Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Mendidik Anak Sukses Hidup dengan Cara Berpikir Supra Rasional

Bogorplus.com-Cikarang, Bekasi. Pendidikan merupakan instrumen penting kemajuan peradaban suatu bangsa. Tantangan besarnya, mampukah generasi yang akan datang lebih tangguh dan berkualitas dibandingkan generasi hari ini. Tanpa sistem pendidikan yang baik, hal itu mustahil terwujud.

Guna menggugah kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi anak, SD Islam Al Azhar 12 Cikarang-Bekasi, menggelar 'Seminar Sehari Cara Berpikir Supra Rasional' yang dihadiri 175 peserta dengan latar belakang orangtua dan guru. Acara seminar digelar di Aula Sekolah pada Rabu (16 Agustus 2017).

Menurut penuturan Kepala SDI Al Azhar 12 Cikarang, Winarto, “Pendidikan tidak hanya dari sisi rasional, tetapi harus diiringi dengan pendidikan dengan pendekatan supra rasional yang berk
mengaitkan hubungan antara makhluk & Tuhan Yang Maha Esa.”

Winarto menambahkan,”Tujuan diadakannya seminar ini untuk memberikan edukasi kepada orang tua tentang pendidikan karakter, dengan pendekatan supra rasional. Salah satu wujud konkretnya, pihak sekolah menggandeng Klinik Pendidikan MIPA untuk menerapkan metode Matematika Nalari Realistik & Sistem Metode Seikhlasnya di sekolah. Harapannya, pola pikir dan pola sikap pelajar kami semakin tertata baik dan berkualitas.

Dukungan positif disampaikan juga salah satu peserta seminar, Ahmad Kusmayadi. Beliau mengatakan, “Kami sangat bersyukur wilayah Cikarang akan bertambah jaringan dalam hal pembelajaran MNR, karena dengan metode ini, kita tidak hanya mengenal Matematika saja, melainkan diperkenalkan untuk lebih dekat kepada sang pemilik ilmu, yaitu Allah SWT.”

Pada kesempatan tersebut, Asep Sapa’at selaku narasumber menambahkan, "Saat kita memutuskan ingin menjadi orang tua atau guru, sadarkah masa depan anak-anak ada di tangan kita? Tak ada kata mudah untuk mendidik. Faktanya, banyak orang tua dan guru yang pandai memberi contoh, tetapi tak berhasil menjadi contoh bagi anak-anak kita.” ujarnya.

“Dengan cara berpikir suprarasional, kita harus bersyukur dan menerima anak-anak kita apa adanya. Tugas kita adalah mengenalkan anak kita pada Allah SWT & mengantar mereka melejitkan potensi unik mereka sesuai fitrahnya.” pungkas lelaki berkaca mata jebolan Universitas Pendidikan Indonesia ini.

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com