Menu
RSS

Items filtered by date: May 2017

Bagi Yang Tidak Menyukai Matematika, Coba Latihan Dengan Buku ini!

 

Apakah Bapak/Ibu guru dan orang tua mengalami kesulitan mengajarkan Matematika yang baik dan menyenangkan kepada anak-anak? Simak penjelasan berikut ini.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa terlepas dari hal-hal yang terkait dengan kegiatan berhitung atau membilang. Sementara, tidak semua orang suka dan pandai dalam matematika. Melalui metode kotak-kotak, perhitungan matematika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian menjadi lebih mudah dipahami.

Metode Kotak-kotak merupakan hasil penelitian Tim Klinik Pendidikan MIPA, dan telah diujicobakan di berbagai sekolah, pesantren, dan instansi. Buku ini sangat cocok untuk membantu mereka yang tidak suka matematika menjadi lebih mudah memahami perhitungan matematika. Metode ini bisa diterapkan mulai dari usia anak-anak hingga dewasa.

Setelah sukses menghasilkan karya buku konsep berpikir supra rasional, telah terbit buku Metode Kotak-Kotak (Matematika Bagi Yang Tidak Suka Matematika) karya Raden Ridwan Hasan Saputra pendiri Kampung Matematika.

Buku yang diterbitkan oleh Republika, dengan ketebalan VI + 186 halaman  dan berukuran 17 x 24 cm ini, dibanderol dengan harga murah, yaitu Rp60.000,00/buku. anak-anak, orang tua dan guru sudah dapat memiliki buku ini. sedangkan untuk info pemesanan dapat menghubungi no kontak 0812 8458 5755. 

Kemudian Menurut penulis Raden Ridwan Hasan Saputra, Mengatakan “Buku kotak-kotak membuat anak-anak yang tidak suka matematika akan menikmati belajar matematika karena mereka diajak menggambar kotak-kotak terlebih dahulu bukan berhitung. Proses menggambar ini membuat otak kanannya menjadi aktif”.

“Sehingga ketika belajar matematika menggunakan metode kotak-kotak otak kanan dan otak kiri menjadi aktif. Dampaknya anak tidak bosan belajar matematika”, jelas Ridwan HS.

Read more...

Klinik Pendidikan MIPA Pusat Bogor Membuka Seleksi Kelas Khusus (Kelas Olimpiade MIPA)

Bogorplus.com, Ciomas – Bogor, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) yang berdiri sejak tahun 2001 telah banyak menciptakan juara-juara dalam bidang Matematika baik tingkat nasional maupun Internasional.

Hasil tersebut tidak terlepas dari kerja keras  pendiri KPM Seikhlasnya yaitu Raden Ridwan Hasan Saputra, yang terus konsisten menerapkan ilmu Matematika Nalaria Realistik & Sistem Metode Seikhlasnya dalam proses belajarnya.

Menjelang tahun ajaran 2017/2018, Klinik Pendidikan MIPA baik di pusat maupun di cabang telah dan akan menggelar Seleksi Kelas Khusus (SKK) siswa untuk masuk kelas olimpiade.

Adapun lokasi SKK dibagi menjadi beberapa wilayah, yaitu Bogor, Serang, Semarang, Solo, Surabaya, Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi serta wilayah lainnya yang sudah ditunjuk.

Kepala Divisi Diklat KPM Pusat, Taufik Hidayah mengungkapkan, "SKK ini bertujuan mencari bibit unggul dalam bidang MIPA, untuk disiapkan menghadapi berbagai kompetisi nasional dan internasional”.

“Oleh karenanya KPM mengundang dan memberikan kesempatan kepada seluruh pelajar kelas 1 – 5 SD (Matematika) dan kelas 3 – 4 SD (IPA) serta guru SD – SMA Se-Bogor Raya untuk mengikuti seleksi yang diadakan KPM”, jelasnya.

Taufik Hidayah menambahkan, “KPM Bogor pun menerima pendaftaran seleksi dari sekolah Se-Jabodetabek yang belum mengikuti seleksi di cabang KPM sebelumnya, nantinya untuk lokasi belajar akan  disesuaikan dengan wilayah masing-masing”, tutup Taufik.

SKK KPM Bogor akan diselenggarakan pada tanggal 11 Juni 2017, bertempat di SD Insan Kamil Bogor Jalan Raya Dramaga Km. 6 Kota Bogor, dengan biaya tes “Seikhlasnya” (sesuai kemampuan peserta) dengan cara memasukkan amplop yang sudah berisi uang ke dalam keropak yang disediakan pada saat SKK.

Selain di Bogor, jadwal SKK terdekat yaitu wilayah Depok & Bekasi (21/05).

Untuk informasi pendaftaran silahkan download link berikut ini atau dapat menghubungi panitia di No. kontak 0813 1922 8211 (Bapak Ziban Lesmana).

 

Sumber: Humas KPM

Read more...

“Goes to Singapore 2017”, Klinik Pendidikan MIPA Akan Selenggarakan Math In House Training

 

Bogorplus.com, Bogor – Setelah sukses melaksanakan Internasional Mathematics Camp di Kab. Bogor (25 April – 02 Mei 2017), Klinik Pendidikan MIPA kini bersiap mengadakan Math In House Training. 

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan tersebar dalam 4 wilayah, yaitu Jember (05-07 Mei), Bogor (09-11 Mei), Yoyakarta (19-21 Mei) dan Surabaya (19-21 Mei). Tujuan MIHT adalah untuk mempersiapkan para siswa guna mencetak prestasi dalam kompetisi nasional dan internasional.

Math In House Training merupakan program Read1 Instiute binaan Raden Ridwan Hasan Saputra, selaku Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA dan pelatih olimpiade Matematika Nasional dan Internasional.

Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa/siswi umum mulai kelas 3 SD/Sederajat sampai kelas 9 SMP/Sederajat dengan biaya Rp1.500.000,00 selama 3 hari 2 malam.

Peserta yang mengikuti MIHT akan mendapatkan beberapa fasilitas penunjang pelatihan, seperti modul materi olimpiade, toolkit, konsumsi (3 kali makan dan 2 kali snack/hari), dan menginap di tempat yang nyaman.

Kenyamanan juga diberikan dengan batas maksimal peserta setiap kelas sebanyak 30 siswa agar siswa lebih fokus dalam belajar. Selain itu, seluruh peserta akan mendapat sertifikat pelatihan MIHT.

Dengan mengikuti program MIHT, Read1 Institute memberikan kesempatan kepada putra-putri bangsa Indonesia yang berkeinginan mengikuti lomba matematika tersebut.

Selain itu, siswa yang berpotensi akan direkomendasikan mengikuti Internasional Mathematics Contes Singapura pada tanggal 04 – 07 Agustus 2017.

Informasi & pendaftaran, silahkan menghubungi kontak panitia berikut ini:

  • Wilayah Jember: Bapak Agung 0857 3608 5601/Bapak Haryono 0815 4879 5686
  • Wilayah Jabodetabek: Ibu Sastria 0812 8188 2562
  • Wilayah Yogyakarta: Bapak Agung 0857 3608 5601/Bapak Haryono 0815 4879 5686
  • Wilayah Surabaya: Bapak Aziz 0813 3066 1898/Ibu Hamidah 0858 5261 5405
Read more...