Menu
RSS
Banner Top Pendidikan

Kilas Balik Tim Indonesia dalam IMCS 2016

Sesi foto bersama seluruh tim Indonesia untuk IMCS 2016 di Merlion Park, Singapura. Sesi foto bersama seluruh tim Indonesia untuk IMCS 2016 di Merlion Park, Singapura.

Bogorplus.com – Singapura – Kegiatan International Mathematics Contest Singapore (IMCS) 2016 yang bertempat di Singapura memang telah berlangsung pada 29 Juli hingga 1 Agustus lalu, namun prestasi yang diraih tim Indonesia akan selalu terukir dalam bingkai pendidikan bangsa ini.

Dalam kompetisi tersebut, tim Indonesia dibawah bimbingan Raden Ridwan Hasan Saputra, Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (Mathematics Education Clinic) berhasil meraih 9 medali emas, 17 medali perak, 38 medali perunggu, 37 penghargaan merit, dan 1 peserta sebagai partisipan.

 Total peserta dari Indonesia yang turut dalam kompetisi sebanyak 102 siswa yang didampingi oleh 11 pendamping dari KPM dan 9 pendamping dari orang tua peserta. Tim Indonesia dipimpin langsung oleh Ridwan Hasan Saputra beserta Desi Kurnia Wati dan Arief Kurniawan.

Selain Indonesia, beberapa negara juga mengirimkan siswa-siswi terbaik sebagai perwakilan negaranya untuk berkompetisi dalam IMCS 2016.

Filipina menjadi negara yang paling banyak mengirimkan peserta dengan jumlah 328 siswa. Negeri Tiongkok mengirimkan 326 siswa, Vietnam 119 siswa, Taiwan 98 siswa, Malaysia 74 siswa, Thailand 48 siswa, Korea Selatan 27 siswa, dan Iran 26 siswa, sehingga total seluruh peserta IMCS 2016 sebanyak 1.170 siswa.

Kompetisi berlangsung di Institute Technology Education (ITE) Singapore selama 90 menit pada pukul 09.30 waktu setempat, sedangkan pengumuman penghargaan berlangsung di D’Marquee Downtown East, Singapura.

Baca : Prestasi Tim Indonesia dalam IMCS 2016

Kegiatan Wisata IMCS 2016

Selain berkompetisi, para peserta berkesempatan untuk melakukan kunjungan wisata ke tempat-tempat yang menjadi ikon Singapura seperti Merlion Park.

Salah satu leader tim Indonesia, Arief Kurniawan mengatakan, para peserta berkunjung ke Merlion Park untuk melakukan sesi foto bersama seluruh tim.

“Kami juga berkesempatan mengunjungi Masjid tertua di Singapura yakni Masjid Sultan yang berada di Kampung Glam,” ujar Arief.

Selain Merlion Park dan Masjid Sultan, tim Indonesia juga diajak berwisata kebudayaan dengan mengunjungi Arab Street dan Little India.

Tak ketinggalan, tempat wisata yang diminati di Singapura, yakni Universal Studios Singapore juga menjadi tujuan wisata tim Indonesia.

“Kami juga mengunjungi Merlion Tower dan menyaksikan pertunjukkan Wings of Time,” tambah Arief.

Tak hanya itu, tim Indonesia juga mengunjungi Marina Barrage, salah satu fasilitas yang diperuntukkan masyarakat Singapura untuk menyuplai air dan mencegah banjir, namun berfungsi sebagai tempat rekreasi.

Selain itu, tim Indonesia juga mengunjungi River Cruise, National Gallery Singapore, Mount Faber, dan S.E.A Aquarium.

Humas KPM

back to top