Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Pelajar Berbakat Klinik Pendidikan MIPA Ikuti Tes Eliminasi

Foto: Suasana Ujian Eliminasi Siswa

Bogorplus.com-Dramaga-Bogor. Sebanyak 628 lebih pelajar berbakat Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor, mengikuti ujian eliminasi kelas khusus, bertempat di ruang kuliah fakultas pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, minggu (24/09/2017). Ratusan pelajar tersebut terdiri dari kelas 2 SD sampai 8 SMP.

Kepala Pendidikan Klinik Pendidikan MIPA, Muchammad Fachri mengatakan, “Tes eliminasi kali ini pertama kali diadakan di semester ganjil 2017/2018. KPM selalu rutin mengadakan tes ini untuk mengukur dan mengetahui kemampuan siswa binaannya setelah belajar selama 4 pertemuan,” ujarnya.

“Dalam tes eliminasi, para pelajar diberikan soal matematika berbasis Higher-Order Thinking Skills (HOTS), terdiri dari isian singkat, uraian, dan eksplorasi. Hasil tes siswa akan dinilai oleh tim KPM. Hasil tersebut akan digunakan untuk menentukan naik atau turunnya level kelas siswa,” kata Fachri.

Fachri menambahkan, selain gelaran tes eliminasi untuk para siswa, KPM juga mengadakan pelatihan guru, pertemuan orang tua, dan pertemuan alumni. Pertemuan ini digagas selain sebagai ajang tukar pikiran dan informasi, juga dimaknai untuk memperkokoh harmonisasi antar semua pemangku kepentingan di Klinik Pendidikan MIPA.

Sementara itu, salah satu orang tua siswa yang telah mempercayakan pendidikan di KPM selama 4 tahun, Bapak Dadang Mahfudin mengaku takjub dengan acara yang digelar Klinik Pendidikan MIPA secara rutin setiap pekan atau setiap bulannya.

“Disamping merasakan suasana kekeluargaan, ilmu yang diterima anak-anak tidak mudah didapatkan di sekolah. Sehingga saya melihat anak-anak yang belajar di KPM memiliki prestasi yang membanggakan. Alhamdulillah prestasi belajar anak-anak diatas rata-rata berkat pengalaman belajar HOTS & MNR,” ucapnya.

"KPM mengajarkan cara berpikir supra rasional yang menunjang anak-anak untuk berpikir kreatif, rajin beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing," tutup Bapak Dadang yang juga orang tua dari Wage Mareto.

Foto: Teuku Arkansyah Ali

Rasa senang terpancar dari raut wajah Teuku Arkansyah Ali, siswa kelas 6 SDN Rawamangun 12 Pagi Jakarta. Arkan mengatakan, “Belajar di KPM dan momen tes eliminasi merupakan hal yang dinanti setiap minggunya. Walaupun terkadang sulit menghadapi soal-soal KPM, saya tidak merasa putus asa. Justru karena sudah terbiasa menghadapi hal tersebut, saat ini saya merasa kecerdasan spiritual dan ilmu saya semakin meningkat,” tutur Arkan.

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com