Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Kampung Matematika Kenalkan Pendidikan Karakter Lewat Fun Math & Science

Bogorplus.com-Laladon-Kab.Bogor -- Siapa yang tidak kenal dengan Kampung Matematika? Sebuah tempat untuk para pelajar yang ingin menimba ilmu MIPA dan berbagai pelajaran lainnya dengan cara yang lebih mudah serta terjangkau. Seperti yang diketahui, pasca digagas oleh Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA, Raden Ridwan Hasan Saputra bersama warga sekitar dan diresmikan Mendikbud, Anis Baswedan, pada tanggal 11 April 2015 silam. Kampung yang beralamat di Jalan Raya Laladon, Ciomas Bogor semakin diminati pelajar Bogor karena terkenal dengan sistem bayaran seikhlasnya dan metode Matematika Nalaria Realistik (MNR). 

Namun pada hari ini, Selasa (19/12/2017), ada aktivitas yang berbeda dari biasanya di kampung tersebut, decak kagum pun terpapar saat tim bogorplus.com menyambangi lokasi. Ternyata terlihat puluhan pelajar SD-SMP sedang mengisi liburannya dengan mengikuti aktivitas atraktif dan edukatif, bersama tim dari Read1 Learning & Development Center, melalui program Fun Math & Science (FMS).

Saat ditemui tim bogorplus.com, Ketua Paguyuban kampung matematika, Achyadi Taufik, mengaku bersyukur atas kehadiran program Fun Math & Science di kampung matematika. “Alhamdulillah program Fun Math & Science semakin menambah inovasi dalam pembelajaran di kampung matematika. Kami berharap program ini dapat menggugah keinginan belajar menjadi lebih baik. Ini merupakan sebuah peluang yang baik. Oleh karenyanya, kami menyambut program ini dengan baik demi kemajuan anak-anak,” kata Achyadi Taufik.

Foto: Instruktur Utama, Kak Dwi (Kiri) & Ketua Paguyuban Kp. Matematika, Achyadi Taufik (Kanan)

Hal senada juga diungkapkan Enjay Zarkasih, selaku ketua RW.04 Desa Laladon. Ia bercerita bahwa dewasa ini banyak pelajar yang memanfaatkan liburannya dengan kegiatan yang tidak bermanfaat. Bukannya menambah kebaikan, justru mengurangi nilai-nilai filosofi sebagai seorang pelajar.

“Kehadiran program ini kami harapkan jadi pilihan bagi warga Laladon dan sekitarnya,  yang ingin putra-putrinya mendapatkan liburan yang menyenangkan, edukatif, dan ekonomis,” tambah Pak Jaya (sapaan akrabnya).

Sementara itu, Instruktur Utama Fun Math & Science (FMS), Dwi Samto, mengatakan bahwa pola penguatan pendidikan karakter sebenarnya dapat dikenalkan dan dikemas dengan permainan interaktif, salah satunya Fun Math Science.

“Umumnya, setiap pelajar belum tersentuh jiwanya untuk belajar lebih jauh, jika tidak diiringi dengan aktivitas yang menyenangkan. Melalui FMS ini kita berharap, anak-anak tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan permainan interaktif yang mendidik, karena program ini kami datangkan langsung ke kampung Matematika,” kata Mas Dwi.

“Adapun beberapa program unggulan yang kami kenalkan, seperti: matematika eksplorasi, eksperimen sains, permainan interaktif untuk pendidikan karakter, dan di tambahkan dengan fun game activity,” tambahnya.

Diakhir kegiatan, pria kelahiran Bojonegoro 38 tahun silam ini berpesan kepada peserta. “Dalam hidup, jika ingin meraih kesuksesan harus memiliki pedoman 3 M, yakni, mulai dari yang kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari sekarang. Selain itu poin pentingnya adalah perbanyak berbuat baik sesama pelajar dengan saling tolong menolong, saling menghormati, dan pererat persaudaraan. Insya Allah apabila semua itu dijalankan, hidup akan semakin bermanfaat, “ tutupnya sambil diakhiri riuh tepuk tangan dari  para peserta.

 

Sumber: Tim FMS

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com