Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Ratusan Pelajar Meriahkan Fun Math & Science di Gunung Bunder

Foto: Lokasi Pelaksanaan Fun Math & Science di Gunung Bunder, Kab.Bogor-Jawa Barat.

Bogorplus.com-Pamijahan-Kab.Bogor-Jawa Barat – Program pembelajaran yang mengusung tema edutainment and outdoor learning menjadi kian diminati para pelajar untuk mengisi liburan akhir semester. Kendati harus rela berpanas-panasan, tidak menyurutkan semangat 230 pelajar kelas 4, 5, 6 sekolah dasar (SD) dan 7, 8, 9 sekolah menengah pertama (SMP) se-Jabodetabek datang ke Goa Bunder, Gunung bunder-Jawa Barat, untuk mengikuti Fun Math and Science Camp, yang digelar Read1 Learning & Development Center (RLDC)  beberapa hari yang lalu, Selasa (12/12/2017).

Selain memiliki panorama alam yang indah, gunung bunder juga disebut-sebut memiliki suasana santai dan sejuk dengan berbagai pepohonan menjadikan lokasi ini strategis untuk menggelar acara pengenalan lingkungan sambil belajar eksplorasi MIPA.

Saat dikonfirmasi tim bogorplus.com, penanggung jawab kegiatan, Dwi Samto menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan ini. “Tentunya kita berharap pelajar dapat beradaptasi dengan mengenal lingkungan sejak dini. Disamping menciptakan generasi yang intelek dalam bidang MIPA dan memperkuat pendidikan karakter.

Kak Dwi (sapaan akrabnya) menilai, “Pendekatan outdoor learning menggunakan lokasi alam terbuka dipandang sangat efektif. dimana setiap pelajar akan dapat merasakan, melihat langsung bahkan dapat melakukannya sendiri, sehingga transfer pengetahuan berdasarkan pengalaman di alam dapat dirasakan, diterjemahkan, dikembangkan berdasarkan kemampuan yang dimiliki,” ujarnya.

Lebih lanjutnya, “Pendekatan ini mampu mengasah aktivitas fisik dan sosial anak, dimana anak akan lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang secara tidak langsung melibatkan kerjasama antar teman dan kemampuan berkreasi. Aktivitas ini akan memunculkan proses komunikasi, pemecahan masalah, kreativitas, pengambilan keputusan, saling memahami, dan menghargai perbedaan.

Menurut pantauan bogorplus.com, uniknya kegiatan ini, ratusan pelajar diajak dan dibekali macam-macam kegiatan, baik yang merangsang kreativitas berpikir maupun kerjasama kelompok. Seperti: exploration mathematics games, experiment fun science, motivation & character building for student, exploration math shop, exploration science agriculture serta wisata matematika bela negara.

Selain materi eksplorasi dan eksperimen, panitia juga menyuguhkan fun games, seperti: robot A, the toxic, spider web, buldozer, labirin show, glases race, blind volley, take the ball, water transfer and practicing archery.

Sumber: Dwi Samto/FMS/RLDC

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com