Menu
RSS
Banner Top Pendidikan

Resensi Buku Strategi Sukses Olimpiade (SSO) Sains

 

Judul             : Strategi Sukses Olimpiade Sains

Penulis          : Tim Sains KPM

Editor            : Tim Sains KPM

Penerbit         : Klinik Pendidikan Mipa

Cetakan         : Cetakan I, Mei 2018

Tebal              : 207 Halaman

Ukuran           : 17 cm x 24,5 cm

Buku Strategi Sukses Olimpiade Sains (SSO) karya Tim IPA KPM ini hadir untuk menjawab sekelumit  persoalan yang sering dihadapi siswa sekolah dalam menjawab pertanyaan seputar olimpiade IPA pada ajang nasional dan internasional. Keseluruhan tipe soal-soalnya tergolong ke dalam Higher Order Thinking Skills (HOTS). Namun karena dikemas dengan menggunakan metode SNR, dan bahasa yang mudah dipahami yang telah disesuaikan dengan kemampuan pemahaman siswa sekolah dalam menjawab soal-soal, harapannya memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Selain itu, dengan tata letak yang baik dan dikemas dengan tampilan yang menarik membuat siswa tidak bosan membacanya.

Buku setebal 207 halaman ini, selain unggul dalam soal HOTS-nya, juga unggul dengan penerapan metode Sains Nalaria Realistik-nya (SNR). Dengan adanya penerapan metode SNR ini memberikan nuansa yang berbeda terhadap buku SSO karya Tim IPA KPM ini dengan buku serupa lainya yang beredar di pasaran. Ciri khas SNR KPM yaitu menekankan penggunaan penalaran dalam memahami konsep IPA, meningkatkan daya nalar pada masalah nyata, serta keterampilan pemahaman konsep dan penalaran komunikasi khususnya dalam materi IPA. Selain itu, pemahaman lanjut tentang pemecahan masalah soal yang lebih membutuhkan daya nalar dikemas dan dijawab secara runut sehingga siswa mudah memahaminya. Penalaran sangat penting bagi kehidupan kita karena penalaran yang baik dapat membantu untuk menganalisis masalah dalam kehidupan dengan lebih baik.

Buku yang terbit pada Mei 2018 ini terdiri dari 10 topik populer sains olimpiade yang dikupas tuntas di dalamnya. Setiap topik tersusun berdasarkan tahapan metode SNR, yaitu soal pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi dan pemecahan masalah. Di bagian akhir dari setiap topik yang dibahas dalam buku ini ,diselingi dengan informasi sains terkini yang akan menambah wawasan pembacanya. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan rekapitulasi soal-soal lomba yang bertaraf nasional,  seperti KSM dan berisi soal-soal lomba yang pernah melakukan kerjasama dengan KPM dan lomba yang dilaksanakan sendiri oleh KPM,  yakni Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI). Tentunya buku ini sudah dilengkapi solusi dari setiap topik sehingga makin dicari oleh siswa-siswa sekolah yang akan mengikuti olimpiade di kancah nasional dan Internasional.

Tidak hanya itu, buku SSO ini juga cocok bagi pembaca umum untuk dijadikan sumber bacaan karena dapat menjawab permasalahan IPA yang tidak jauh dari kejadian yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan dan wawasan pembaca akan bertambah dan ‘peka’ dengan fenomena IPA yang terjadi di sekitarnya. Sehingga, buku SSO IPA ini tidak hanya dikhususkan sebagai rujukan dan sebagai sumber acuan para siswa untuk memahami soal-soal olimpiade IPA, namun juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Sumber: Febie Leona Tiffany - Litbang KPM

back to top