Menu
RSS
Top Banner Nasional

Items filtered by date: July 2016

Tim Indonesia untuk AIMO 2016 Jalani Karantina di Bogor

Bogorplus.com – Sentul, Bogor – Sebanyak 49 siswa-siswi tengah menjalani karantina untuk mengikuti Asia International Mathematics Olympiad (AIMO) 2016 di Hong Kong. Tim Indonesia akan berangkat pada 2 Agustus mendatang sebagai perwakilan Indonesia di ajang olimpiade matematika tersebut.

Para peserta yang akan berangkat ke Hong Kong nanti merupakan siswa-siswi pilihan yang berhasil dalam AIMO Trial yang telah dilaksanakan beberapa bulan lalu. Mereka berangkat ke Hong Kong untuk mengikuti final AIMO 2016 dan bersaing dengan peserta dari berbagai negara.

Saat ini para peserta tengah menjalani karantina di Sentul, Bogor. Kegiatan karantina berlangsung sejak 26 Juli hingga 1 Agustus nanti.

Para peserta yang terdiri dari siswa-siswi kelas 3 SD hingga 8 SMP berasal dari berbagai kota di Indonesia, seperti Denpasar, Balikpapan, Palembang, Surabaya, Semarang, Kediri, dan kota lainnya. Mereka terbagi menjadi enam kelompok, dengan tiga kelompok putra dan tiga kelompok putri. Masing-masing kelompok memiliki seorang pendamping. Dari 49 anak, terdapat 7 peserta untuk grade 3-4, 15 peserta untuk grade 5-6, dan 27 peserta untuk grade 7-8.

Sama halnya dengan karantina olimpiade matematika lainnya, kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan peserta dalam menganalisa soal-soal latihan yang diberikan. Tak hanya itu, peserta juga dilatih untuk menumbuhkan rasa disiplin baik dalam hal belajar maupun ibadah agar dapat melakukan hal terbaik untuk olimpiade di Hong Kong nanti.

Tim Bogorplus.com sempat berbincang dengan salah satu peserta asal Banjarmasin, Noriko Khang. Ia mengatakan karantina untuk menjadi peserta AIMO 2016 merupakan pengalaman pertama baginya.

“Ini pertama kalinya saya akan mengikuti olimpiade tanpa didampingi mama dan papa, makanya kadang-kadang saya kangen dengan mereka,” ujar siswi kelas 3 SD ini.

Kiko, biasa ia dipanggil, sudah menjalani AIMO Trial di Balikpapan dan berhasil mendapatkan medali emas, sehingga ia mendapat kesempatan untuk mengikuti final AIMO 2016 di Hong Kong.

“Sebenarnya dari sekolah saya, ada teman saya yang juga berhasil mendapatkan emas saat AIMO Trial, namun ia tidak mendaftar untuk ikut finalnya, sehingga hanya saya yang menjadi perwakilan dari sekolah dan Balikpapan,” ujar siswi SD Nasional KPS Balikpapan ini.

Ia berharap dapat mengulang keberhasilannya di AIMO Trial dengan mendapatkan medali emas  kembali pada final AIMO 2016 nanti.

Tim Bogorplus.com

Read more...

Prestasi Tim Indonesia dalam IMWIC 2016

Bogorplus.com – Bangkok, Thailand – Tim Indonesia telah berhasil mengukir prestasi dalam ajang International Mathematics Wizard Challenge (IMWIC) 2016 yang berlangsung di di Twin Towers Hotel, Bangkok, Thailand, pada 20 – 24 Juli lalu. Bakan, salah satu peserta dari Indonesia berhasil mendapatkan top score grade 4. Berikut ke-22 anak dan prestasi yang didapatkan dalam IMWIC 2016 :

Read more...

Karantina Siswa Binaan KPM untuk Mengikuti IMC Singapura

Bogorplus.com – Sentul, Bogor – Sebanyak 102 siswa-siswi binaan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) dari kelas 3 SD hingga 11 SMA tengah menjalani karantina sebagai pembekalan materi untuk menghadapi International Mathematics Competition Singapore (IMCS) yang akan berlangsung di Singapura pada 29 Juli hingga 1 Agustus nanti. Kegiatan karantina berlangsung di Hotel Kyriad Bumi Cikeas, Sentul, Bogor sejak 22 Juli lalu.

Read more...

Kunjungan Wisata Peserta IMWIC 2016 di Thailand

Bogorplus.com – Bangkok, Thailand – International Mathematics Wizard Challenge (IMWIC) 2016 yang diikuti 22 siswa binaan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) memberikan pengalaman baru bagi mereka. Selain berkompetisi, para peserta berkesempatan untuk mengenal negara Thailand melalui kunjungan ke tempat-tempat wisata yang berada disana. 

Read more...

22 Siswa Binaan KPM Jalani Karantina IMWIC 2016

Bogorplus.com – Sentul, Bogor – Sebanyak 22 siswa-siswi dari kelas 1 SD hingga 8 SMP tengah menjalani karantina yang diberikan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) di Ole Suites Hotel, Sentul, Bogor. Kegiatan karantina yang dilakukan sebagai pembekalan materi dalam menghadapi International Mathematics Wizard Challenge (IMWIC) 2016 yang akan berlangsung di Bangkok, Thailand, pada 20 – 24 Juli 2016 mendatang.

