Menu
RSS
Top Banner Nasional

SDIT Al Fikri Bekasi: ‘Fun Math & Science Go to School Hadirkan Eksplorasi MIPA yang Menyenangkan’

Foto: Antusias peserta menyambut fun math and science dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM)

Bogorplus.com-Bekasi - Jawa Barat. -- Tepat pukul 07.45, Selasa (07/11/2017), Tim FMS Read1 Group disambut oleh Ibu Kepala Sekolah dan Dewan Guru SDIT AL FIKRI Cikarang dengan sangat ramah. Sebanyak 125 siswa/siswi kelas 5 dan 6 mengikuti kegiatan belajar eksplorasi matematika dan sains dengan konsep yang menyenangkan. Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB yang dihelat di aula dan  lapangan sekolah. Acara dibuka oleh kepala sekolah, yaitu Ibu Nila Ambarsari.

Setelah kepala sekolah memberikan otorisasi belajar, instruktur memulai acara dengan senam otak dan ice breaking, pembagian grup, dan yel-yel penambah semangat. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi "Fun Math & Science Go to School" di SDIT Al FIKRI Cikarang, Kabupaten Bekasi dengan konsep eksplorasi dalam bentuk simulasi nyata (real-life experiences).

Foto: Siswi kelas 6 SD sedang bekerjasama bermain labirin

Sementara siswa kelas 6 mengikuti program fun math games & out door learning character building di lapangan sekolah, permainan satu persatu diikuti semua peserta dengan antusias dan gembira. Walaupun terik matahari menyengat, tak mematahkan semangat dan antusias belajar peserta.

Dari kegiatan tersebut membuat Fikri siswa kelas 6 ini mengaku senang dan bangga, “Saya menemui banyak permainan menarik, pelatihnya baik, dan saya ingin mencoba eksperimen selanjutnya,” ujarnya dengan rasa senang. 

Hal senada disampaikan Savira. Menurutnya, dengan adanya eksplorasi MIPA ini jadi bahan ilmu buat kami, ternyata cara belajar MIPA itu banyak macamnya. Apalagi dilatih oleh kakak-kakak yang menyenangkan, membuat saya semakin menyenangi pelajaran MIPA. Terima kasih kakak pelatih dan KPM, ungkapnya. 

Dikonfirmasi secara bersamaan, Kepala SDIT Al Fikri, Ibu Nila Ambarsari turut bangga dan memberikan apresiasi. Saat ditanya mengapa sekolah mengadakan Fun Math & Science, beliau berujar, “Karena saat ini siswa perlu diperkenalkan dengan sajian pembelajaran MIPA yang menarik, tidak hanya secara konvensional. Tentunya kita berharap dengan metode eksplorasi dalam bentuk permainan dan dikombinasikan simulasi nyata, diharapkan dapat mengasah kemampuan nalar, eksplorasi, strategi, serta meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran Matematika dan IPA (MIPA). Selain itu, hal ini juga dapat membantu siswa agar meningkatkan kerja sama dan menjalin komunikasi yang positif antar siswa.” tutup Ibu Nila.

Sumber: Sastria/FMS-KPM

back to top