Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Uniknya Wisata Eksplorasi Matematika Bersama KPM & PT. Pos Bogor

 

 

BogorPlus.com – Bogor, tanggal 7 – 8 Februari 2017 selama 2 hari 1 malam, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) kembali menyelenggarakan pelatihan matematika untuk siswa kelas khusus yaitu Super Math Camp (SMC). Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan rutin di KPM. SMC ini dilaksanakan di Padepokan Amir Syahrudin, Ruko 6 Laladon No. 1-3 Jl. Raya Laladon RT 004/006 Ds. Laladon, Kec. Ciomas, Kab. Bogor dengan peserta siswa kelas 7 & 8 Berbakat A.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk siswa agar lebih mandiri dan belajar bersosialisasi dengan peserta yang lain. Yang berbeda dari kegiatan SMC kali ini adalah adanya kegiatan wisata eksplorasi matematika ke PT. Pos, yang beralamatkan di Jl. IR H Juanda No. 5 Paledang, Bogor Tengah.

Kegiatan wisata eksplorasi matematika PT. Pos memiliki hal yang unik dari segi materinya, karena terkait dengan benda-benda pos. Permainan matematika yang disajikan untuk para peserta meliputi permainan Secret Map, Sudoku dan Tetramino. Termasuk di dalamnya sesi pengenalan kantor pos yang meliputi sejarah benda-benda pos serta pengiriman surat dan paket pos. Selain itu, peserta diajak berkeliling kantor pos untuk melihat aktivitas yang berlangsung di kantor pos.

Keunikan dari ketiga permainan matematika yang disajikan adalah peserta tidak hanya bermain dengan angka, namun mereka juga menjadi lebih mengenal benda-benda pos. Sebagai contoh, permainan Secret Map (Peta Rahasia) peserta diminta untuk menemukan benda pos yakni PO BOX yang diminta, dengan cara mereka menyelesaikan perhitungan matematikanya terlebih dahulu. Kemudian dalam permainan Sudoku gambar perangko, mereka diminta mengatur letak perangko dalam setiap kotak yang masih kurang agar setiap gambar perangko tidak ada yang sama dalam 1 baris dan 1 kolom. Lalu, dalam permainan Tetramino, peserta diminta untuk merangkai potongan-potongan perangko menjadi 4 kotak yang sisinya saling menempel.

Bapak Muchammad Fachri selaku kepala Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) mengatakan “Tujuan kerja sama dengan PT. Pos adalah selain melatih siswa dalam kegiatan eksplorasi matematika, juga sebagai sarana untuk lebih mengenalkan PT. Pos kepada anak-anak dan mengetahui alur kerja dari kegiatan berkirim surat atau barang di PT. Pos”, tutup Bapak Fachri

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com