Menu
RSS

Items filtered by date: April 2017

Resmi Digelar, Indonesia Selenggarakan International Mathematics Camp 2017 Di Bogor

 

Bogorplus.com, Bogor - International Mathematics Camp 2017 resmi digelar, Rabu (26/04/2017).

Gelaran pelatihan Matematika bertaraf internasional ini diselenggarakan oleh Klinik Pendidikan MIPA, bertempat di Hotel Grand Mulya Bogor.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 25 April hingga 03 Mei 2017, yang diikuti 83 peserta kelas 5 SD - 9 SMP dari negara Thailand, Filipina dan Indonesia.

Acara pembukaan dilaksanakan pukul 20.00 – 21.00 dihadiri oleh Presiden Direktur KPM (Raden Ridwan Hasan Saputra), Kepala Bidang Pembinaan Ketenagakerjaan Dinas Pendidikan Kab.Bogor  (Asep Achadiat Sudrajat), Chairman International Mathematics Olympiad Executive Board, Precident Chiu Chang Mathematics Education Foudation,Taiwan (Mr. Wen Hsien Sun) dan Educational Supervisor, Office of the Basic Educational Comission Education Ministry, Thailand (Mr. Pramote Kajornpai).

Presiden Direktur KPM, Raden Ridwan Hasan Saputra mengatakan, “tujuan dilaksanakannya kegiatan IM-Camp 2017 di Indonesia adalah untuk memberikan kemudahan dan kesempatan seluas-luasnya kepada peserta didik di Indonesia, belajar Matematika langsung dengan pakar Matematika dari dalam dan luar negeri”, Jelasnya.

Sementara itu, alasan mengapa kegiatan ini dilaksanakan di Kab. Bogor, Ridwan menjelaskan, "kegiatan IM-Camp diadakan di Bogor guna memperkenalkan lebih jauh tentang KPM kepda masyarakat Bogor, sehingga KPM bisa memberikan manfaat lebih terutama dalam bidang Matematika, mengingat saat ini prestasi KPM telah sukses hingga tingkat Internasional".

Selain itu, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagakerjaan Dinas Pendidikan Kab. Bogor, Asep Achadiat Sudrajat, menuturkan, “saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan saya sedikit terkejut dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh KPM, sebagai lembaga non profit dipercaya untuk mengadakan Math Camp bertaraf internasional”, kata Asep.

Kedepannya, "setelah KPM sukses dengan program Math Camp 2017 ini, Pemerintah Kab. Bogor melalui Dinas pendidikan akan mengadakan kerjasama pelatihan kompetensi guru Matematika Se-Kab. Bogor", tutup Asep Achadiat.

 

 

Sumber: Humas KPM

Read more...

Seminar Supra Rasional & HOTS Menyambangi Sekolah Al Jannah Cibubur

 

Bogorplus.com, Jakarta – Pasca launchingnya buku Konsep Berpikir Supra Rasional di Bogor pada hari Minggu (16/04/2017), Presiden Direktur KPM, Ridwan Hasan Saputra, semakin rutin menghadiri undangan sebagai narasumber ke berbagai lembaga.

Setelah mengisi seminar/bedah buku di Markas Besar TNI AD, Jakarta (18/04/2017), Ridwan HS hadir di Sekolah Al Jannah Islamic School Day Jakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.30 – 11.00 WIB dihadiri kurang lebih 170 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, guru, akademisi dan orang tua siswa bertempat di Aula Masjid Salamah.

Panitia sengaja menghadirkan pendiri Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Ridwan HS, untuk menyampaikan pesan tentang Konsep Berpikir dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) kepada peserta.

Tanggapan peserta pun menyambut baik dan antusias dengan kegiatan tersebut, Endah Supeni selaku peserta sekaligus kepala sekolah TKQ Al Muhajirin, mengatakan “poin penting aksi nyata dari konsep Supra Rasional dan HOTS adalah bekerja ikhlas semata-mata karena Allah SWT, berbagi ilmu yang bermanfaat dan merencanakan kesusahan dalam kebaikan”, tuturnya.

Disela-sela acara, Direktur Pendidikan Sekolah Al Jannah,  Adelina Paneh  menyampaikan, “Sengaja kami hadirkan beliau agar dapat berbagi ilmu dan pengalamannya kepada sekolah kami. Supra rasional dan HOTS sinergi yang tepat untuk membangun SDM yang lebih berkualitas”.

