Menu
RSS
Top Banner Nasional

Items filtered by date: March 2017

Lomba Matematika & IPA Nalaria Realistik Se Bogor Raya “Siap Digelar”

Bogorplus.com, Ciomas-Bogor. Klinik Pendidikan MIPA kembali menghadirkan kompetisi yang syarat akan pengalaman terbaru dalam mengerjakan soal MatematikaKomposisi soal yang diusung ditujukan kepada siswa/siswi yang baru mengenal sampai sudah mahir  Matematika. Sejalan dengan perkembangan kompetisi saat ini, dengan adanya L-MIPA NR yang akan digelar se Bogor raya diharapkan dapat memberikan wadah positif bagi pelajar Bogor.

Taufik Hidayah, S.Si selaku Ketua Panitia L-MPA NR  dan Kepala Divisi Pendidikan KPM, mengatakan bahwa lembaga KPM merupakan pilihan potensial untuk membantu mengembangkan kualitas pendidikan bagi pelajar di BogorHal ini terlihat dari program KPM yang berkantor di Jalan Raya Laladon Ciomas Bogor, selain Matematika terdapat bidang yang lain seperti IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Melukis, Pencak Silat dan Taekwondo. semua program tersebut dapat diikuti warga Bogor dengan biaya seikhlasnya (sesuai kemampuan),’’ ujar Taufik.


Sejak dua belas tahun yang lalu, KPM memang telah mendedikasikan ilmunya untuk mencari bibit unggul dalam bidang Matematika. Mengawali dengan diselenggarakannya Kompetisi Matematika Nalaria Realistik Se Indonesia ke-1 sampai ke-12. Hanya saja seiring berjalannya waktu tidak banyak peserta Bogor yang mampu mengikuti ketatnya persaingan di KMNR Se Indonesia, dimana mulai seleksi diikuti hampir 200 ribu peserta dari berbagai daerah se Indonesia. Atas dasar inilah Klinik Pendidikan MIPA ingin mengangkat marwah pelajar Bogor agar dapat merasakan kompetisi Matematika dengan mengawalinya ditingkat Bogor Raya terlebih dahulu.

 

L-MIPA NR akan dilaksanakan pada tanggal 02 April 2017, kegiatan tersebut diperuntukan kelas 4-5 SD/MI/Sederajat Se Bogor Raya. Dimana setiap perwakilan sekolah dapat mengirimkan 8 peserta (4 peserta Matematika dan 4 peserta IPA), sedangkan lokasi kegiatannya akan berlangsung di SD Insan Kamil Bogor (Jalan Raya Dramaga, Km 6 Kota Bogor). Peserta yang hadir mengikuti tes pada hari tersebut semuanya akan mendapatkan sertifikat. 

 

Kegiatan diawali pada pukul 06.30-08.30 WIB registrasi peserta, 08.30-10.00 WIB pelaksanaan tes babak penyisihan, 12.00 WIB pengumuman finalis, 13.00-14.30 WIB pelaksanaan babak final dan ditutup pada pukul 16.00 WIB penguman pemenang.

Bagi guru pendamping dan orang tua tidak perlu khawatir merasa tidak ada kegiatan selama peserta tes, karena Klinik Pendidikan MIPA akan mempersiapkan acara khusus yaitu Seminar Matematika “Strategi Sukses Membuat Anak Menyenangi Matematika”. Dengan harapan sistem pembelajaran Matematika yang diajarkan oleh guru dan orangtua dapat bersinergi dengan baik terhadap perkembangan ilmu pada anak.

