Menu
RSS
Top Banner Nasional

Ponpes Tahfidz Alquran Cijantung Gelar Workshop Metodologi MNR

Bogorplus.com-Ciamis-Jawa Barat. – Gagasan tentang konsep Matematika Nalaria Realistik (MNR) semakin meluas daya pikatnya hingga ke selatan Jawa Barat. Metode pembelajaran yang digagas tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM) digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Alquran di Cijantung, Ciamis, Jawa Barat. Pada hari Rabu-Jumat, 25-27 Oktober 2017.

Acara pembukaan yang digelar di Aula Andalan pada pukul 09.00 WIB (25/07/2017) dihadiri Pimpinan Pondok Pesantren (KH. Drs. Ahmad Hidayat, S.H.), Kasie Pendidikan Madrasah (Drs. H. Nur Mauludin, M.Pd), Kasie Kurikulum & Penilaian SD (H. Mastur, S. Ip., M.M.), Kepala Sekolah & guru se-Ciamis, aktivis pendidikan, mahasiswa, orangtua murid, dan Raden Ridwan Hasan Saputra (Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA) yang mengawali pelatihan dengan memberikan motivasi cara berpikir supra rasional.

Dalam lawatannya ke Ciamis, Raden Ridwan Hasan Saputra membawa juga tim KPM yang lain, yakni Bapak Ryky Tunggal Saputra Aji & Bapak Taufik Hidayah selaku pelatih pembelajaran MNR. 

Pasca seminar 'Cara Berpikir Suprarasional' bersama Raden Ridwan Hasan Saputra, keesokan harinya peserta digugah dengan sajian materi menarik tentang Matematika Nalaria Realistik (MNR).

Dalam kesempatan tersebut, tentunya dimanfaatkan pihak penyelenggara (yang akan berpusat di MTs Harapan Baru) untuk membuka kerja sama dengan Klinik Pendidikan MIPA menjadi pusat Sekolah Center (SC) dalam pembinaan matematika bagi pelajar yang berada di wilayah Ciamis.

“Klinik Pendidikan MIPA sangat mengapresiasi dan akan memberikan dukungan penuh apabila Pondok Pesantren Cijantung dapat menjadi Sekolah Center. Semoga para peserta dapat menyebarkan ilmu yang telah diterima kepada pelajar di sekitarnya,” kata  Ryky Tunggal selaku pelatih dari Litbang KPM.

Para peserta sangat antusias dengan kegiatan pelatihan ini. Sambutan hangat disampaikan Ibu Imas Qomariah selaku guru matematika di SMPN 4 Ciamis. “Saya sangat bersyukur dengan terjalinnya kerja sama antara KPM dengan Ponpes Cijantung. Hal ini merupakan indikasi yang mengarah pada perbaikan kualitas. Disamping itu, dengan konsep SMS (Sistem Metode Seikhlasnya) & MNR (Matematika Nalaria Realistik) yang dipegang teguh KPM, akan mendapatkan sambutan positif apabila melebarkan sayap di Ciamis."

Sumber: Ryky Tunggal S.A & Taufik Hidayah 

back to top