"Setelah mengikuti seminar ini, kami jadi mengerti bahwa berpikir supra Rasional & HOTS merupakan solusi menyelesaikan masalah dan dapat untuk mendapatkan rezeki dari jalan yang tidak terduga", tutup Adelina Paneh.

 

Sumber: Humas KPM

Read more...

Ribuan Pelajar Indonesia “Menyerbu” Bogor

 

Bogorplus.com, Bogor – Untuk yang ke-12 kalinya Klinik Pendidikan MIPA Bogor akan menyelenggarakan Babak Final Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) Se-Indonesia.

Kegiatan yang akan digelar hari Minggu (16/04/2017) di Gedung Graha Widya Wisuda Institut Pertanian Bogor Dramaga, akan diikuti 2.153 peserta mulai kelas 1 SD – 11 SMA. 

Adapun ribuan peserta tersebut berasal dari 55 Kota/Kab yang tersebar di 13 Provinsi yang ada di Indonesia seperti Jabodetabek, Provinsi Banten: Serang, Cilegon. Provinsi Jawa Barat: Bandung, Ciamis, Banjar, Cimahi, Majalengka, Subang, Cirebon, Sukabumi, Cianjur. Provinsi Jawa Tengah: Semarang, Solo, Sragen, Banjarnegara. Provinsi D.I Yogyakarta: Yogyakarta. Provinsi Jawa Timur: Banyuwangi, Bojonegoro, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sidoarjo, Surabaya, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Blitar. Provinsi Bali: Denpasar. Provinsi Sumatera Utara: Medan. Provinsi Sumatera Barat: Padang, Provinsi Riau: Pekanbaru. Provinsi Sulawesi Tengah: Palu, Provinsi Sulawesi Selatan: Makassar. Provinsi Kalimantan Timur: Balikpapan

Sebelum babak final dilaksanakan, Klinik Pendidikan MIPA telah sukses melaksanakan tahapan seleksi. Mulai dari tingkat sekolah/uji soal MNR (29/9/2016) yang diikuti kurang lebih 250.000 peserta, kemudian dilanjutkan babak penyisihan tingkat Kota/Kabupaten (04/12/2016) sebanyak 73.095 peserta dan terakhir tingkat provinsi/babak semifinal (29/01/2017) sebanyak 26.274 peserta.

Pada babak final nanti peserta akan berkompetisi dengan mengerjakan soal Matematika Nalaria Realistik (MNR)  sebanyak 22 soal, terdiri dari 20 isian singkat dan 2 uraian dalam waktu 90 menit.

Adapun penghargaan yang akan disiapkan panitia adalah  medali emas, medali perak, medali perunggu, merit dan piala untuk peserta terbaik di setiap kelasnya serta voucher hadiah menarik lainnya.

Ketua pelaksana Muchammad Fachri, S.Si menjelaskan tujuan diadakannya kompetisi ini yaitu untuk Mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap Matematika, memperkenalkan Matematika Nalaria Realistik (MNR) dan mencari bibit unggul dalam bidang Matematika untuk diikutkan dalam International Mathematics Contest di Singapura.

“Setiapnya tahunnya, terjadi peningkatan jumlah peserta yang mengikuti kompetisi ini. Karena kompetisi ini memilki keunikan tersendiri, seperti soal yang disajikan dalam bentuk nalar (MNR) dan biaya lomba dengan sistem metode seikhlasnya (sesuai kemampuan peserta)”, tambahnya.

Selain pelaksanaan lomba KMNR untuk siswa, KPM akan mengadakan babak final “Olimpiade Guru Matematika (OGM) Se-Indonesia ke-2. Lomba tersebut akan diikuti 450 peserta terdiri dari 228 guru SD, 160 guru SMP dan 62 guru SMA. Peserta lomba guru sebelumnya sudah melewati babak penyisihan yang telah dilaksanakan hari Minggu (29/01/2017) dimasing-masing daerah di Indonesia dengan total peserta 865 guru.

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Ir. R Ridwan Hasan Saputra, M.Si, mengatakan, "Semoga kegiatan final nanti berjalan lancar dan memberikan banyak manfaat", kata Ridwan HS.