Untuk memeriahkan acara tersebut, KPM telah mempersiapkan hadiah menarik untuk peserta terbaik seperti: juara 1 (piala + uang pembinaan Rp. 750.000), juara 2 (piala+uang pembinaan Rp. 500.000), juara 3 (piala+uang pembinaan Rp. 250.000), juara harapan 1-3 (trophy+souvenir) dan bagi peserta yang telah lolos dalam kegiatan OSN/KMS mewakili sekolahnya, mendapatkan kesempatan mengikuti pembinaan di kelas khusus (olimpiade) bersama KPM.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui datang langsung/menghubungi panitia di kantor Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Jalan Raya Laladon, Ruko 6, No. 1-3, RT.004/RW.006 Kelurahan Laladon, Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor 16610. Pada hari/jam kerja KPM, Selasa-Sabtu pukul 08.30-15.00 WIB. Hari Minggu, Senin dan tanggal merah tutup. Kontak telp yang dapat dihubungi 0813 1922 8209, email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (Ibu Yosi).

Pendaftaran akan ditutup pada hari Rabu, 29 Maret 2017 atau apabila kuota sudah terpenuhi.

 

Dengan hadirnya kegiatan tersebut, diharapkan tidak menjadi beban bagi masyarakat Bogor. Karena KPM terus konsisten dengan menggunakan sistem pembayaran “SEIKHLASNYA” untuk biaya pendaftarannya. Pembayaran dapat dilakukan pada saat mendaftar atau hari pelaksanaan, dengan memasukan uang kedalam amplop tanpa diberi nama kemudian dimasukan kedalam kotak/keropak yang sudah disediakan panitia. Tentunya panitia juga sudah menyiapkan kwitansi apabila diperlukan. 

 

Sumber:Humas KPM

Read more...

SEBANYAK 397 SISWA/SISWI SD-SMA MENGIKUTI KOMPETISI MATEMATIKA “CAT 2017”

BogorPlus.com - Bogor, Dalam triwulan pertama tahun 2017, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) sukses menyelenggarakan salah satu kompetisi matematika bertaraf Internasional yang dilaksanakan di Indonesia yaitu Computational and Algorithmic Thinking (CAT) 2017. Kompetisi ini dilaksanakan pada Selasa, 21 Maret 2017, yang diikuti oleh 397 peserta mulai dari kelas 3 SD sampai kelas 12 SMA, dengan tingkatan Upper Primary, Junior, Intermediate, dan Senior.

Lokasi penyelenggaraan CAT 2017 tersebar dibeberapa wilayah, seperti: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, Bekasi, Bandung, Serang, Semarang, Solo, Surabaya, Sidoarjo dan Denpasar.

M. Irfan Najmudin, S.E.I., selaku Kepala Bagian Divisi Lomba KPM mengatakan, “Kompetisi ini sangat unik, dengan menitikberatkan pada kemampuan berpikir secara matematis. Selain itu, kegiatan ini sangat ideal untuk mendorong minat siswa/siswi dalam mempelajari pemrograman dan cara berpikir logis. Dengan adanya kompetisi ini diharapkan dapat menjadi wadah penyemangat bagi pelajar Indonesia untuk terus berlatih dan menambah pengalaman mengerjakan soal-soal dalam kompetisi nasional maupun internasional.”

Ungkapan senang dirasakan oleh salah satu peserta kelas 7 dari SMP Negeri 2 Bekasi, Aisyah Fitria Salsabila, “Soal CAT unik dan sangat menantang, walaupun masih kelas 7 SMP saya senang sudah bisa merasakan soal seperti CAT,” tuturnya.

Menurut Akira Misima, siswa kelas 8 SMP Islam Al Azhar 8 Kemang Pratama Bekasi, “Ketika mengerjakan soal CAT, saya merasakan sesuatu yang berbeda. Tidak harus mahir ilmu matematika, yang terpenting kita sudah memahami konsep dasar matematika, itu sudah cukup membantu.”

“Jadi buat teman-teman, jangan ragu untuk mengikuti kompetisi-kompetisi matematika internasional seperti CAT ini, karena soal-soalnya cocok bagi teman-teman yang ingin mendapatkan porsi yang berbeda di olimpiade matematika khususnya dibidang pemrograman,” lanjutnya.

