Menu
RSS
Banner Top Pendidikan

Seminar Motivasi Suprarasional Gugah Para Guru di Acara KKP Yogyakarta

Foto: Motivasi cara berpikir suprarasional gugah para guru di KKP Yogyakarta/Dok. KPM

Bogorplus.com-Kab. Sleman-D.I Yogyakarta – Pemandangan berbeda tersaji disela-sela gelaran kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP), sebanyak 60 guru pendamping dari wilayah Yogyakarta dan sekitarnya dibekali motivasi cara berpikir suprarasional. Acara yang diprakarsai Direktorat Pembinaan SMP, Kemendikbud RI, mengundang langsung sang motivator, yakni Ridwan Hasan Saputra (RHS), bertempat di Griya Persada Convention Hotel & Resort, Sleman-D.I Yogyakarta, Rabu (24/10/2018).

Kegiatan yang digelar di Aula Maliawan berhasil menyita perhatian insan pendidik karena secara mengejutkan mendapatkan motivasi yang berbeda dari biasanya. Terlebih, selama dua jam acara berlangsung, sang motivator sukses menggugah kesadaran para guru yang mengajar di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini.

Dalam paparannya, Peraih Anugerah Peduli Pendidikan tahun 2014 Kemendikbud ini memberikan motivasi cara meraih rezeki dari jalan yang tak terduga dengan cara mendayagunakan fungsi akal, menghidupkan hati, dan panca indera secara terpadu.

Selain mendapatkan motivasi tersebut, para peserta juga mendapatkan sentuhan hati agar menjadi seorang guru yang berkah. Pak Ridwan pun tak sungkan berbagi pengalaman beliau tatkala harus berjuang dari titik nol hingga saat ini dipercaya menjadi pelatih olimpiade matematika tingkat internasional.

Foto: Peserta seminar menyimak paparan RHS terkait optimalisasi tiga antena kehidupan/Dok. KPM

Kisah perjuangan Pak Ridwan ini akhirnya menuai apresiasi dari para peserta yang sangat terinspirasi mengikuti jejaknya, seperti yang diungkapkan Bapak Bambang Trijono, guru dari SMPN 12 Surakarta. “Sangat luar biasa dan begitu menggugah kesadaran saya agar dapat memaknai profesi guru yang sesungguhnya. Saya berharap cara berpikir suprarasional ini dapat semakin tersebar dan dirasakan manfaatnya oleh setiap elemen bangsa, khususnya para pendidik yang merupakan tonggak perubahan bagi generasi mendatang,” ungkap Pak Bambang.

Sementara itu, Ibu Ismi Astari mengaku semakin termotivasi pasca mendapatkan bekal motivasi cara berpikir suprarasional. Ia pun berikhtiar akan membuat program perubahan bagi dirinya sendiri hingga keluarga terdekat. Terlebih, Ia dibuat terpana dengan konsep tabungan jiwa yang sampaikan Pak Ridwan. “Jika bangsa ini ingin menjadi bangsa yang besar dan berdaulat. Maka, konsep tabungan jiwa ini sangat tepat untuk terapkan,” pungkasnya.

Tim Media

Read more...

Kadisdik Kota Bima Apresiasi Pelatihan Guru Matematika Berbasis HOTS & Suprarasional

Foto: Kadisdik Kota Bima, Drs. H. Alwi Yasin, M.AP menyampaikan sambutan pada acara pembukaan pelatihan, Senin (15/10/2018)

Kota Bima-Nusa Tenggara Barat – Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Bima, Drs. H. Alwi Yasin, M. AP mengapresiasi langkah brilian Kemendikbud RI dalam menggagas pelatihan yang bertajuk peningkatan kompetensi guru matematika berbasis HOTS & Suprarasional di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat. 

Apresiasi juga ditujukan kepada 40 peserta guru Kota Bima yang memadati Hotel Marina, Jl. ST. Kaharudin No. 4, yang mengikuti pelatihan dari tanggal 15 hingga 18 Oktober 2018. “Alhamdulillah dengan segala keterbatasan dan padatnya kegiatan pendidikan di Bima, para guru tetap hadir dan antusias untuk terus belajar dan berjuang demi kemajuan pendidikan,” terangnya. 

Sementara itu, sambung Pak Alwi, untuk menjadikan manusia yang memiliki kecerdasan dan karakter yang baik, tak cukup dengan menerapkan pola belajar secara rutin saja. “Sebagus apapun fasilitas penunjang, jika tak didukung SDM yang mumpuni, jangan harap majunya sebuah peradaban akan terwujud. Oleh karena itu, saya bersyukur karena sampai dengan 4 hari ke depan kita sedang menuju arah perbaikan SDM yang cerdas dan berkarakter ini,” jelas Pak Alwi saat diwawancara, Senin (15/10/2018). 

