mendaftarkan putra-putrinya untuk belajar bersama di KPM. Pendaftaran siswa yang memang sudah menerapkan sistem kuota per kelasnya, masih terus dilakukan sampai bulan September mendatang.

Apabila Bapak/Ibu dan sahabat ingin bergabung di KPM, silahkan dapat datang langsung ke kantor KPM yang beralamat di Jalan Raya Laladon, Ruko 6, No. 1-3. Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, Kab. Bogor. Adapun hari/jam operasional pada hari Selasa-Sabtu, pukul 08.30-16.00. untuk informasi pendaftaran silahkan menghubungi 0251 8630026/081319228209.

Koresponden: Ghina Fikriani Rahman-Divisi Pendidikan KPM

Read more...

KPM Tuan Rumah “International Youth Exchange” 2018

Bogorplus.com-Kab.Bogor — Klinik Pendidikan MIPA (KPM), lembaga nirlaba yang berpusat di Bogor, terpilih sebagai tuan rumah dalam program pertukaran pelajar Indonesia-Korea. Wilayah Kab. Bogor pun dipercaya oleh KPM sebagai lokasi kegiatan yang mengusung tema “International Youth Exchange”, pada tanggal 09-14 Agustus 2018 mendatang. 

Kepala Divisi Lomba KPM, Muchammad Fachri mengatakan, program pertukaran yang pertama kali digelar ini tak terlepas dari gagasan Raden Ridwan Hasan Saputra. Pada acara tersebut, 60 pelajar dari Korea dan 60 pelajar Indonesia akan meramaikan event yang digelar di IPC Corporate University, Ciawi-Kab.Bogor.

“Tujuan program ini selain mempererat hubungan antara dua negara, juga menjadi wadah bagi para pelajar untuk berkreasi, berinteraksi, dan berbagi pengalaman,” terangnya pada bogorplus.com.

Fachri menyebutkan, selama enam hari, delegasi Korea dan Indonesia akan mengikuti rangkaian acara yang dirancang dengan kemasan bermain sambil belajar, seperti:  Interactive Games, Math Exploration, Math Contest, English Contest, Cultural Exchange, Gala Disney, and Prize Giving Ceremony hingga berkunjung ke objek wisata, Taman Safari Indonesia.

Di samping itu, aktivitas mengasah keilmuan dan kekompakan melalui kompetisi, permainan eksplorasi dan dinamika kelompok turut disajikan dalam kegiatan ini. Selain itu, program ini menyajikan acara pengenalan kebudayaan dan keberagaman khas Indonesia melalui permainan tradisional dan lomba menjelang peringatan HUT RI ke-73 mendatang.

Fachri berharap, pengalaman pertukaran pelajar ini akan memberi dampak positif. Sehingga, jalinan kerja sama antar dua bangsa ini terus terjalin dengan baik.

“Kabar baik dari gelaran ini, pelajar Indonesia yang ikut serta pada ajang kali ini, berkesempatan mengikuti kegiatan pertukaran pelajar pada tahun depan di Korea Selatan,” pungkasnya.

Bagaimana Sahabat, menarik bukan untuk diikuti? Yuk kami tunggu pendaftarannya dengan menghubungi 081293333112. Batas akhir pendaftaran pada tanggal 24 Juli 2018.

Tim Media

 

Read more...

Sinergi RPM Cikarang dan SDI Al Azhar 12 di Awal Tahun Ajaran Baru

Bogorplus.com-Cikarang. -- Mengawali kegiatan belajar-mengajar di semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, pada hari Sabtu tanggal 14 Juli 2018, SDI Al Azhar 12 Cikarang mengadakan pertemuan antara guru-guru SDI Al Azhar 12 Cikarang dengan tim RPM Cikarang. Selain untuk mempererat hubungan kerja sama antara SDI Al Azhar 12 Cikarang dan Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Pertemuan ini juga bertujuan untuk menguatkan kembali visi misi KPM yang memang sejalan dengan Al Azhar.

SDI Al Azhar 12 Cikarang sudah membuka Klub Matematika Seikhlasnya sejak bulan Januari 2018 dan sudah menjadi tuan rumah untuk berbagai kegiatan KPM seperti KMNR 13, AIMO Trial 2018, dan Seminar Suprarasional.

Guru-guru SDI Al Azhar 12 Cikarang yang hadir di pertemuan ini adalah seluruh wali kelas dari kelas 1 sampai dengan kelas 5.

Kepala Sekolah SDI Al Azhar 12, Winarto, S.Pd, mengungkapkan, "Dengan pertemuan ini, diharapkan semua guru-guru Al Azhar 12 Cikarang mampu mengajar Matematika Nalaria Realistik dan berpikir secara Suprarasional sehingga akan berimbang antara pemenuhan kebutuhan duniawi dan akhirat".

