Menu
RSS
Banner Top Pendidikan

Mengintip Perjalanan Tim Merah Putih pada AIMO 2016

Tim Indonesia untuk Asia International Mathematical Olympiad 2016 saat mengunjungi Disneyland, Hong Kong. Tim Indonesia untuk Asia International Mathematical Olympiad 2016 saat mengunjungi Disneyland, Hong Kong.

Bogorplus.com – Hong Kong – Mengikuti kegiatan olimpiade tingkat internasional terasa banyak sekali manfaatnya bagi anak-anak. Tak hanya menambah pengetahuan, namun dapat meningkatkan kedisiplinan, dan pengalaman budaya dengan mengenal negara lain.

Tim Bogorplus.com mendapat kesempatan untuk mengikuti perjalanan tim Merah Putih dalam rangkaian kegiatan Asia International Mathematical Olympiad (AIMO) 2016 yang terselenggara di Hong Kong pada 2 – 6 Agustus lalu.

 Tim Merah Putih tiba di bandara internasional Hongkong pukul 14.30 waktu setempat setelah menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam dengan pesawat udara. Seluruh tim dijemput dengan bus untuk menuju hotel Royal View dan diminta untuk segera beristirahat guna mempersiapkan olimpiade yang akan berlangsung keesokan harinya.

Hari yang ditunggu tiba. Siswa-siswi Indonesia menuju Baptist University Hong Kong, tempat terselenggaranya olimpiade matematika. Selama kurang lebih 1,5 jam Tim Merah Putih berjuang mengukir prestasi demi masa depan dan mengharumkan nama bangsa dengan mengerjakan soal-soal olimpiade.

Setelah olimpiade selesai, Tim Merah Putih dijamu dengan kegiatan wisata untuk mengenal negara tuan rumah olimpiade, yakni Hong Kong.

Perjalanan pertama tertuju pada The Peak yang merupakan tempat tertinggi di Hong Kong, sehingga pengunjung dapat melihat Hong Kong secara keseluruhan. Di The Peak juga terdapat pasar modern sehingga pengunjung dapat membeli buah tangan cinderamata khas Hong Kong.

Perjalanan wisata dilanjutkan dengan mengunjungi Stanley Market dan Stanley Plaza. Disana tim Merah Putih mengambil kesempatan untuk membeli buah tangan lebih banyak lagi. Setelah membeli buah tangan, tim Merah Putih diajak untuk mengunjungi Repulse Bay, salah satu pantai yang berada di Hong Kong. Tim Merah Putih pun melakukan foto bersama di tepi pantai. Di malam harinya, tim Merah Putih dijamu dengan wisata menggunakan kapal fery untuk menikmati keindahan kota Hong Kong di malam hari. Dari kapal fery, terlihat gedung-gedung di pinggir laut dengan tatanan lampu yang manarik.

Di hari ketiga, tim Merah Putih berkunjung ke Disneyland, salah satu tempat hiburan yang selalu menjadi tujuan wisata di Hong Kong. Tim Merah Putih terlihat sangat antusias ketika menginjakkan kaki di Disneyland meskipun udara terasa sangat panas. Tim Merah Putih menikmati keseruan wahana yang terdapat disana, seperti Toy Story Land, Mystic Point, Grizzly Gulch, Advertureland, Tomorrowland, Fantasyland dan lainnya.

Keesokan harinya, Tim Merah Putih diantar menuju Paramount International Banquet Hall untuk menerima penghargaan AIMO 2016. Sebanyak 49 siswa-siswi Indonesia yang mengikuti olimpiade berhasil mendapatkan penghargaan kategori emas, perak, perunggu, dan merit. Sebanyak 4 siswa mendapatkan medali emas, 12 siswa mendapatkan medali perak, 29 siswa mendapatkan medali perunggu, dan 4 siswa mendapatkan penghargaan merit.

Baca : Prestasi Tim Merah Putih dalam AIMO 2016

Setelah acara pemberian penghargaan, tim Merah Putih kembali menikmat wisata dengan mengunjungi Hong Kong Museum of History. Disana tim Merah Putih dapat melihat sejarah perubahan Hong Kong sejak zaman dahulu hingga sekarang. Pengunjung juga diperkenalkan dengan kebudayan masyarakat Hong Kong.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Ladies Market, salah satu pusat perbelanjaan di Hong Kong. Pengunjung dapat berbelanja pada pedagang-pedagang kali lima maupun toko. Disana dijual berbagai macam barang yang dapat dijadikan buah tangan untuk dibawa ke tanah air.

Di hari terakhir di Hong Kong, tim Indonesia kembali ke tanah air dengan membawa prestasi yang membanggakan. Tim Merah Putih berhasil mengibarkan semangat meraih prestasi di kancah internasional. Semoga ke-49 siswa yang mencetak prestasi dalam AIMO 2016 dapat menularkan semangat berpretasi bagi putra-putri bangsa Indonesia di seluruh pelosok tanah air.

Tim Bogorplus.com

back to top