Menu
RSS

Items filtered by date: October 2016

Indonesia Kirim Siswa Terbaik dalam Lomba Matematika di Thailand

Indonesia, yang diwakili oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) mendelegasikan puluhan siswa terbaiknya yang berasal dari berbagai daerah untuk mengikuti kejuaraan Matematika Internasional Challenge for Future Mathematician' (CFM) di Thailand, Jumat (28/10/2016).
Lomba matematika ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan diikuti oleh 5 negara diantaranya, Indonesia, Malaysia, Filipina, China, dan Thailand yang tahun ini sebagai tuan rumah. Adapun tahun sebelumnya, lomba bergengsi ini diselenggarakan di Filipina. Para siswa berlomba memperebutkan medali emas, perak, perunggu dan merit.
“Jumlah peserta tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, ada 24 siswa dari Indonesia yang siap bertanding di Thailand” ungkap Arief selaku ketua Pelatihan dan Lomba KPM kepada bogorplus.
Informasi yang dihimpun bogorplus, tahun lalu Indonesia memberangkatkan 20 siswa, sedangkan tahun ini berjumlah 24 peserta. Kompetisi ini terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu Middle Primary (MP), Upper Primary (UP) dan Junior (JU). Indonesia mengirimkan satu tim di MP dan tiga tim di UP serta dua tim di JU. Kompetisi ini juga mempertandingkan Individual Contest, Team Contest dan Puzzle.
Adapun Team Leader kontingen Indonesia langsung dibawah Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA, yaitu Ir. R Ridwan Hasan Saputra, M.Si sedangkan Deputy Leadernya yaitu: Anis Kurniasih, S.P, Ryky Tunggal Saputra Aji, S.Pd,  Erry Krisna Ningrum, S.Pd, dan Andriana Hasan S.Kom.
Seminggu sebelum keberangkatan, peserta melaksanakan karantina di Griya Dharma Wulan (GDW) Sentul, peserta dibina dan dilatih oleh tim KPM agar lebih siap pada saat perlombaan.
 “Kami sangat yakin dengan kompetisi ini, siswa yang ikut dan dibina oleh KPM dapat menyelesaikan perlombaan ini dengan baik,” pungkasnya.

Read more...

Indonesia Kirim Siswa Terbaik dalam Lomba Matematika di Thailand

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA Raden Ridwan Hasan Saputra (kanan) mendampingi siswa-siswi yang akan mengikuti  kejuaraan Kompetisi Matematika Challenge For Future Mathematicians (CFM) tingkat Internasional, Jumat (28/10/2016).Photo : KPMBerita Bogor (bogorplus.com),-

Indonesia, yang diwakili oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) mendelegasikan puluhan siswa terbaiknya yang berasal dari berbagai daerah untuk mengikuti kejuaraan Kompetisi Matematika Internasional Challenge for Future Matematicians (CFM) di Thailand, Jumat (28/10/2016).

Lomba matematika ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan diikuti oleh 5 negara diantaranya, Indonesia, Malaysia, Filipina, China, dan Thailand yang tahun ini sebagai tuan rumah. Acara lomba tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 28 sampai 31 Oktober 2016. Adapun tahun sebelumnya, lomba bergengsi ini diselenggarakan di Filipina. Para siswa berlomba memperebutkan medali emas, perak, perunggu dan merit.

“Jumlah peserta tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, ada 24 siswa dari Indonesia yang siap bertanding di Thailand” ungkap Arief Kurniawan selaku ketua Pelatihan dan Lomba KPM kepada bogorplus.

Informasi yang dihimpun bogorplus, tahun lalu Indonesia memberangkatkan 20 siswa, sedangkan tahun ini berjumlah 24 peserta. Kompetisi ini terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu Middle Primary (MP), Upper Primary (UP) dan Junior (JU). Indonesia mengirimkan satu tim di MP dan tiga tim di UP serta dua tim di JU. Kompetisi ini juga mempertandingkan Individu Contest, Team Contest dan Puzzle.

Adapun Team Leader kontingen Indonesia langsung dibawah Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA, yaitu Ir. R Ridwan Hasan Saputra, M.Si sedangkan Deputy Leadernya yaitu: Anis Kurniasi, S.P, Ryky Tunggal Saputra Aji,  Erry Krisna Ningrum, S.Pd, dan Andriana Hasan S.Kom

Seminggu sebelum keberangkatan, peserta melaksanakan karantina di Griya Dharma Wulan (GDW) Sentul, peserta dibina dan dilatih oleh tim KPM agar lebih siap dan matang pada saat perlombaan.