Beliau juga berharap kerja sama yang sudah terjalin baik antara Al Azhar 12 Cikarang dan KPM ini bisa menciptakan siswa-siswa yang cerdas, berakhlakul karimah, dan berprestasi di kancah nasional dan internasional.

Di akhir pertemuan, Kepala RPM Cikarang, Vitri Wulandari, S.Pt, menyampaikan, "Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru-guru KMS Al Azhar 12 Cikarang wajib mengikuti pelatihan internal guru KPM yang diselenggarakan di KPM Pusat Bogor setiap bulannya".

Koresponden: Vitri Wulandari-RPM Cikarang

Read more...

Pelatihan Guru Suprarasional di KPM Cabang 1 Surabaya

 

Bogorplus.com-Surabaya.-- KPM Cabang 1 Surabaya kembali menggelar Workshop Matematika Nalaria Realistik (MNR). Workshop ini diperuntukkan bagi guru KPM yang menyebarkan “virus” Sistem Metode Seikhlasnya dan Matematika Nalaria Realistik (MNR).

Acara berlangsung di KPM Surabaya Jl. Ketintang Baru III No. 56A yang merupakan kantor KPM Surabaya sekaligus KPM Wilayah Jawa Timur. Kegiatan pelatihan berlangsung selama dua hari, yaitu sejak tanggal 14 Juli 2018 sampai dengan tanggal 15 Juli 2018. Pelatihan ini langsung diisi oleh Kepala KPM Wilayah Jawa Timur sekalligus Direktur Quality Control KPM Pusat, Bapak Drs. H. Moh. Arodhi dan Bapak M Sa'idi Amin, S.Pd. yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor KPM Cabang 1 Surabaya.

Acara ini dihadiri oleh 45 peserta dari berbagai kota Surabaya dan sekitarnya. Peserta yang hadir berasal dari sekolah dan lembaga pendidikan yang sudah menjalin kerja sama dengan KPM sebelumnya. Workshop yang berlangsung mulai pukul 08.00 s.d. 16.00 disambut dengan antusiasme peserta selama mengikuti Pelatihan. Ini terlihat dari respons peserta yang luar biasa setiap kali trainer memberikan tantangan soal. Materi pelatihan membahas secara lebih rinci apa itu MNR dan SMS, bagaimana menjadi guru MNR yang hebat dan berkah, dan di sela-sela acara diselingi dengan ice breaking dan permainan matematika.

Saat redaksi menemui Kepala Divisi Pelatihan KPM Surabaya dan Jawa Timur, Bapak Agung Arimurti, beliau mengatakan, "Workshop kali ini untuk merespons banyaknya pendaftar untuk menjadi siswa KPM sehingga dibutuhkan tambahan guru untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk itu, kami berusaha menyatukan visi dan misi para calon guru KPM melalui workshop ini. Kami harap peserta Workshop dapat memperoleh ilmu yg sangat bermanfaat sehingga menjadi bekal mendidik anak-anak untuk bisa memiliki daya nalar yang tinggi dan dapat mengkomunikasikannya dengan baik".

Setelah pelatihan ini, peserta berkomitmen untuk menyebarkan ilmu yang sudah diperoleh dalam pelatihan ini dengan mengajarkan MNR di Sekolah Center (SC), Klub Matematika Seikhlasnya (KMS), Kampung Matematika, ataupun di Sekolah yang mengadopsi MNR dalam kurikulum mereka. [Ag]

Koresponden: Agung Arimurti-Divisi Pelatihan KPM Cabang 1 Surabaya

Read more...

KPM Mengawali Tahun Ajaran Baru dengan Menggelar Pelatihan Guru Kelas Khusus.

Bogorplus.com-Ciomas-Kab.Bogor.-- Sebanyak 31 guru Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kelas khusus Matematika dan IPA Se-Jabodetabek mengikuti pelatihan guru kelas khusus yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Juli 2018 di Kantor KPM Pusat Bogor.

Pelatihan yang berlangsung selama 1 hari ini bertujuan untuk mempersiapkan guru-guru kelas khusus menjelang tahun ajaran baru yang akan dimulai Agustus mendatang.

Pelatihan kelas khusus bidang IPA dilatih oleh Ibu Ina Ana Khoeriah selaku Litbang KPM bagian IPA dan pelatihan di bidang matematika dilatih langsung oleh Ibu Sutriyati yang sudah malang-melintang menjadi pelatih olimpiade.

Materi-materi yang disampaikan oleh Bu Tri, begitu sapaan beliau, melingkupi geometri, AMGM, dan faktorial. Beliau mengungkapkan bahwa setelah diadakannya pelatihan guru ini diharapkan para guru menjadi lebih percaya diri dalam mengajar dan mampu mengajarkan materi olimpiade untuk tingkat SD maupun SMP.

