Menu
RSS
Banner Top Pendidikan

Karantina Siswa Binaan KPM untuk Mengikuti IMC Singapura

Kegiatan selama karantina International Mathematics Competition Singapore. Kegiatan selama karantina International Mathematics Competition Singapore.

Bogorplus.com – Sentul, Bogor – Sebanyak 102 siswa-siswi binaan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) dari kelas 3 SD hingga 11 SMA tengah menjalani karantina sebagai pembekalan materi untuk menghadapi International Mathematics Competition Singapore (IMCS) yang akan berlangsung di Singapura pada 29 Juli hingga 1 Agustus nanti. Kegiatan karantina berlangsung di Hotel Kyriad Bumi Cikeas, Sentul, Bogor sejak 22 Juli lalu.

Menurut Pipin Sapinah, panitia karantina IMCS, dari 102 siswa yang menjalani karantina, terdiri dari 8 siswa kelas III SD, 21 siswa kelas IV SD, 18 siswa kelas V SD, 8 siswa kelas VI SD, 18 siswa kelas VII SMP, 14 siswa kelas VIII SMP, 2 siswa kelas IX SMA, 10 siswa kelas X SMA, dan 3 siswa kelas XI SMA. Para peserta terbagi menjadi 10 kelompok, yakni empat kelompok putri dan enam kelompok putra yang didampingi oleh seorang pendamping pada masing-masing kelompok.

Selama kegiatan karantina, para peserta diberikan materi berupa soal-soal latihan untuk melatih kemampuan dalam menganalisa soal. Selain itu, para peserta juga mendapatkan permainan-permainan yang membangun keakraban yang dibawakan oleh kakak-kakak panitia dari KPM. Kegiatan karantina juga diisi dengan senam pagi untuk menjaga stamina tubuh.

Salah satu pendamping siswa, Siti Khoerunnisa menambahkan, para peserta dilatih membuat formasi untuk berfoto bersama. “Baris-berbaris juga kami arahkan agar saat di bandara nasional maupun internasional mereka tertib dan tidak ada yang tertinggal mengingat banyak peserta yang ikut dalam kegiatan ini,” ujar Nisa.

Nisa menambahkan, peserta tak hanya dibekali materi bidang matematika untuk menghadapi kompetisi. “Bagi peserta yang Muslim, diwajibkan untuk ikut sholat berjamaah dan menjalankan ibadah sunnah, seperti sholat Dhuha, Tahajud, dan tadarus Al quran,”imbuh Nisa.

Karantina IMCS berlangsung hingga 28 Juli. Pada 29 Juli seluruh peserta dan pendamping berangkat ke Singapura untuk mewakili Indonesia sebagai peserta dalam IMCS 2016.

Humas KPM

back to top