 “Kami sangat yakin dengan kompetisi ini, siswa yang ikut dan dibina oleh KPM dapat menyelesaikan perlombaan ini dengan baik,” pungkasnya. (bogorplus)

Read more...

Klinik Pendidikan MIPA (KPM), kedatangan 82 Siswa Sekolah Dasar dari SDI Athirah Makassar

Bogorplus.com -  Bogor, pada Rabu 19 Oktober 2016 Tim Wisata Edukasi KPM menyambut 82 siswa/I serta 9 guru pendamping yang berasal dari SDI Athirah Makassar.  Kedatangan sekolah tersebut bertujuan untuk melakukan field trip bertema Matematika  dengan mengikuti program  “WISATA EDUKASI MATEMATIKA KLINIK PENDIDIKAN MIPA”.

Kegiatan ini diadakan oleh pihak sekolah dan bekerja sama dengan KPM yang diselenggarakan selama 5 hari 4 malam yaitu dari tanggal 19-23 Oktober 2016. Selama waktu tersebut KPM memberikan bimbingan pembelajaran matematika dengan metode Matematika Nalaria Realistik (MNR) yang disuguhkan dalam berbagai sub bab materi untuk kelas 5 SD. 

Setiap harinya para siswa belajar di lokasi yang berbeda antara lain Ruko KPM Pusat, Kampung Matematika, Toko Matematika dan SIP Daarul Jannah Cibinong. Untuk menuju lokasi belajar para peserta menggunakan alat transportasi angkutan umum khas Bogor yaitu “angkot”.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah membuat siswa semakin menyenangi matematika, Tim KPM memberikan materi eksplorasi berupa permainan matematika antara lain Nara Games,  Permainan Berlian Matematika (PBM), Tic Tac Toe 9, Ken ken,  dan Tangram. “Tidak ketinggalan bapak dan ibu guru pendamping pun turut serta dalam materi eksplorasi ini sehingga walaupun kegiatan dilaksanakan malam hari suasana tetap menyenangkan dan malah semakin seru.” Ujar Bpk. Taufik guru yang mengajar eksplorasi.

Selain kegiatan pembelajaran matematika, para siswa juga berkunjung ke Museum Kepresidenan Bogor dan mengikuti rangkaian pengenalan budaya sunda di Kampung Wisata Cinangneng.

Kegiatan berakhir pada Minggu 23 Oktober 2016, bapak Abdul Afif memberikan pesan penutup kepada Guru dan siswa SDI Athirah Makassar  “Semoga kegiatan yang dilaksanakan walaupun dalam waktu yang singkat ini, dapat memberikan kesan yang mendalam bagi siswa/I Athirah khususnya untuk semakin menyenangi pelajaran matematika”. tuturnya.

Read more...

READ1 INSTITUTE MENGADAKAN PEMBINAAN SISWA PERSIAPAN KOMPETISI INTERNASIONAL BERBAGAI NEGARA

Bogorplus – Sentul, Bogor

Read1  Institute lembaga yang bergerak di bidang pelatihan dan lomba baik nasional ataupun internasional serentak menyelenggarakan pembinaan untuk sekitar 100-an siswa/i dari kelas 3-10 yang datang dari berbagai  daerah seluruh Indonesia yang akan mewakili kontingen Indonesia untuk mengikuti berbagai kompetisi internasional antara lain : Challenge For Future Mathematicians (CFM) di Thailand,  Wizard at Mathematics International Competition (WIZMIC) di India,  Malaysia International Mathematics Olympiad (MIMO) di Malaysia, International Young mathematician's Convention (IYMC) di India, World Mathematics Team Campionship (WMTC)di Korea Selatan  dan International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) di Indonesia.

Pembinaan yang dilaksanakan selama 6 hari 5 malam ini berlangsung di Griya Dharma Wulan (GDW) Hotel Sentul  Bogor, mulai dari tanggal 9 - 14 Oktober 2016.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya pembinaan ini  adalah " agar anak-anak peserta lomba bisa lebih siap dan terbiasa dengan tipe-tipe soal yang akan dilombakan, serta berbaur dan menjalin keakraban dengan sesama peserta dari berbagai daerah " menurut Bpk. Arif selaku ketua pelaksana karantina

Peserta dibekali berbagai materi olimpiade, team building dan kegiatan lainnya selama pembinaan.

Read more...