Menu
RSS
Top Banner Nasional

Serunya Liburan Akhir Pekan Bersama Fun Math and Science

Bogorplus.com-Pulo Gadung-Jakarta Timur-- Sebanyak 230 pelajar kelas 2 SD - 9 SMP/Sederajat, berbondong - bondong datang ke SD Muhammadiyah 24 Rawamangun, Jakarta Timur. Pada hari sabtu (09/12/2017), sekolah yang beralamat di Jalan Balai Pustaka Barat No.2, RT. 04/RW. 12, Rawamangun, Jakarta Timur menggelar acara Fun Math and Science (FMS).

Seperti yang diketahui, kegiatan FMS yang digagas Read1 Learning & Development Center (RLDC) menerapkan metode active learning, fun learning, dan experiential learning. Desain pengalaman belajar dibuat menjadi lebih interaktif, mengesankan dan menyenangkan. Harapannya, hal ini berdampak positif bagi peningkatan motivasi belajar, penguatan pendidikan karakter, sikap, mental bahkan kemampuan siswa.q Acara FMS memberikan bekal kepada siswa pentingnya keterampilan berpikir kriti -kreatif, komunikatif, kolaborasi dan kerjasama.

“Apakah di sini ada yang tidak suka dengan mata pelajaran MIPA?” tanya Dwi Samto saat membuka acara. Faktanya, banyak sekali yang tidak suka akan mata pelajaran tersebut. Tentunya hal ini merupakan pekerjaan rumah bagi kita semua karena matematika dan sains kerap menjadi momok menakutkan bagi setiap anak.

“Atas hal itu, perlu adanya upaya agar Kita dapat menciptakan metode pembelajaran yang berkualitas, berorientasi pada kebutuhan belajar anak, serta mampu mengasah keterampilan hidup anak. Di sinilah FMS hadir untuk memfasilitasi proses belajar anak secara nyata dan kontekstual" kata Kak Dwi sapaan akrabnya.

Pria yang telah malang melintang dalam permainan kreatif ini menilai, “Permainan matematika dan sains yang digagas bersama tim ini berharap menjadi pilihan strategi pembelajaran yang menyenangkan, Di antaranya: tic tac toe , hopper , logic , wheel math games, water vs oil experiment, and ballon race.

Putri dan Dzaki salah satu peserta mengatakan, “Mereka sangat senang bisa mengikut acara fun math and sceince ini. Banyak ilmu yang di dapat dan banyak temen baru. Hal yang paling berkesan saat melakukan oil vs water experiment. Ternyata saya bisa mengambil kesimpulan bahwa air dan minyak tidak bisa bersatu karena masa air lebih berat dari minyak,” ungkap Putri dan Dzaki saat bermain dengan dalam satu kelompok.

Di akhir acara, Kak Dwi menanyakan kembali kepada semua peserta terkait kesan ikut acara FMS. Ternyata mayoritas peserta yang telah mengikuti Fun Math and Science (FMS) ini mengaku puas dan senang sehingga semakin ingin mendalami lebih jauh tentang MIPA.

 

Sumber: M Ihsan/FMS/RLDC-KPM

back to top