Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Klinik Pendidikan MIPA Bogor Gelar Seleksi Pelajar Berbakat Bidang Matematika & IPA

Memasuki persaingan global saat ini, perlu sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan kemampuan dalam berbagai bidang, tentunya hal tersebut tidak luput dari proses pembinaan/pembelajaran yang baik dan intensif. Salah satu yang jadi perhatian adalah meningkatkan minat dan kemampuan pelajar dalam Matematika dan IPA.

Karena hal tersebut, Klinik Pendidikan Pusat Bogor menggelar Seleksi Kelas Khusus pada Minggu (11/06/2017) untuk dibina dalam pelatihan Matematika & IPA guna mempersiapkan siswa menuju berbagai kompetisi Matematika dan IPA di tingkat nasional maupun internasional, juga guna menjawab tantangan global dimasa mendatang.

Sudah lebih dari 10 tahun Klinik Pendidikan MIPA menciptakan para juara di bidang MIPA, oleh karenanya antusias guru dan orang tua sangat tinggi untuk mengikuti tes ini. Atas dasar tersebut, Kurang lebih 850 pelajar SD Se-Bogor Raya mengikuti seleksi yang diadakan di SD Insan Kamil Bogor Jalan Raya Dramaga KM. 6 Kota Bogor.

Ketua pelaksana tes seleksi, Ziban Lesmana Sutiawan, S.E mengatakan, “seleksi tahun ini mendapat sambutan positif dari masyarakat, bahkan ada yang datang dari Sukabumi dan Jadetabek”, ujarnya.

“Rangkaian tes meliputi tes akademik sesuai pilihan mata pelajaran, dan tes pengetahuan Agama. Selain tes siswa, KPM juga mengadakan tes seleksi guru untuk menjadi guru olimpiade Matematika & IPA”, lanjut Ziban.

Kepala Divisi Pelatihan & Lomba, Taufik Hidayah menambahkan, “selain dilaksanakan di Bogor, tes tersebut diadakan di Jadetabek dengan total peserta mencapai 2.100 peserta dengan biaya tes seikhlasnya (sesuai kemampuan peserta). Dari hasil tersebut nantinya akan diseleksi lagi di tahap 2 pada bulan Juli mendatang”.

“Setelah melalui tahapan seleksi, peserta yang lolos akan mengikuti proses pembinaan pada bulan agustus sesuai level belajar masing-masing”, tutup Taufik.

Read more...

Kodim 0606/Kota Bogor Perkenalkan Wisata Matematika Bela Negara

 

Bogorplus.com - Kota Bogor. Barisan anggota TNI AD dari Kodim 0606/Kota Bogor pada Senin (05/06) menyambut kedatangan pelajar SMP Negeri 4 Bogor. Tampak semangat dan antusias, inilah yang ditunjukan 65 pelajar kelas 7 & 8 SMP tersebut.

Sesampainya di lokasi, peserta langsung berbaris rapih untuk diberikan pengarahan oleh pembina. Sebelum nantinya peserta akan mengikuti rangkaian Wisata Matematika Bela Negara.

Kunjungan pelajar ke Makodim ini, menurut Dandim 0606/Kota Bogor, Doddy Suhadiman, S.E. mengungkapkan, "Program Wisata Matematika Bela Negara merupakan pilot project  bersama Klinik Pendidikan MIPA. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menciptakan kader yang cerdas dengan menyenangi Matematika serta dapat membangkitkan rasa cinta tanah air”, jelasnya.

Rangkaian acara dilaksanakan pukul 08.10 hingga pukul 12.00 WIB diawali dengan pembukaan, ice breaking, perkenalan materi konsep berpikir supra rasional, bermain Permainan Matematika Bela Negara, latihan PBB, dinamika kelompok, hingga perkenalan senjata dan foto bersama. 

Ungkapan senang dan bahagia dirasakan oleh siswi SMPN 4 Bogor, Puspita Dewi, "banyak pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan hari ini, yaitu tentang rasa persatuan dan kesatuan. Terutama dalam kegiatan dinamika kelompok dan pengenalan bela negara”, ujarnya.

“Selain itu, terdapat konsep Matematika yang disisipkan membuat wisata ini semakin seru dan penuh teka-teki sehingga yang awalnya tidak senang menjadi senang terhadap Matematika”, lanjut Ketua Umum Osis SMPN 4 Bogor.

Menurut Aulia Yusman selaku guru dan pendamping mengatakan, "kunjungan ke Kodim kali ini seru dan bermanfaat sekali. Harapan kedepannya semoga kegiatan ini menjadi pilihan menarik untuk mendekatkan anak-anak kepada Matematika dan wawasan kebangsaan”, tutup Aulia.

Read more...

Ratusan Anggota TNI Mengikuti Seminar Cara Berpikir Supra Rasional

 

Bogorplus.com - Kota Bogor. Seminar cara berpikir supra rasional mendapat sambutan hangat di hadapan ratusan anggota TNI yang berasal dari 101 Kodim se-Indonesia pada Jum'at (02/06).

Konsep yang diusung oleh Raden Ridwan Hasan Saputra ini, disampaikan disela-sela Kegiatan Peningkatan  Kemampuan APKOWIL (Aparat Komando Kewilayahan) yang diselenggarakan oleh Staff Teritorial Mabes AD.

Seminar yang digelar pukul 20.00-22.00 WIB bertempat di Aula Nasution  Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) TNI AD Bogor, diikuti 200 orang perwakilan Pasiter dan Babinsa se Indonesia.

Dansatdik Pamater Pusdikter Pusterad Letkol Inf. Zusnan Hadi,S.Ip. mengatakan bahwa konsep ini menarik, tepat sasaran dan mudah untuk dipahami anggota TNI agar menjadi bekal kondisi kehidupan berbangsa menjadi lebih baik", kata Zusnan.

"Walaupun Bapak Ridwan seorang pelatih olimpiade Matematika, tetapi gagasannya tentang sendi kehidupan sangat luar biasa dan menginspirasi," lanjut Zusnan.

Salah satu anggota TNI Kapten Inf Heru Porwito, mengaku bersyukur setelah menyimak seminar ini, "dengan berpikir supra rasional hidup akan menjadi lebih berkah "ungkap Pasiter Kodim 0730 Gn.Kidul Yogyakarta.

Ridwan Hasan Saputra selaku pemateri seminar menambahkan, "Cara berpikir Supra-rasional bisa membuat para babinsa dan pasiter bisa bekerja dengan ikhlas dan profesional. Sebab para babinsa meyakini yang akan menolong dan membalas jerih payah para babinsa dalam mendukung program ketahanan pangan ini adalah Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. In Sha Allah keyakinan ini modal yang sangat berharga dalam mensukseskan program ketahanan pangan", tutup Ridwan HS.

Read more...
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com