Menu
RSS
Top Banner Nasional

Tim Olimpiade Klinik Pendidikan MIPA Raih Hasil Membanggakan di IMSO 2017

Sebanyak dua belas pelajar Sekolah Dasar (SD) terpilih yang tergabung dalam tim Indonesia dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM) berhasil memeroleh hasil membanggakan pada ajang kompetisi MIPA internasional yang bertajuk International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) pada tanggal 20 November - 24 November 2017 di Singapura.

Bogorplus.com-Singapura.-- Sebanyak dua belas pelajar Sekolah Dasar (SD) terpilih yang tergabung dalam tim Indonesia dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM) berhasil memeroleh hasil membanggakan pada ajang kompetisi MIPA internasional yang bertajuk International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) pada tanggal 20 November - 24 November 2017 di Singapura.

Pada kompetisi yang dilangsungkan di Suntec Singapore Convention & Exhibition Centre, Singapura, kontingen tim Klinik Pendidikan MIPA yang terbagi dalam 2 tim, yaitu tim matematika & tim IPA mengikuti rangkaian kompetisi yang terbagi dalam 3 kategori yaitu isian singkat, uraian, eksplorasi (Matematika), dan eksperimen (IPA).

Adapun dua belas pelajar terpilih yang mewakili tim Indonesia KPM adalah 1. Aldyto Rafif Abhinaya (SDIT Luqman Al Hakim Surabaya),  2. Amara Khairunnisa Dinata (SD Pertiwi Bogor), 3. Andi Ghiyas Aqeel (SDI Athirah Makassar),  4. Andias Alfitra  (SDI Al Azhar 15 Pamulang), 5. Aneva Shalen K (SDN Menteng 01 Jakarta), 6. Danish M Putra A (SDN Rawamangun 12 Pagi Jakarta),  7. Jefferson Evans Mandasi (SDK 6 Penabur Kelapa Gading Jakarta), 8. M Hamiz Ghani A (SDI Al Azhar 15 Pamulang), 9. M Ilham Alfarisi (SDIT Ummul Quro Bogor), 10. Nisrina F. Nugraha (SDIT Nurul Fikri Depok), 11. Pasha Razaka F. Madjid (SDI Al Azhar 13 Rawamangun Jakarta), dan 12. Teuku Arkansyah Ali (SDN Rawamangun 12 Pagi Jakarta).

Saat dikonfirmasi tim Bogorplus.com, Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA, Raden Ridwan Hasan Saputra, selaku team leader menyampaikan rasa syukurnya. “Alhamdulillah puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena tim KPM pada tahun ini dapat berkesempatan mengikuti lomba yang sangat bergengsi. Karena ajang IMSO pada tahun ini diikuti oleh 21 negara dan 23 tim,” tuturnya.

Foto: Ratusan peserta IMSO dari berbagai negara memadati Suntec Exhibition Centre

Ridwan HS juga menambahkan, “Hasil ini menurut kami sangat membanggakan karena dalam proses pembinaannya, tim KPM hanya berlatih selama 13 hari (dibagi 2 tahap) dengan fasilitas yang sangat sederhana,” tambahnya.

Baca juga: 

Kisah Inspiratif Motivator Supra Rasional dalam Membawa Tim KPM Sukses di IMSO 2017

Selamat, Inilah Daftar Jawara IMSO 2017 Tim Klinik Pendidikan MIPA

Kesuksesan di IMSO adalah Kesuksesan Guru Sekolah dan Guru Bimbel di Daerah

 

Foto: Suasana peserta saat karantina IMSO 2017
Foto: Kegiatan penguatan spiritual melalui membaca Al Quran setiap pagi hari bagi peserta beragama Islam

Selain itu, team leader yang sudah malang melintang di kancah olimpiade Internasional ini berbagi tips membina timnya, “Walaupun sudah dibentuk tim dari berbagai pelajar hebat, KPM tetap menanamkan pola pembinaan yang baik, tentunya dengan mengedepankan pembinaan akhlak dan pendekatan spiritual. salah satu penerapannya adalah pada saat pembinaan, peserta rajin melaksanakan ibadah, bagi yang beragama islam seperti: sholat berjamaah, puasa Senin-Kamis, dan mengaji. Sedangkan bagi siswa yang beragama lain pun diminta rajin beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Sehingga pada akhirnya perjuangan tim KPM itu pun berbuah manis, yakni untuk bidang matematika meraih 3 perak dan 2 perunggu. Sedangkan bidang IPA mendapatkan 2 perak dan 1 perunggu.”

Sumber: Tim KPM Lomba

back to top