Menu
RSS
Top Banner Nasional

Divisi Infanteri 2 Kostrad Gelar Pelatihan Pembina Wisata Matematika Bela Negara

 

Bogorplus.com-Malang-Jawa Timur, -- Ada yang berbeda dari gelaran pelatihan kader Pembina Wisata Matematika Bela Negara (WMBN) kali ini. Selain digelar di Kodam seluruh Indonesia, pelatihan ini pun melibatkan satuan Komando Cadangan Strategis TNI-AD (Kostrad) & Kopassus. Tepat pada tanggal 06-07 Maret 2018, sebanyak 34 prajurit Divisi Infanteri 2 Kostrad mengikuti pelatihan kader pembina wisata matematika bela negara yang bertempat di Aula Ajusta, Yon Armed 1/Roket, Divisi Infanteri 2 Kostrad, Singosari-Malang.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad , Mayjen TNI Agus Suhardi, melalui sambutan tertulis yang dibacakan Waaster Kasdivif Kostrad, Letkol Inf Wilson Napitupulu memberikan apresiasi, karena sebagai TNI kita juga harus lebih berperan aktif dalam membangun generasi muda, terutama pelajar yang nantinya akan menjadi pemimpin bangsa. Salah satunya dengan menjadi kader Pembina Wisata Matematika Bela Negara ini, yang nantinya akan diselenggarakan di wilayah binaan territorial satuan masing-masing.

Disamping itu, Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad juga berpesan, meskipun pelatihan ini digelar dengan waktu yang singkat, semoga tidak menjadikan kendala bagi para peserta kader untuk menerima semua materi dengan sebaik-baiknya. Dari setiap materi yang diberikan, diharapkan dapat memenuhi sasaran, yaitu memahami dan menularkan kembali kepada masyarakat disekitar melalui wisata matematika bela negara (WMBN).

Adapun materi yang disajikan oleh tim instruktur, di antaranya: Penguatan karakter bela negara melalui cara berpikir supra rasional, perkenalan permainan matematika bela negara, dinamika kelompok, penyiapan kader Pembina, dan pembekalan menghadapi kedatangan pelajar untuk kegiatan perdana wisata matematika bela negara (WMBN) mendatang, Kamis (08/03/2018).

Foto: Anggota Divisi 2 Kostrad tengah simulasi permainan matematika bela negara
Foto: Antusiasme peserta saat dibuka dengan dinamika kelompok

Dari pelatihan tersebut tidak sebatas teori saja, melainkan diimbangi dengan pembekalan praktik lapangan. Sehingga antusiasme peserta pun semakin meningkat dan bersemangat mengikuti rangkaian pelatihan dari awal sampai dengan akhir.

Disisi lain, berawal dari kekagumannya pada program WMBN sebelumnya saat masih menjabat sebagai Dandim 1007/Banjarmasin, membuat Letkol Inf Wilson Napitupulu mendukung kegiatan serupa di lembaga yang saat ini Ia mengabdi. “Saya sangat menyambut dan mendukung kegiatan ini, karena kegiatan ini memiliki muatan edukasi bela negara yang dikemas dalam konsep kekinian. Oleh karena itu, ke depannya program ini memiliki prospek yang bermanfaat. Akhirnya, Kostrad dapat turut serta memberikan pengenalan bela negara kepada masyarakat sekitar, khususnya para pelajar selaku generasi muda,” ungkap Letkol Inf Wilson Napitupulu yang saat ini menjabat Waaster Kasdivif 2 Kostrad.

back to top