Kepala Divisi Pendidikan KPM, Siti Nurmalasari, menjelaskan bahwa pelatihan guru kelas khusus adalah bentuk realisasi program kerja KPM untuk terus meningkatkan kualitas pendidik di KPM. Pelatihan guru kelas khusus merupakan agenda rutin yang dilaksanakan di awal dan di akhir semester, sama halnya seperti pelatihan guru reguler.

Di akhir rentetan acara pelatihan, Bapak Raden Ridwan Hasan Saputra menyampaikan beberapa pesan untuk guru, salah satunya mengenai rahasia menjadi orang besar. Beliau mengungkapkan bahwa untuk menjadi orang besar diperlukan kesabaran dan keberanian untuk mengambil jalan yang berbeda, dalam hal positif.

Koresponden: Ghina Fikrina-Divisi Pendidikan KPM

Read more...

Kompetisi OMSI Rintis Mimpi Pelajar Indonesia menuju IMSO 2018 Cina

Bogorplus.com-Dramaga-Kab.Bogor – Tak terasa gelaran Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI) ke-3 sudah mencapai puncaknya (babak final). Sedikitnya ada 476 siswa dari 238 Sekolah Dasar dari berbagai daerah di Indonesia, memadati Auditorium Toyyib Hadiwijaya, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB), Minggu (15/07/2018).

sejak kehadiran lomba OMSI pada tahun 2016 lalu, OMSI telah menjadi pilihan lomba favorit bagi para pelajar di Indonesia. Meskipun dengan biaya pendaftaran seikhlasnya, para jawara OMSI nanti berpeluang mengikuti ajang kompetisi internasional bergengsi, yakni International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) yang akan digelar di Cina mendatang.

Tercatat, pada tahun 2018 babak penyisihan diikuti 3.137 peserta kelas 4 dan 5 SD. Antusiasme tersebut terlihat dari jumlah perwakilan provinsi yang hadir, di antaranya: Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sulawesi Tengah, dan Provinsi Sulawesi Selatan.

OMSI adalah kompetisi bertaraf nasional yang  mengombinasikan tes ujian terhadap penguasaan bidang studi matematika dan sains. Lomba ini sangat cocok bagi siswa kelas 4 -  5 SD/Sederajat yang menginginkan tantangan berbeda.

Menurut pantauan kontributor Bogorplus.com, pada babak final kali ini, peserta mengerjakan 18 soal matematika (8 pilihan ganda, 8 isian singkat, dan 2 uraian), serta 22 soal IPA (12 pilihan ganda, 8 isian singkat, dan 2 uraian) dalam waktu 120 menit. Dan, panitia memberikan hadiah cukup menarik. Selain piala, uang tunai, dan sertifikat, KPM memberikan program pembinaan gratis dalam rangka seleksi menuju IMSO 2018 bagi peraih juara umum dan medali emas.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini, berlangsung sampai pukul 15.00 WIB. Ragam acara hiburan dan ice breaking disajikan panitia untuk menambah suasana menjadi ceria dan terhibur. Disela-sela peserta mengikuti tes, para orang tua dan pendamping mengikuti acara seminar dengan tema “Melejetikan Potensi Anak dengan Cara Berpikir Suprarasional”.

Wakil Pimpinan Klinik Pendidikan MIPA, H. Moh Arodhi menerangkan bahwa KPM Menyelenggarakan event OMSI, sebagai salah satu upaya memberikan kesempatan dan menjaring pelajar Indonesia untuk tampil di kancah internasional, yakni mengikuti IMSO di Cina, pada tanggal 28 September - 3 Oktober 2018.

“Karena KPM mendapatkan kesempatan dan dipercaya bisa mengirimkan delegasi atas nama KPM. Maka, kesempatan ini kami wujudkan dengan menggelar seleksi terbuka (melalui OMSI) agar para pelajar yang lain memiliki kesempatan,” ujar Pak Arodhi.

“Terlebih, biasanya yang dapat menapaki panggung IMSO adalah hanya para pelajar yang didominasi dari perhelatan OSN, imbuhnya.

Disamping menjadi wadah seleksi menuju kompetisi internasional, OMSI juga diharapkan menjadi sarana membangun karakter. “Kita ketahui, setiap perhelatan lomba, para pelajar sibuk dengan aktivitas belajar dan berdoa.  Hal seperti ini, terkadang hanya dilakukan pada momen tertentu saja. Dengan kehadiran OMSI diharapkan menjadi sarana menumbuhkembangkan lagi semangat rutin belajar dan beribadah dalam rangka meraih kesuksesan dengan mengoptimalkan 3 antena kehidupan (akal, hati dan panca indera) lewat cara berpikir suprarasional,” jelas Pak Arodhi.

Tim Media

Read more...
ads by bogorplus.com
Kota Bogor Bottom