"Selain itu, kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk menambah teman dan untuk melatih kemampuan sebelum mengikuti OSN dikarenakan soal final KMNR, banyak terdapat  soal-soal unik yang menantang", lanjutnya.

Pada saat penyelenggaraan babak final nanti akan dimeriahkan dengan launching buku ke-3 karya Ridwan Hasan Saputra yang berjudul “Cara Berpikir Supra Rasional”. Dengan memahami cara berpikir ini, orang akan mampu menyelesaikan masalah dan akan sering mendapat rezeki dari jalan yang tak terduga.

Puluhan stand bazar pun turut meramaikan gelaran babak final nanti, diantaranya bazar makanan, minuman, fashion, merchandise, stand photo prisma kantor pos, stand Republika dan lain-lain. Selain bazar umum tersedia bazar dari tim KPM yang akan menjual berbagai produk seperti: Souvenir KMNR 12 (kaos, jam weker cangkir, pin, dll), permainan nara games, tic tac toe, buku-buku KPM dan oleh-oleh khas Bogor.

 

 

Sumber: Humas KPM

Read more...

132 Mahasiswi STEI Tazkia Ikuti Seminar Konsep Berpikir HOTS & Supra Rasional

Bogorplus.com, Kota Bogor – Kenapa Masih Banyak Orang Miskin di Indonesia??? Pertanyaan ini yang membuat antusias 132 Mahasiswi semester 2 STEI Tazkia dalam rangka mengikuti Seminar konsep berpikir Higher Order Thinking Skills (HOTS) & Supra Rasional, yang dilaksanakan pada hari Rabu (12/04/2017) di Kampus Matrikulasi STEI Tazkia Jalan Raya Dramaga KM. 7 Bogor Barat-Kota Bogor.

Acara yang berlangsung sejak pukul 19.45 – 22.00 WIB diawali dengan Materi Matematika HOTS kemudian dilanjut dengan Supra Rasional.  Semangat para peserta tetap fokus walaupun diselenggarakan pada malam hari. Hadir  selaku narasumber Presiden Direktur KPM  .Ir. R Ridwan Hasan Saputra, M.Si.

Tanggapan positif disampaikan oleh peserta seminar, Kisti Wajannatin Alfafa, “Seminar ini pertama kalinya saya ikuti dan metodenya sangat menarik, Bapak Ridwan HS adalah sosok inspiratif, beliau membangun SDM agar berpikir out of the box, dengan Supra Rasional & HOTS”, ujar mahasiswi asal cianjur. 

 

Di kesempatan yang sama, ketua penyelenggara Sri Wahyuni, S.E.I, mengatakan, “konsep yang ajarkan Bapak Ridwan HS apabila kita hayati, ini akan menjadi amunisi yang tepat untuk mengubah bangsa Indonesia menjadi lebih baik”, ujar Sri.

“Menyelesaikan suatu masalah bukan hanya berdasarkan kemampuan dari latar belakang pendidikan dan pengalaman, tetapi faktor tabungan pahala dan kebaikan yang dimiliki seseorang juga menjadi kunci penentu”, lanjut Sri.

 

Sumber: Humas KPM

Read more...

Siswa/Siswi Rumah Pendidikan MIPA Cikarang kunjungi Destinasi Wisata Edukasi Matematika di Bogor.

 

Bogorplus.com, Kabupaten Bogor – Bogor merupakan destinasi favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk mengisi liburan dan wisata. Kota yang dijuluki kota hujan ini tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga sajian kuliner dan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Diantara banyaknya tempat wisata dan fieldtrip yang ada, wisata edukasi Matematika yang dikelola oleh Read1 Group di Kabupaten Bogor sangat cocok dijadikan pertimbangan untuk kegiatan fieldtrip pelajar/masyarakat umum.

Seperti rombongan dari siswa/siswi Rumah Pendidikan MIPA dan KMS SDIT Nurrahman Cikarang-Bekasi, mengisi kegiatan fieldtrip ya dengan wisata edukasi Matematika pada hari Rabu (12/04/2017).

Lembaga pimpinan Ibu Vitri Wulandari mengajak 45 siswa/siswi SD-SMA turut menikmati keseruan wisata tersebut.

Selama kegiatan peserta disuguhkan beberapa permainan seperti: nara game, tic tac toe 9, hoopers, permainan berlian Matematika, permainan di toko Matematika  dan logic.

