Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Memaknai HUT RI ke-72 dengan Pendekatan Cara Berpikir Suprarasional

Ciomas, Kab.Bogor. 17 Agustus selalu menjadi momen spesial bagi warga negara Indonesia. Tak terasa, 72 tahun sudah Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan terbebas dari penjajahan bangsa lain. Berbagai instansi pemerintah, swasta dan kelompok masyarakat serentak menggelar upacara bendera, untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Seperti yang dilakukan warga di lingkungan RW. 06 Komplek Laladon Indah Kel. Laladon Kecamatan Ciomas, Kab.Bogor, mulai dari anak-anak, pemuda/pemudi, bapak-bapak dan ibu-ibu. Mereka turut memperingati HUT RI ke-72 dengan melakukan upacara bendera pada pukul 07.30 WIB dipimpin langsung Ketua RW. 06.

Dikatakan Haryanto, Ketua RW. 06 sekaligus pembina upacara, tahun ini merupakan kedua kalinya warga RW. 06 mengadakan upacara bendera dalam memperingati HUT RI Ke-72. Upacara tahun ini diikuti sebanyak 150 warga, tentunya jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 130 warga.

"Saya berharap kegiatan ini dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya.  Karena tujuannya jelas, kami ingin mengajak warga masyarakat untuk merajut kembali rasa persatuan dan kesatuan di antara warga, khususnya di lingkungan warga RW.06 Laladon Indah. Selain itu, upacara bendera merupakan ikhtiar menggelorakan kembali semangat membangun, serta membentengi masyarakat agar terhindar dari provokasi negatif yang dapat memecah harmonisasi kehidupan bermasyarakat dan berbangsa”, jelasnya.

Hal senada diungkapkan oleh Sularno selaku ketua panitia HUT RI Ke-72 sekaligus pemimpin upacara. Sebagai warga Indonesia dirinya mengaku bersyukur dan bangga karena sudah menjadi bagian penting untuk mengisi kemerdekaan HUT RI Ke-72.

“Terima kasih kepada warga RW.06 karena telah bersama-sama memeriahkan dan memperingati HUT RI Ke-72.  Semoga dengan upacara ini, kita semua dan generasi muda pada khususnya akan tumbuh dan meningkat jiwa patriotisme, nasionalisme dan rasa menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan.  Selanjutnya mari kita   berkontribusi baik dan positif buat bangsa Indonesia." lanjut Sularno.

Menurut Ridwan Hasan Saputra yang merupakan salah satu warga Laladon Indah dan motivator suprarasional, upacara bendera ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong dan rela berkorban di kalangan warga. Kedua hal tersebut merupakan hasil cara berpikir suprarasional yang sudah mulai banyak ditinggalkan warga.

"Semoga upacara bendera di level rukun warga atau kelurahan atau desa banyak diikuti di daerah lain. Karena dengan cara ini, nilai-nilai kehidupan di masyarakat (tenggang rasa, gotong royong, dsb) tetap lestari dan diwariskan antar generasi" tutup penulis buku 'Cara Berpikir Suprarasional' ini.

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com