Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

SISWA/SISWI SDN SUKAMAJU 6 DEPOK KUNJUNGI FIELDTRIP WISATA EDUKASI MATEMATIKA, KEPALA SEKOLAH: “PILIHAN FIELDTRIP YANG MENYENANGKAN & MENGEDUKASI”

 

BogorPlus.com - Ciomas,Bogor. Di era globalisasi saat ini, kurang lengkap rasanya jika setiap pembelajaran di sekolah tidak didukung oleh kegiatan eksternal sekolah (fieldtrip).

Tidak sedikit sekolah di Indonesia yang mengupayakan agar fieldtrip tetap menjadi program sekolah untuk mendukung ketuntasan materi kegiatan belajar mengajar di kelas.

Salah satu bahan perhatian utama adalah jawaban siswa manakala ditanyakan tentang pelajaran yang sulit dimengerti. Tentunya jawaban yang selalu mendominasi adalah mata pelajaran Matematika.

Sejak awal kehadirannya, program Wisata Edukasi Matematika yang digagas oleh Klinik Pendidikan MIPA merupakan sebuah alternatif pilihan fieldtrip yang cukup efektif dan menarik untuk memperkenalkan ilmu Matematika kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Hal ini terlihat dari keceriaan siswa/siswi SDN Sukamaju 6 Kecamatan Cilodong Kota Depok yang datang berkunjung ke tempat wisata pada hari Selasa, 21 Maret 2017.

Sekolah yang dipimpin oleh Ibu Surtini, S.Pd, membawa kurang lebih 56 siswa/siswinya yang duduk di kelas 4 SD beserta 30 orang tua murid dan 4 orang guru untuk datang melakukan kunjungan fieldtrip di kampung matematika dan toko matematika.

Ibu Surtini, S.Pd mengatakan, “Saya tertarik untuk berkunjung ke fieldtrip ini, setelah mendengar informasi dari warga Depok bahwa ada wadah fieldtrip yang menyenangkan di Bogor. Saya melihat program ini sangat bagus, dan sebagai kepala sekolah, saya berharap setelah kunjungan ini, anak-anak tidak merasa takut untuk belajar Matematika”, jelasnya.

Selain itu, “Program fieldtrip yang digagas oleh Bapak Ridwan Hasan Saputra (selaku pendiri Klinik Pendidikan MIPA), menawarkan program yang  edukatif. Mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB Peserta diajak untuk mengenal permainan dan game eksplorasi seperti Tic Tac Toe, Berlian Matematika, Maze, Tangram, dan juga Nara Games. Para peserta diajak untuk mengunjungi 4 titik lokasi berbeda mulai dari Kantor Klinik Pendidikan MIPA, Kampung Matematika, Cafe Matematika dan terakhir di Toko Matematika”, lanjutnya.

Di lain kesempatan, peserta fieldtrip, M. Zaky, kelas 4A mengungkapkan keseruannya, “Selain bermain ternyata bisa sambil belajarnya juga”.

Hal yang sama diungkapkan oleh Alya Setyaningcahya yang duduk di kelas 4B, “Senang ketika bermain tic tac toe, belanja di toko matematika, bermain puzzle dan kunjungan ke kampung matematika”, tutupnya.

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com