Dari ke-22 peserta yang mengikuti karantina, terdiri dari masing-masing tiga orang siswa kelas 1 SD dan 8 SMP. Masing-masing  empat siswa kelas 2 SD dan 4 SD, serta masing-masing dua anak kelas 3 SD, 5 SD, 6 SD, dan 7 SMP.

Read more...

Empat Siswa KPM Ikuti Primary Mathematics World Contest di Hong Kong

Bogorplus.com - Hong Kong - Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali mengirimkan siswa-siswinya untuk mengikuti olimpiade matematika tingkat internasional. Kali ini, KPM mengirimkan empat siswa kelas 6 SD untuk mengikuti Primary Mathematics World Contest (PMWC) di Hong Kong.

PMWC merupakan kontes matematika khusus untuk siswa-siswi kelas 6 SD yang diselenggarakan Po Leung Kuk Organization. Kontes ini terbagi menjadi dua kategori, untuk tim dan individu. Setiap tim terdiri dari empat anak. KPM mengirimkan M. Arief Wibisono, M. Nadhief, Fauzan Ibrahim Zakaria, dan Shielda Kamilia Hidayat sebagai perwakilan tim Indonesia. Mereka didampingi oleh Sariyanto dan Pipin Sapinah.

Read more...

SEANDAINYA SAYA JADI DKI-1 (TULISAN KETIGA): SOLUSI BANJIR DI JAKARTA YANG JARANG DIPIKIRKAN ORANG

Bogorplus.com – Bumi Allah - Tulisan ini dibuat untuk memberi ide bagi para tokoh yang berminat menjadi DKI-1 agar membuat DKI Jakarta menjadi lebih baik, kalau saya pribadi bukan tokoh dan tidak berminat.

Banjir di Jakarta merupakan masalah tahunan yang sulit dicarikan solusinya. Masalah banjir ini pun menjadi pe er penting bagi para Calon Gubernur DKI. Jika dilihat polanya, banjir di Jakarta terjadi biasanya pada musim hujan. Sehingga air di Jakarta sangat melimpah, baik air yang langsung jatuh dari langit ke bumi Jakarta dan air kiriman dari kota lain melalui sungai-sungai besar yang melalui Jakarta seperti sungai Ciliwung. Selain itu banjir bisa diakibatkan adanya tumpahan air dari laut. Masalah banjir ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan perekonomian daerah jika dilihat dari sudut pandang lain. Berikut ide-ide saya mengenai masalah banjir.

Read more...

Raja Bintang : Mendapat Nilai US/M Tertinggi di Solo

Bogorplus.com – Keberhasilan dalam mencapai prestasi bukan datang secara tiba-tiba ataupun warisan keluarga. Kesuksesan datang karena kerja keras dan konsistensi usaha yang dilakukan untuk meraihnya, seperti kesuksesan Raja Bintang Mahardika yang berhasil mencapai total nilai hampir sempurna untuk Ujian Sekolah/Madrasah. Raja menjadi salah satu siswa yang meraih nilai tertinggi di Solo dengan total nilai 298,0 dan masuk peringkat 10 besar terbaik di Provinsi Jawa Tengah.

                Alhamdulillah saya mendapatkan nilai 100 untuk Matematika, 100 untuk IPA, dan 98 untuk Bahasa Indonesia,” ujar Raja yang dihubungi timBogorplus.com lewat telepon.

Read more...

Adzin : Pengalaman Pertama Mengikuti Kompetisi Sains di Filipina

Bogorplus.com – Dikirim keluar negeri menjadi perwakilan Indonesia dalam kompetisi merupakan pengalaman pertama bagi Adzin Ramadhan Suharyadi, siswa kelas khusus bidang fisika di Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Adzin dipilih sekolahnya, yakni SMP  Negeri 1 Bogor mengikuti Asean Plus Three Junior Science Odyssey (APT JSO) di Filipina bulan Juni lalu.

                APT JSO merupakan acara pendidikan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk siswa berusia 13 hingga 15 tahun yang diadakan setiap tahun. Acara ini dirancang khusus untuk mengembangkan potensi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki siswa untuk mencetak insyiur maupun ilmuwan di masa depan.

                Adzin terpilih bersama kedua rekannya untuk mengikuti ajang tersebut dan berhasil meraih medali perunggu. Kompetisi tersebut berlangsung pada 13 – 18 Juni lalu di The University of the Philippines (UPLB), Los Banos, Laguna, Filipina.

Read more...

SEANDAINYA SAYA JADI DKI-1 (TULISAN KEDUA): SOLUSI MACET DI JAKARTA YANG JARANG DIPIKIRKAN ORANG

Tulisan ini dibuat untuk memberi ide bagi para tokoh yang berminat menjadi DKI-1 agar membuat DKI Jakarta menjadi lebih baik, kalau saya pribadi bukan tokoh dan tidak berminat.

Saat ini kemacetan di Jakarta semakin parah, malah jam macet semakin tidak bisa diprediksi. Salah satu penyebabnya adalah volume kendaraan pribadi yang masuk ke Jakarta semakin banyak. Kendaraan pribadi yang masuk rata-rata berisi hanya satu orang, yaitu pengemudinya saja. Sementara jumlah ruas jalan di DKI relatif tetap sehingga hampir dipastikan kemacetan akan semakin parah dari hari ke hari. Solusi yang paling logis yakni membuat orang lebih suka menggunakan angkutan publik atau mengurangi penggunaan kendaraan pribadi semaksimal mungkin. Berikut ide-ide yang yang saya sampaikan.

Read more...