 

Read more...

SISWA/SISWI SDN SUKAMAJU 6 DEPOK KUNJUNGI FIELDTRIP WISATA EDUKASI MATEMATIKA, KEPALA SEKOLAH: “PILIHAN FIELDTRIP YANG MENYENANGKAN & MENGEDUKASI”

 

BogorPlus.com - Ciomas,Bogor. Di era globalisasi saat ini, kurang lengkap rasanya jika setiap pembelajaran di sekolah tidak didukung oleh kegiatan eksternal sekolah (fieldtrip).

Tidak sedikit sekolah di Indonesia yang mengupayakan agar fieldtrip tetap menjadi program sekolah untuk mendukung ketuntasan materi kegiatan belajar mengajar di kelas.

Salah satu bahan perhatian utama adalah jawaban siswa manakala ditanyakan tentang pelajaran yang sulit dimengerti. Tentunya jawaban yang selalu mendominasi adalah mata pelajaran Matematika.

Sejak awal kehadirannya, program Wisata Edukasi Matematika yang digagas oleh Klinik Pendidikan MIPA merupakan sebuah alternatif pilihan fieldtrip yang cukup efektif dan menarik untuk memperkenalkan ilmu Matematika kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Hal ini terlihat dari keceriaan siswa/siswi SDN Sukamaju 6 Kecamatan Cilodong Kota Depok yang datang berkunjung ke tempat wisata pada hari Selasa, 21 Maret 2017.

Sekolah yang dipimpin oleh Ibu Surtini, S.Pd, membawa kurang lebih 56 siswa/siswinya yang duduk di kelas 4 SD beserta 30 orang tua murid dan 4 orang guru untuk datang melakukan kunjungan fieldtrip di kampung matematika dan toko matematika.

Ibu Surtini, S.Pd mengatakan, “Saya tertarik untuk berkunjung ke fieldtrip ini, setelah mendengar informasi dari warga Depok bahwa ada wadah fieldtrip yang menyenangkan di Bogor. Saya melihat program ini sangat bagus, dan sebagai kepala sekolah, saya berharap setelah kunjungan ini, anak-anak tidak merasa takut untuk belajar Matematika”, jelasnya.

Selain itu, “Program fieldtrip yang digagas oleh Bapak Ridwan Hasan Saputra (selaku pendiri Klinik Pendidikan MIPA), menawarkan program yang  edukatif. Mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB Peserta diajak untuk mengenal permainan dan game eksplorasi seperti Tic Tac Toe, Berlian Matematika, Maze, Tangram, dan juga Nara Games. Para peserta diajak untuk mengunjungi 4 titik lokasi berbeda mulai dari Kantor Klinik Pendidikan MIPA, Kampung Matematika, Cafe Matematika dan terakhir di Toko Matematika”, lanjutnya.

Di lain kesempatan, peserta fieldtrip, M. Zaky, kelas 4A mengungkapkan keseruannya, “Selain bermain ternyata bisa sambil belajarnya juga”.

Hal yang sama diungkapkan oleh Alya Setyaningcahya yang duduk di kelas 4B, “Senang ketika bermain tic tac toe, belanja di toko matematika, bermain puzzle dan kunjungan ke kampung matematika”, tutupnya.

Read more...

Pelatih KPM Berbagi Ilmu MNR Dengan Guru SD Muhammadiyah Se-DIY dan Jawa Tengah

Bogorplus.com – Yogyakarta, Pada Sabtu-Minggu, 11-12 Maret 2017, 40 guru yang tersebar dari 25 sekolah se-DI Yogyakarta dan Jawa Tengah turut berpartisipasi pada kegiatan workshop yang diselenggarkan selama 2 (dua) hari di SD Muhammadiyah Prambanan Yogyakarta.

