Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Tim ITMO Indonesia Ikuti Program “Fun Math Outdoor Learning & Rafting” di Sungai Cisadane

Bogorplus.com-Caringin-Bogor -- Salah satu yang dilakukan Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Divisi FMS Read1 Group mengajak seluruh peserta tim  International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) Direktorat SMP, Kemendikbud, terdiri dari 6 siswa dan 2 siswi, didampingi tim TC ITMO dan guru KPM, untuk mengikuti kegiatan “Fun Math Outdoor Learning & Rafting, yang berlokasi di Cikreteg, Caringin, Bogor, Jawa Barat, pada hari Selasa (24/10).

Beragam kegiatan yang dilakukan di tengah asrinya nuansa kehijauan alam pedesaan berada persis di sisi sungai Cisadane, semakin menambah keseruan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Saat tiba di lokasi, peserta langsung menuju lapangan di sisi sungai dan menempati 2 gazebo. Setelah otorisasi dari guru pendamping, instruktur mengajak “warming up” dan ice breaking, peserta dibagi menjadi dua kelompok untuk mengikuti satu persatu permainan yang disajikan tim FMS yang dipusatkan di lapangan mini disisi sungai.  Mulai dari permainan metode berhitung the roulete, back ball, labirin ball, staping, transfer ball, blind voley1, yang tujuannya untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Keseruan semakin dirasakan peserta tatkala satu persatu peserta menuruni anak tangga menuju boat karet, 3 boat untuk peserta, dan pendamping masing- masing diisi 5 dan 4 peserta dan 1 boat tim resque, setelah guide rafting memberi pengarahan, mulailah pengarungan di sungai cisadane. Saling menyiram dengan  dayung semakin menambah keseruan.

Suasana semakin lengkap saat boat dapat melalui jeram-jeram kecil maupun besar,  teriakan peserta semakin menambah keseruan dilengkapi pemandangan di sisi sungai dengan perbukitan yang hijau. Boat berhenti sejenak dan peserta turun untuk mencoba berenang di sisi bendungan menuju batu besar. Kemudian pengarungan di lanjutkan menuju jeram terakhir yaitu DAM dengan ketinggian 3 meter dan kemiringan hampir ,90 derajat. Semua Berteriak "Aaaa..." dan bumm... boat mendarat di bawah disertai air yg tumpah karena hantaman boat.

Salah seorang peserta, Erin, mengatakan bahwa kegiatan yang diikutinya sangat seru dan menantang. Siswi kelas 9 ini mengaku senang dan dirinya betah berlama-lama di lokasi sungai Cisadane, ''Seru banget raftingnya, dan mengajak teman-teman bersemangat "ITMO Indonesia JUARA....'' ujar Gabriela Erin Mariangel.

Selesai berfoto bersama di DAM, Seluruh peserta diajak naik mobil bak terbuka menuju meeting point awal melalui perbukitan dengan pemandangan gunung salak dan perkampungan warga. Sesampainya di gazebo, peserta disuguhi kelapa muda dan tahu sumedang menambah semangat peserta. Setelah semua membersihkan diri, peserta menikmati makan siang ala sunda yakni, nasi, sayur asem, ayam goreng, teri balado, sambal dan buah jeruk, menjawab perut yang sudah bergelitik karena sudah pukul 11:30 WIB. Setelah Sholat Dhuhur dan Istirahat. Instruktur meneruskan sesi 2 yakni, membantu peserta untuk melatih fokus kepada tujuan yakni menjadi juara ITMO 2017, dengan sesi hypnotherapy & kegiatan flying fox. Seluruh peserta mengikuti dengan antusias dan semangat.

"Adik-adik adalah aktor/aktris yg masing-masing memiliki script atau naskah, dan Sudah Saatnya untuk acting atau action, Ayo dengan Belajar Bersungguh-sungguh, konsentrasi, fokus, semangat dan berdoa, adik-adik benar-benar akan meraih prestasi yang gemilang yaitu menjadi juara ITMO 2017," ungkap Instruktur FMS RG-KPM Dwi Sam. S.T., C.H., C.Ht, C.I. kepada Bogorplus.com.

Salah seorang perwakilan Direktorat tim sekretariat training center ITMO, Adlina Abtaliana mengatakan, “Kegiatan ini sangat seru dan mendidik. Fun math out door learning and character building dapat melatih kekompakan, keberanian dan kemandirian,'' kata perempuan yg akrab dipanggil Dina.

Dina mengaku sangat kagum kepada semua peserta didiknya. ''Saat arung jeram yang menurut kami sangat menantang dan memacu adrenalin tapi saya salut anak-anak tidak ada yang mengeluh dan mereka sangat gembira dan menikmati semua permainan,'' ujar Dina bangga.

 

Rep: DS-FMS RG Team

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com