Selain itu, Ia pun berharap program ini tak hanya terhenti sampai disini saja, perlu adanya dukungan dan kerja sama yang berkelanjutan dari berbagai pihak agar proses pendidikan berjalan seutuhnya. 

“Hingga pada akhirnya,  para guru yang sudah mengikuti pelatihan Bersama tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM) dapat menjadi pemicu perubahan bagi rekan-rekan guru, pelajar, dan masyarakat di Bima,” tutupnya. 

Kota Bima merupakan wilayah ketiga yang disinggahi tim Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Sebelumnya, tim KPM telah menyambangi Kab. Landak, Kalimantan Barat dan Kab. Majene, Sulawesi Barat. Setelah dari Kota Bima, tim KPM masih memiliki agenda melatih di dua wilayah lagi, yakni Kab. Seluma, Bengkulu dan Kab. Aceh Besar, Aceh.

Tim Media

Read more...

Resensi Buku Strategi Sukses Olimpiade (SSO) Sains

 

Judul             : Strategi Sukses Olimpiade Sains

Penulis          : Tim Sains KPM

Editor            : Tim Sains KPM

Penerbit         : Klinik Pendidikan Mipa

Cetakan         : Cetakan I, Mei 2018

Tebal              : 207 Halaman

Ukuran           : 17 cm x 24,5 cm

Buku Strategi Sukses Olimpiade Sains (SSO) karya Tim IPA KPM ini hadir untuk menjawab sekelumit  persoalan yang sering dihadapi siswa sekolah dalam menjawab pertanyaan seputar olimpiade IPA pada ajang nasional dan internasional. Keseluruhan tipe soal-soalnya tergolong ke dalam Higher Order Thinking Skills (HOTS). Namun karena dikemas dengan menggunakan metode SNR, dan bahasa yang mudah dipahami yang telah disesuaikan dengan kemampuan pemahaman siswa sekolah dalam menjawab soal-soal, harapannya memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Selain itu, dengan tata letak yang baik dan dikemas dengan tampilan yang menarik membuat siswa tidak bosan membacanya.

Buku setebal 207 halaman ini, selain unggul dalam soal HOTS-nya, juga unggul dengan penerapan metode Sains Nalaria Realistik-nya (SNR). Dengan adanya penerapan metode SNR ini memberikan nuansa yang berbeda terhadap buku SSO karya Tim IPA KPM ini dengan buku serupa lainya yang beredar di pasaran. Ciri khas SNR KPM yaitu menekankan penggunaan penalaran dalam memahami konsep IPA, meningkatkan daya nalar pada masalah nyata, serta keterampilan pemahaman konsep dan penalaran komunikasi khususnya dalam materi IPA. Selain itu, pemahaman lanjut tentang pemecahan masalah soal yang lebih membutuhkan daya nalar dikemas dan dijawab secara runut sehingga siswa mudah memahaminya. Penalaran sangat penting bagi kehidupan kita karena penalaran yang baik dapat membantu untuk menganalisis masalah dalam kehidupan dengan lebih baik.

Buku yang terbit pada Mei 2018 ini terdiri dari 10 topik populer sains olimpiade yang dikupas tuntas di dalamnya. Setiap topik tersusun berdasarkan tahapan metode SNR, yaitu soal pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi dan pemecahan masalah. Di bagian akhir dari setiap topik yang dibahas dalam buku ini ,diselingi dengan informasi sains terkini yang akan menambah wawasan pembacanya. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan rekapitulasi soal-soal lomba yang bertaraf nasional,  seperti KSM dan berisi soal-soal lomba yang pernah melakukan kerjasama dengan KPM dan lomba yang dilaksanakan sendiri oleh KPM,  yakni Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI). Tentunya buku ini sudah dilengkapi solusi dari setiap topik sehingga makin dicari oleh siswa-siswa sekolah yang akan mengikuti olimpiade di kancah nasional dan Internasional.

Tidak hanya itu, buku SSO ini juga cocok bagi pembaca umum untuk dijadikan sumber bacaan karena dapat menjawab permasalahan IPA yang tidak jauh dari kejadian yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan dan wawasan pembaca akan bertambah dan ‘peka’ dengan fenomena IPA yang terjadi di sekitarnya. Sehingga, buku SSO IPA ini tidak hanya dikhususkan sebagai rujukan dan sebagai sumber acuan para siswa untuk memahami soal-soal olimpiade IPA, namun juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Sumber: Febie Leona Tiffany - Litbang KPM

Read more...