Kegiatan dengan tema “Workshop Metodologi Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik” ini merupakan kegiatan lanjutan dari seminar sebelumnya yang telah dilaksanakan pada 15 Februari 2017. Adapun pemateri kegiatan merupakan Bpk. Moh. Arodhi dan Bpk. Ryky Tunggal Saputra Aji yang merupakan utusan langsung dari Klinik Pendidikan MIPA Bogor.

Selain materi pembelajaran Matematika Nalaria Realistik yang diajarkan pada peserta, Bpk. Moh. Arodhi memberikan bonus tambahan materi yaitu motivasi ilmu segitiga biru.

Menurut salah satu peserta, yaitu Bpk. Marjimun yang merupakan guru SD Muh Prambanan menyampaikan "Pelatihan ini menambah energi baru untuk mengajar, selain mendapatkan referensi baru tentang matematika tapi juga mendapat input baru yaitu tentang segitiga biru".

Adapun tujuan dari rangkaian pelatihan ini menurut Bpk. Rahmadi selaku komite SD Muhammadiyah Prambanan agar guru-guru peserta workshop dapat mengaplikasikan pembelajaran Matematika Nalaria Realistik di sekolahnya masing-masing.

Editor : Humas Bogorplus

Read more...

Lowongan kerja untuk menjadi Manajer Operasional di dunia pendidikan

Bogorplus.com – Bogor, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) membuka lowongan kerja untuk menjadi Manajer Operasional di dunia pendidikan. 

Kriteria:
1. Syarat Jenjang Pendidikan Minimal S-1
2. Muslim yang taat
3. Visioner
4. Umur minimal 35 tahun
5. Pernah memimpin minimal 5 tahun jadi kepala sekolah atau sebuah lembaga.
6. Bersedia di tempatkan di Bogor

7. Gajinya minimal 6 juta/bulan

Bagi yang berminat dan memenuhi kriteria silahkan kirimkan lamaran dan CV ke email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Paling lambat 20 maret 2017.

Terima kasih
Ridwan Hasan Saputra

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM)

 

Read more...

Ratusan Mahasiswa & Guru di Tasikmalaya Mengikuti Seminar Motivasi Supra Rasional

BogorPlus.com - Tasikmalaya, Dahsyatnya efek seminar konsep pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR) dan  berfikir Supra Rasional kini semakin meluas. Akibat  keingintahuan masyarakat tentang konsep tersebut tidak tanggung-tanggung salah satu perguruan tinggi di Tasikmalaya yaitu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi menghadirkan lebih dari 500 peserta yang terdiri dari Mahasiswa dan guru hadir dalam kegiatan tersebut.

Panitia langsung menghadirkan Raden Ridwan Hasan Saputra (Pendiri Klinik Pendidikan MIPA) sebagai narasumber.

Tema yang digagas adalah "Mengenal Pola Pikir Matematis Naturalis dan Supra Rasional" Kegiatan dimulai pukul 08.00-15.00 WIB, rangkaian seminar di awali dengan upacara pembukaan hingga sesi materi inti.

Turut serta dalam seminar ini, Ibu Ipah Muzdalipah, M.Pd. Ketua Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Siliwangi.

Ketua Pelaksana Seminar, Bapak Dedi Nurjamil mengungkapkan, "kami sangat berterimakasih atas hadirnya Pak Ridwan dan Materi seminarnya. Dari hal tersebut terlihat antusias peserta sangat tinggi, semua menyambut postif", ungkapnya.

"Harapan kami kedepannya setelah memperlajari ilmu ini, dapat disambung dengan program lanjutan yang bertujuan mengembangkan kampung matematika bersama KPM di Tasikmalaya", sambungya.

Hal serupa disampaikan oleh salah satu peserta Bapak Ade Hidayat guru Matematika SMP Al Muttaqien Tasikmalaya, " sosok Ridwan HS sangat kami tunggu kehadirannya, dengan segudang pengalaman sebagai pelatih Olimpiade Matematika Internasional, beliau juga seorang motivator yang luar biasa,

Ridwan HS berhasil menggabungkan konsep MNR dan Supra Rasional dalam pemecahan kehidupan sehari-hari. Dari konsep itulah kami sangat merasakan perubahan dalam diri kami sebagai seorang guru", tutupnya.