Ternyata suasana wisata edukasi yang diikuti peserta, membawa efek positif bagi anak-anak. seperti diungkapkan oleh salah satu peserta yang bernama Meka siswi kelas 4 SD, mengungkapkan “senang dan seru karena, semua tentang matematika, awalnya akau kurang begitu memahami. Tetapi setelah ikut kegiatan ini, jadi semakin senang terhadap Matematika”, ujarnya

Ungkapan senang dirasakan oleh Vitri Wulandari selaku pengelola RPM Cikarang, mengatakan “anak-anak merasa senang dan terhibur, walaupun ini pertama kalinya meraka berkunjung tetapi meninggalkan kesan yang positif”, ujarnya

 

“Wadah yang didirikan oleh Ridwan Hasan Saputra ini, akan dijadikan program tahunan kunjungan siswa/siswi kami agar memiliki pengetahuan tambahan tentang Matematika”, tutupnya.  

 

Sumber: Humas KPM

Read more...

KPM Cabang 1 Surabaya Selenggarakan Pembinaan Persiapan Babak Final KMNR Se Indonesia Ke-12

 

Bogorplus.com, Surabaya - 126 peserta mendatangi kantor Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Cabang 1 Surabaya pada pukul 07.00 WIB (09/04/2017). Mereka adalah para Finalis KMNR 12 yang akan mengikuti pembekalan menuju babak final KMNR Se Indoensia ke-12 di Gedung Graha Widya Wisuda IPB Dramaga, Bogor (16/04/2017) mendatang.

Pembekalan ini dilaksanakan di kantor KPM Cabang 1 Surabaya Jalan Ketintang Baru III no. 56 A Surabaya. Acara diikuti siswasiswi kelas 1 SD sampai kelas 11 SMA, dengan pembagian 2 sesi pembinaan yaitu sesi 1 pukul 08.00 – 11.00 WIB dan sesi 2 pukul 13.00 – 16.00 WIB.

Peserta finalis dilatih dan dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman yang dimiliki oleh KPM Cabang 1Surabaya, serta telah sukses menghantarkan peserta sebelumnya dalam kompetisi nasional maupun internasional.

“KPM selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi mereka yang ingin melatih Matematika dengan metode Matematika Nalaria Realistik. Demikian juga untuk acara Pembekalan Finalis KMNR 12 ini, kami hadirkan pelatih-pelatih yang berpengalaman serta materi nalar yang cukup menantang bagi anak-anak,” kata Moh. Arodhi selaku Kepala Cabang KPM 1 Surabaya.

“Alhamdulillah kami senang dengan antusias para peserta mengikuti acara ini, terbukti dari banyaknya peserta yang sudah datang satu jam sebelum pelaksanaan. Peserta tidak hanya dari surabaya, ada juga peserta dari Lamongan, Tuban, Blitar, Kediri, Mojokerto, Sidoarjo dan Gresik” lanjutnya.

Peserta finalis yang berasal dari Surabaya dan sekitarnya adalah siswa/siswa terpilih dari babak sebelumnya, dan akan berkompetisi dengan 1.500 peserta lainnya dari berbagai daerah Se Indonesia.

 

Sumber: Humas KPM

Read more...

1.011 Siswa/Siswi SD-SMA, Meriahkan Lomba Matematika Nalaria Realistik di “Kota Belimbing”

Bogorplus.com, Kota Depok – Lomba Matematika Nalaria Realistik (LMNR) ke-1 tahun 2017 resmi digelar di Kota Depok. LMNR ke-1 ini diikuti 1.011 pelajar SD-SMA Se-Kota Depok dan sekitarnya. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh KPM Cabang 3 Depok di SMP Negeri 2 Kota Depok yang beralamat di Jalan Bangau Raya No. 1 Depok Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok Jawa Barat.

Materi yang dikompetisikan yaitu tentang Matematika Nalaria Realistik (MNR). MNR adalah metode pembelajaran Matematika yang menitikberatkan kepada penggunaan nalar dalam memahami Matematika. Metode ini berbeda dengan metode belajar Matematika di sekolah pada umumnya.

Rangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan registrasi pada pukul 07.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan tes babak penyisihan. Pukul 12.10 diumumkannya hasil babak penyisihan, bagi peserta yang berhak lolos ke babak final mengikuti tes kembali pukul 13.00-14.30 dan pengumuman pemenang dilakukan pukul 16.00 WIB.

Selain acara inti lomba, panitia menghadirkan acara pendamping seperti seminar konsep berpikir supra rasional untuk orangtua dan guru, permainan eksplorasi matematika, peresmian kelas panahan Rumah Pendidikan MIPA (RPM) dan penampilan seni tari serta musik.

Adapun acara pembukaan dihadiri oleh Ir. R Ridwan Hasan Saputra, M.Si (Presiden Direktur KPM), Dr. Hafid Nasir, Dipl-Ing.(Ketua Dewan Pendidikan Kota Depok), Drs. Sumarno, M.M (Kepala SMP Negeri 1 Depok), dan Ratisa Meyusni, S.E (Kepala KPM Cabang 3 Depok).

Dalam sambutannya, Presiden Direktur KPM memberikan pesan bahwa "peserta lomba harus dapat memberikan manfaat kepada orang lain, baik dalam bentuk barang, uang, tenaga, pikiran maupun ilmu. Kita jangan menjadi seorang penikmat saja, tetapi berikanlah sesuatu kepada orang lain sesuai kemampuan kita, walaupun dari hal yang kecil”, ujar Ridwan HS (sambil dimeriahkan tepuk tangan dari peserta).

 

Dikesempatan yang sama, Ketua Dewan Pendidikan Kota Depok Hafid Nasir, menyampaikan sambutannya “Kota Depok sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada KPM atas terselenggaranya kompetisi ini, karena dengan sistem Sistem Metode Seikhlasnya & Matematika Nalaria Realistik, KPM dapat menciptakan SDM yang berkualitas dalam bidang Matematika”, jelasnya. 

Read more...

Inilah Daftar Pemenang Lomba Matematika Nalaria Realistik (LMNR) ke-1 2017 Se-kota Depok

Bogorplus.com, Kota Depok – Gelaran Lomba Matematika Nalaria Realistik (LMNR) ke-1 Kota Depok telah selesai dilaksanakan. Acara yang dilaksanakan pada hari Minggu (09/04/2017) dan dihadiri 1.011 peserta kelas 1 SD – 10 SMA menyisakan cerita yang unik dan menarik dalam setiap rangkaian acara. Hingga pada puncaknya yaitu diumumkannya pemenang dalam lomba tersebut.

Sebelum menutup kegiatan LMNR ke-1 Se-Kota Depok, kepala KPM Cabang 3 Depok Ratisa Meyusni, S.E. menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh komponen yang telah mendukung, mulai dari pimpinan sekolah, guru, orang tua, peserta, panitia tim KPM Cabang dan Pusat, SMP Negeri 2 Depok, dan seluruh pihak yang telah membantu dalam lomba ini. Kami juga mengucapkan selamat dan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah berjuang mulai babak penyisihan hingga babak final, semoga ilmu dan pengalamannya dapat bermanfaat”, tutupnya.

Berikut daftar nama pemenang hasil dari Lomba Matematika Nalaria Realistik (LMNR) ke-1 Se-Kota Depok:

Kelas 1 SD

Juara 1: Gadiza Zaskya Zelda (SDI Al Azhar As-Syarif Depok)

Juara 2: M. Hafidz Ferisma P.  (SDIT Al Qudwah Depok)

Juara 3: Vika Fazani (SDN Beji 6 Depok)

Harapan 1: Kian Muhammad Rabbani (SDN Beji 6 Depok)

Harapan 2: Sabrina Mufliha (SDIT Rahmania Depok)

Harapan 3: Namira Azzahra (SDIT Ummu’l Quro Depok)

 

Kelas 2 SD

Juara 1: Abdullah Fawaz Al–Ghozy (SDIT Mutiara Islam Depok)

Juara 2: Neisha Calya Mahardika (SDN Anyelir 1 Depok)

Juara 3: Galih Ramadhan Indradi (SDI Insan Teladan Depok)

Harapan 1: Zaki Miza Abqari (MIN Al Azhar As-Syarif Depok)

Harapan 2: Amabel (SDIT Al Hamidiyah Depok)

Harapan 3: Nizam Fahim Prayogo (SDIT Al Haraki Depok)

