Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

KMNR Se-Indonesia Ke-13 Resmi di Gelar, Ratusan Pelajar Padati Kampus IPB

Bogorplus.com-Dramaga-Kab.Bogor – Klinik Pendidikan MIPA (KPM) telah menggelar babak penyisihan Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) Se-Indonesia Ke-13, Minggu (17/12/2017). Kegiatan ini merupakan kompetisi tingkat kota/kab sebelum ke tingkat nasional (babak final). Menurut informasi yang dihimpun tim bogorplus, total peserta nasional yang mengikuti lomba ini sangat fantastis, yakni mencapai  82.974 pelajar kelas 1 SD sampai 9 SMP, dan tersebar diberbagai titik di seluruh Indonesia.

Salah satu lokasi yang menjadi lokasi penyelenggara kompetisi yaitu, Bogor, Jawa Barat ternyata para pelajar wilayah penyangga ibu kota ini tidak kalah semangat dari peserta dari daerah lain. Setidaknya 1.796 pelajar hadir memadati ruang kuliah, Fakultas Pertanian, IPB Dramaga Bogor.

“Iya betul, untuk wilayah Bogor mencapai 668 yang berasal dari 51 sekolah dasar, dan 33 sekolah menengah pertama,” kata Tri selaku penanggung jawab wilayah.

Selain itu, Tri memaparkan, acara yang dimulai sejak pukul 07.00-11.45 WIB dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama untuk level Sekolah Dasar (SD), sedangkan sesi kedua untuk level Sekolah Menengah Pertama (SMP), dimana setiap peserta harus menjawab soal dalam waktu 90 menit., ucap Tri saat diwawancara.

Sementara itu, salah satu orangtua siswa yang sedang mengantar putrinya, menyambut baik dan bersyukur atas terselenggaranya kompetisi ini. “Saya selaku orangtua sangat bersyukur atas terselenggaranya lomba ini. Lomba ini membuktikan bahwa matematika dan sains merupakan pondasi ilmu untuk perubahan menuju masa depan yang lebih gemilang. Artinya, tiada ilmu yang tidak kita butuhkan, semuanya harus dipelajari dan menjadi sebuah tantangan tersendiri.” ujar Ade Rosyid Salim kepada tim bogorplus.com.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Sekolah Islam Bogor ini menambahkan, “Melihat tingginya minat peserta yang mengikuti Kompetisi Matematika Nalaria Realistik, merupakan bukti bahwa metode Matematika Nalaria Realistik (MNR) masih sangat baik dalam melatih nalar. Selain itu, kami menemukan hal unik di Klinik Pendidikan MIPA, yakni dengan bayaran seikhlasnya. Dimana semua kalangan dapat mengikuti kompetisi ini tanpa terkendala biaya. Sehingga dari sistem tersebut melahirkan prinsip gotong royong dan saling membantu satu sama lain.

Sementara itu, Yesaya Anju Beckham Napitupulu, pelajar kelas 8 SMP Nasional Plus BPK Penabur Bogor mengaku senang dan tertantang setelah mengerjakan soal-soal KMNR. “Saya sangat senang karena bisa menemukan soal-soal unik dan menarik seperti ini. Walaupun unik tetapi ada juga yang dirasa sulit, tetapi hal ini menjadi sebuah tantangan buat saya untuk melatih kemampuan berpikir dan menambah ilmu matematika,” tutup pelajar yang memiliki hobi bermain basket.

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com