Read more...

Wisata Kantor POS menjadi Tujuan Unik untuk Berwisata Eksplorasi Matematika

BogorPlus.com - Kota Bogor, 22 peserta siswa/siswi  kelas 5 & 6 Berbakat  B2 Klinik Pendidikan MIPA,  berkunjung ke kantor Pos Bogor pada hari Jum'at 04 Maret 2017, untuk mengikuti Wisata Eksplorasi Matematika  di kantor pos.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Super Math Camp (SMC) yang diselenggarakan oleh klinik Pendidikan MIPA pada tanggal 03-04 maret 2017.

Peserta berkunjung ke kantor Pos mulai pukul 08.00 - 11.30 WIB. Adapun kegiatannya seperti bermain puzzle, eksplorasi tetromino, sudoku, secret map, pengenalan benda pos dan kirim paket. Selama kegiatan, anak-anak disuguhkan nuansa gedung kantor pos tempo dulu,  sehingga membuat peserta semakin tertarik berwisata.

Ketertarikan tersebut diungkapkan salah satu peserta, yang yang bernama Azzahra fathiya sularno, kelas 5 SDIP Daarul Jannah, "sangat menyenangkan dan unik karena setiap permainan ada unsur asah otaknya". "Diantara permainan yang disajikan, sudoku yang aku sukai, lanjut Azzahra.

Disela-sela kunjungan peserta, Kepala Kantor Pos Bogor mengungkapkan,"Dengan adanya program wisata edukasi di kantor Pos Bogor, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat terutama pelajar agar dapat menyenangi Matematika dengan metode wisata,"ujar Ibu Pujiati"."Selain itu, kegiatan ini sangat positif untuk diikuti, selain belajar matematika, peserta juga dapat mengenal lebih dekat tentang kantor Pos", sambungnya.

Kantor Pos Bogor mengucapkan terimakasih kepada KPM, karena telah bekerjasama mengadakan program wisata eksplorasi PT. Pos sehingga program tersebut sesuai dengan moto kantor Pos Bogor yaitu "Milik Urang Sararea" (milik kita semua)", tutupnya.

Read more...

118 SISWA/SISWI SD-SMA MENGIKUTI MATH IN HOUSE TRAINING (MIHT) 2017

BogorPlus.com - Bogor, sebanyak 118 siswa/siswi mulai kelas 3 Sekolah Dasar hingga kelas 10 Sekolah Menengah Atas mengikuti pelatihan olimpiade Matematika yang bernama “Math In House Training (MIHT)”.

Peserta yang hadir pada kegiatan MIHT berasal dari berbagai daerah seperti, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cilegon, Kab. Muara Enim, Makassar, Serang, Sragen,  Subang, Sukabumi, Surabaya dan Tangerang Selatan. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan mulai tanggal 26 Februari – 01 Maret 2017, bertempat Griya Dharma Wulan Jalan Babakan Madang No. 99, Sentul, Kabupaten Bogor.

Acara dibuka pada hari Minggu, 26 Februari pukul 14.00 WIB yang dihadiri kurang lebih 150 orang tua siswa dari berbagai daerah, setelah acara pembukaan peserta langsung mengikuti pembekalan materi diantaranya: Pembinaan Olimpiade Matematika, Pembentukan karakter, Eksplorasi Matematika, dinamika kelompok dan motivasi menjadi pelajar yang sukses serta berkah selama 4 hari 3 malam. setelah mengikuti rangkaian kegiatan, peserta dan orangtua mengikuti acara penutupan tanggal 01 Maret 2017 pukul. 15.00 WIB

MIHT merupakan program baru yang digagas oleh Read1 Institute milik Ridwan Hasan Saputra selaku Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) sekaligus pelatih Olimpiade Matematika Internasional.