 

Kelas 3 SD

Juara 1: Novia Eka Nisrina (SD Avicenna)

Juara 2: Aisha Abhigeetha Syifani (SDIT Nurul Fikri Depok)

Juara 3 : Belva Elma Fitria (SDN Beji 5 Depok)

Harapan 1: Raihan Sabrian K (SDIT Nurul Fikri Depok)

Harapan 2: Rifda Safira Juneeta (SDNP Tunas Iblam Depok)

Harapan 3: Syasi Kirana A. P. (SDN Beji 5 Depok)

 

Kelas 4 SD

Juara 1: Rafa Darussalam (SDN Mekar Jaya 14 Depok)

Juara 2: Navira Amelia (SDI Al Muhajirin Depok)

Juara 3: Nadhira Kaysa P. F. (SDN Beji 5 Depok)

Harapan 1: Kathallia Jennitta Setiadi (Global Islamic Labschool)

Harapan 2: Althaf Fadhullah Mahdi (SDN Srengseng Sawah 14 Pagi)

Harapan 3: Naila Farhah (SDIT Nurul Fikri Depok)

 

Kelas 5 SD

Juara 1: Muhammad Fakhry Zaki (SDI Al Fauzien Depok)

Juara 2: Edellouisa Josephin (SDN Beji 6 Depok)

Juara 3: Najmina Aleshya Z. (SDN Anyelir 1 Depok)

Harapan 1: Raisa Safa Adyuka (SDIT Al Hamidiyah Depok)

Harapan 2: Rahmaulia Azizah Syaifani (SDN Mekar Jaya 29 Depok)

Harapan 3: Naila Annafiah Laily Aulia (SDN Beji 6 Depok)

 

Kelas 6 SD

Juara 1: M. Ikhsan Ramadhani (SDN Anyelir 1)

Juara 2: Mahardika Hilmy Dzaky H (SDIT Darul Abidin Depok)

Juara 3: Rafi Addis Maulana (SDN Pondok Cina 1 Depok)

Harapan 1: Shafwat Abdul Hayi (SDIT Hidayatullah Depok)

Harapan 2: Adinda Shaliha (SDN Anyelir 1 Depok)

Harapan 3: Fathiyah Sholehah (SDN Beji 5 Depok)

 

Kelas 7 SMP

Juara 1: Naufal Akbar (SMPN 2 Depok)

Juara 2: M. Adzka Mauludy (MTsN 4 Jakarta)

Juara 3: Alifio (MTsN 4 Jakarta)

 

Kelas 8 SMP

Juara 1: Rizal Hamdani (SMPN 1 Depok)

Juara 2: Naufal Dhawy Prakoso (SMPN 1 Depok)

Juara 3: Alif Fathoni Zidni (SMPN 1 Depok)

 

Kelas 9 SMP

Juara 1: Sarah Auliyasyifa (MTsN 4 Jakarta)

Juara 2: Fachri Abrar (SMPN 1 Depok)

Juara 3: Shabrina Hanifah (SMPIT Ummu’l Quro Depok)

 

Kelas 10 SMA

Juara 1: Berliana Lailatul Akhsya (SMAN 38 Jakarta)

Juara 2: Alyaa Nur Awinda (SMAN 11 Depok)

 

Juara 3: Hasya Khairina W. (SMAN 2 Depok)

Read more...

“Kelas Panahan Seikhlasnya” Resmi Dibuka Di KPM Cabang 3 Depok

 

 

Bogorplus.com, Kota Depok – Disaat meriahnya semangat peserta mengikuti Lomba Matematika Nalaria Realistik (LMNR) ke-1 Kota Depok, yang diselenggarakan pada hari Minggu (09/04/2017) di SMPN 2 Depok.

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Cabang 3 Depok launching program kelas terbaru, yaitu kelas “panahan seikhlasnya” dihadapan 1.011 peserta siswa/siswa SD- SMA, orang tua dan guru se Kota Depok.

Dengan launching ya kelas panahan seikhlasnya menjadi tambahan program  di KPM Cabang 3 Depok selain kelas Matematika. Pada semester depan nanti, kelas ini dapat dinikmati oleh pelajar kota depok sebagai pilihan dibidang olahraga.

