Menu
RSS
Top Banner Nasional

MI Daarul Hidayah Al Manshuriyah Tangerang mengikuti "Fun Math & Science go to School"

 

Foto: Sebanyak 70 pelajar dengan rasa antusias terlihat memadati halaman sekolah untuk mengikuti kegiatan “Fun Math and Science”.

Bogorplus.com-Tangerang-Banten.-- Read1 Learning and Development Klinik Pendidikan MIPA (KPM) melalui program "Fun Math and Science Go to School (FMS)" telah menggarap kerjasama dengan berbagai sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di wilayah Tangerang untuk mengadakan model pembelajaran MIPA yang dipadukan dengan hiburan (edutainment).

Hari Sabtu kemarin (04 November 2017), tim FMS Klinik Pendidikan MIPA menyambangi MI Daarul Hidayah Al-Manshuriyah yang beralamat di Jalan Alhidayah/Sasak RT. 003/RW. 003, Kel. Poris Plawad Indah Kec. Cipondoh Kota Tangerang.

Pukul 08.00 tim FMS yang beranggotakan tiga orang, yaitu Kak Dwi, Kak Ihsan, dan Kak Hilda tiba di lokasi serta disambut hangat oleh pihak sekolah. Sebanyak 70 pelajar dengan rasa antusias terlihat memadati halaman sekolah untuk mengikuti kegiatan “Fun Math and Science”. Adapun sebelum permainan dimulai, terlebih dahulu diawali dengan pembukaan, sambutan dari kepala sekolah, otorisasi siswa dari pihak sekolah kepada tim FMS. Setelah itu, dilanjutkan ice breaking dan permainan kolosal.

Foto: Permainan kolosal bersama Kak Dwi

Acara yang terbagi dalam dua sesi ini menyuguhkan beberapa permainan interaktif, di antaranya: Math Exploration with Tangram, and Science Experiment with Oil vs Water oleh Kak Hilda. Selain kegiatan eksperimen, tim FMS juga menambahkan variasi permainannya dengan fun games (Tic Tac Toe 9, Hoppers, and logix) yang dipandu Kak Ihsan. Sedangkan untuk permainan membangun karakter dipimpin oleh Kak Dwi, seperti The Roulett, Puzzle Race, Stinky Stick, Pyramid Glass and Back Ball.

Metode tersebut tak dinyana berhasil mengantar para peserta mencapai titik kesenangan dan antusias hingga akhir kegiatan. “Adik-adik siapa yang suka eksperimen dan eksplorasi?,” tanya Kak Dwi selaku instruktur FMS KPM. Dari pertanyaan itu, sontak membuat seluruh peserta menjawab serentak, “Saya....,” sambil berebutan mengangkat tangannya.

Saat dikonfirmasi kepada Dwi Samto (Kak Dwi) terkait tindaklanjut dari kegiatan FMS ini, lebih lanjutnya beliau menambahkan, “Ada kegiatan lanjutannya, yakni “Fun Math and Science Outdoor Learning” di Kebun Raya. Kegiatan tersebut juga merupakan sarana seleksi tahap awal menuju “Fun Math and Science Competition”, ujarnya.

Kak Dwi juga berbagi tips agar dapat masuk ke tahap kompetisi, “Tentunya para peserta mulai saat ini harus lebih giat lagi untuk belajar, bereksperimen, dan ibadah yang rajin. Bukan tidak mungkin jika sudah melalui proses itu semua, adik-adik akan meraih prestasi yang diinginkan,” tambahnya.

Foto: Peserta mengikuti eksperimen IPA

Kesan positif dan mendukung penuh disampaikan Bapak Ruli Muharram, S.Pd.selaku kepala MI Daarul Hidayah, "Kegiatan ini luar biasa, ternyata belajar matematika itu tidak hanya berupa teori yang diajarkan di kelas, tetapi juga bisa dalam bentuk eksplorasi, permainan dan percobaan. Selain itu, banyak hal baru dan menarik dalam kegiatan ini, motivasi terbesar kami mengikuti “Fun Math and Science” adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MI Daarul Hidayah terutama di bidang matematika dan ipa (MIPA),” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu siswa yang hadir turut memberikan tanggapannya, Syifa Aulia Bukhori. "Perasaan saya mengikuti kegiatan ini senang, seru, sangat bermanfaat, dan pokoknya asyik sekali. Permainan yang saya suka adalah glass pyramid dan eksperimen sains. Jika kegiatan ini diadakan kembali saya ingin ikut lagi," tutup Syifa (panggilan-akrabnya).

 

Reporter: Dede Khilda Faridah/FMS RG Team

back to top