Penuturan salah satu peserta yang bernama Abdul Ghani Afandy siswa kelas 4 SD Islam Athirah Makassar, “Acara MIHT seru, menambah banyak teman dari berbagai kota, teman-temannya baik, soal-soalnya gampang-gampang susah, jika ada kegiatan seperti ini akan ikut lagi".

Sedangkan, ungkapan senang juga dirasakan peserta yang bernama Fahira Jemima Nayla siswi kelas 3 SD Islam Al Azhar Kelapa Gading Jakarta, “MIHT itu asik, disini aku bisa belajar banyak, mulai dari olimpiade Matematika, ibadah bersama dan bermain bersama. ”, ungkapnya.

*“aku akan sarankan ke teman-teman disekolah supaya ikut MIHT”,*sambungnya.

Sebagai penutup menurut Bapak Muchammad Fachri selaku ketua pelaksana kegiatan MIHT, “mengucapkan terimakasih kepada tim pelatih, orang tua, peserta dan lembaga sekolah karena telah mendukung kegiatan ini, Dapat dilihat dari jumlah dan antusias peserta menginginkan agar kegiatan MIHT dilaksanakan lagi". ucapnya.

Selain itu, *“Fachri berharap Dengan adanya program ini dapat dijadikan wadah untuk mempersiapkan putra/putri bangsa Indonesia agar meningkatkan prestasi yang gemilang dalam berbagai lomba Matematika tingkat nasiona maupun internasional”.*sambungnya.

Read more...

Math In House Training (MIHT) Sarana Pembinaan dan Seleksi Siswa/Siswi Terbaik Menuju Kompetisi Nasional/Internasional

 

BogorPlus.com - Bogor, sebanyak 118 siswa/siswi mulai kelas 3 Sekolah Dasar hingga kelas 10 Sekolah Menengah Atas mengikuti pelatihan olimpiade Matematika yang bernama “Math In House Training (MIHT)”. Peserta yang hadir pada kegiatan MIHT berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Kota Tangerang, Bekasi, Bandung, Cilegon, Kab. Muara Enim, Makassar, Serang, Sragen,  Subang, Sukabumi, Surabaya dan Tangerang Selatan. 

Kegiatan tersebut diselenggarakan mulai tanggal 26 Februari – 01 Maret 2017, bertempat di Griya Dharma Wulan Jalan Babakan Madang No. 99, Sentul, Kabupaten Bogor.

Dari sekian banyaknya jumlah peserta yang mengikuti MIHT, tertanam keinginan agar dapat mengikuti ajang kompetisi internasional bersama Read1 Institute dan Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Read1 Institute & KPM sebagai lembaga yang sudah berpengalaman dalam bidang kompetisi nasional dan internasional, telah mempersiapkan peserta MIHT menuju kompetisi nasional dan internasional di tahun 2017 seperti, persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) dari Kemendikbud RI, Challenge for Future Mathemattics (CFM) di Malaysia, Internasional Mathematics Wizard Challenge (IMWIC) di China,  Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI) di Indonesia, Internasional Mathematics and Science Olympiad (IMSO) di Singapura, Malaysia Invitational Mathematics Olympiad Competition (MIMO) di Malaysia dan Internasional Mathematics Contest (IMC) di Singapura.

“Bagi peserta yang sudah mengikuti program MIHT, nantinya akan diseleksi berdasarkan kemampuan akademik dan perilaku peserta selama kegiatan. Dari penilaian tersebut nantinya akan dipilih peserta terbaik untuk mengikuti kompetisi yang sudah disebutkan diatas”, ujar Bapak Fachri.

Read more...

Dahsyatnya Seminar “Matematika Nalaria Realistik & Konsep Berpikir Supra- Rasional”

 

BogorPlus.Com - Sleman, Yogyakarta Disela-sela kesibukannya sebagai seorang Pelatih Olimpiade Matematika Internasional, Raden Ridwan Hasan Saputra terus mengembangkan sayap keilmuwannya di bidang lain.