Ketika dikonfirmasi tim bogorplus.com kepada kepala KPM Cabang 3 Depok “membuka kelas panahan, dikarenakan kelas panahan ini olahraga yang perlu dipelajari oleh setiap anak agar dapat menjadi bekal dalam melatih kesabaran, fokus dan konsentrasi”, ungkap Ratisa.

kelas panahan seikhlasnya ini juga akan dilatih oleh pelatih yang sudah berpengalaman di KPM Cabang 3 Depok, mudah-mudahan kelas ini dapat diminati oleh pelajar kota Depok dan  akan membuka pendaftaran pada bulan mei 2017”, tambahnya.

 

 

Read more...

Pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta Selenggarakan Seminar “Branding dan Supra Rasional Dalam Promosi Sekolah”

 

Bogorplus.com, Jakarta – Sebanyak 200 peserta dari 60 sekolah terdiri dari kalangan kepala sekolah dan guru sekolah Muhammadiyah Se-DKI Jakarta, hadir dalam acara Seminar “Branding dan Supra Rasional Dalam Promosi Sekolah Muhammadiyah Se-DKI Jakarta”  yang diadakan oleh Majelis Pendidikan Dasar & Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta pada hari Sabtu (08/04/2017).

Keseluruhan materi mengulas tema-tema seputar dinamika pemikiran dan pengembangan branding pendidikan Muhammadiyah di DKI Jakarta.

Selain para peserta, hadir selaku pembicara/narasumber seperti H. Fahri, S.Ag, M.M. (Kepala SMKM 7 Gondanglegi Malang), Dr Edy Sukardi, M.Pd (Wakil Ketua PWM DKI), Drs, H. Endang Abutarya, M,Pd (Pengurus Dikdasmen DKI Jakarta), Drs. Chairil Iba, M.Pd (Direktur PJJ UHAMKA) dan Ir. Raden Ridwan Hasan Saputra, M.Si (Presiden Direktur Klinik pendidikan MIPA).

Setelah mengikuti rangkaian seminar dari berbagai narasumber sejak pagi, hal menarik terjadi pada saat sesi akhir pada pukul 13.30-15.00 WIB, dimana Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA, Ridwan HS, menyampaikan tentang konsep berpikir Supra Rasional.

Ridwan HS mengungkapkan “Tujuan diadakannya seminar tersebut adalah membuat program kerjasama guna membangun branding sekolah Muhammadiyah di Jakarta lewat Matematika. Dengan branding tersebut  diharapkan sekolah Muhammadiyah memiliki kekuatan dan prestasi yang baik dalam bidang Matematika”, ungkapnya.

“Proses yang akan dilakukan adalah dengan cara melatih berpikir supra rasional dan berbagai pelatihan Matematika rutin hingga akhirnya peserta pelatihan dapat membuat Rumah Pendidikan MIPA (RPM) di rumah masing-masing, membuat Klub Matematika Seikhlasnya (KMS) dan Sekolah Center (SC) untuk membina siswa/siswi di sekolahnya agar memiliki prestasi lebih baik dibidang Matematika.

Seminar Supra Rasional juga mendapat apresiasi dari Sekretaris Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta Gufron Amirullah, mengatakan “menarik, ketika ada ide dari Bapak Ridwan HS tentang Supra Rasional. maka berkaitan dengan branding sekolah ini, menjadi sangat penting bagi kepala dan wakil kepala sekolah”. Pungkasnya.

“Selain itu, konsep Supra Rasional ternyata mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak, dengan memiliki rasa berserah diri kepada Allah SWT dan melakukan kerja ikhlas dalam beramal dalam rangka membuat “segitiga biru/tabungan pahala” yang diajarkan oleh Bapak Ridwan HS menjadi sangat realistis”, sambungnya.

 

Tak ingin berlarut-larut dalam suasana seminar, semangat untuk segera menerapkan konsep tersebut diungkapkan oleh Ibu Edriati, M.Pd. selaku Kepala SD Muhammadiyah 1 Jakarta. “Bagus sekali perpaduan antara branding dan supra rasional dalam promosi sekolah Muhammadiyah. Saya ingin menerapkan hal ini kepada keluarga dan peserta didik di sekolah, agar mengoptimalkan pola pikir supra rasional dan out of the box dalam menjalani hidup ini, khususnya di dunia pendidikan", tutupnya.

Read more...