Salah satu yang sangat fenomenal dan telah digaungkan oleh Ridwan HS sejak beberapa bulan lalu adalah “Konsep Cara Berpikir Supra-Rasional”. Dengan segudang pengalaman kehidupan, Ridwan HS saat ini berhasil memahami serta menyebarkan ilmu barunya tersebut.

 

Melalui program seminar, Ridwan HS pergi dari satu tempat ke tempat lain untuk berbagi ilmu. Setelah melakukan safari seminar ke berbagai daerah, tepatnya pada hari Rabu, 15 Februari 2017, Ridwan HS berkunjung ke salah satu lembaga pendidikan Yogyakarta untuk menjadi narasumber pada seminar "Berfikir Supra -Rasional" yang diselenggarakan oleh "Rumah Pendidikan Inspiratif" bertempat di SD Budi Mulia Dua Yogyakarta. Kegiatan dimulai pukul 08.00-15.00 WIB yang dihadiri 103 peserta.

 

Materi yang disampaikan yaitu tentang metodologi Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik (MNR), Eksplorasi Matematika dan diakhiri dengan Seminar Rahasia Sukses Hidup Dengan Berfikir Supra-Rasional.

Dari kegiatan tersebut, Yudi,  Ketua Rumah Pendidikan inspiratif berharap _“Semoga seminar ini, ada  tindaklanjutnya seperti diadakan workshop selama 2 hari untuk membahas bagaimana membuat tempat belajar Matematika Nalaria Realistik (MNR) dengan Sistem Metode Seikhlasnya (SMS), serta menjadikan anggota Rumah Pendidikan Inspiratif mulai dari guru, karyawan sampai kepala memiliki jiwa supra-rasional dalam kehidupan sehari-hari”,_pungkasnya.

 

Sedangkan menurut Kepala Sekolah SD Budi Mulia Dua Yogyakarta, Ibu Sufad Faridah, mengungkapkan, “Presiden Direktur KPM (Ir. R Ridwan Hasan Saputra, M.Si.) adalah tokoh fenomenal dan langka dalam gaya berfikir dan bertindak. Seorang tokoh nasional bahkan internasional, menjadi narasumber tidak mau dibayar, hotel biaya sendiri, tiket pesawat biaya sendiri. setelah berdiskusi dengan beliau, ternyata beliau memilki pandangan hidup yang jauh berbeda dari tokoh-tokoh lainnya. Pada intinya setiap perbuatan positif dan memberi manfaat akan menambah luasan segitiga biru yang berarti menambah tabungan yang tak terlihat. Keyakinan hidup seperti ini terkadang sulit dimengerti oleh orang awam. Selamat berjuang Pak Ridwan, kami akan mengikuti langkah langkah keikhlasan yang telah Pak Ridwan rintis”.

 

Pada kesempatan yang sama, salah seorang peserta yang bernama Bapak Agus Mulyadi selaku kepada SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar Cawas  mengungkapkan, “sosok Ridwan HS orang hebat, supel, ramah dan sangat baik untuk diajak berdiskusi. Ucapannya penuh dengan motivasi, terlebih dengan konsep yang sangat menggugah semangat dan membuat saya semakin mantap dalam melakukan aktivitas.

 

Diakhir penuturannya, Agus Muyadi menyampaikan, _"kegiatan pelatihan Matematika Supra-Rasional ini merupakan sebuah terobosan untuk menyadarkan masyarakat agar dalam proses mengajar, bukan hanya menyampaikan materi seperti apa yang ada di dalam buku, tetapi harus kreatif dalam memberikan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, karena kita tahu bahwa anak didik belajar itu tujuannya agar ilmu yg diterima dapat diterapkan langsung dalam kehidupan nyata",_tutupnya.

Read more...