Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Kampung Matematika dan Toko Jarang Untung Destinasi “Liburan” MGMP Matematika

Foto: Liburan akhir semester tahun ajaran 2017/2018 telah tiba. Bukan hanya siswa yang berlibur. Guru pun turut menikmati suasana liburan. Sebanyak 23 guru yang tergabung dalam MGMP Matematika Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur II, memanfaatkan kesempatan liburan akhir semester dengan berkunjung ke Kampung Matematika Bogor. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Program Kompetensi Guru Matematika, yang dilaksanakan pada hari Rabu (20/12/2017).

Bogorplus.com-Ciomas-Kab.Bogor – Liburan akhir semester tahun ajaran 2017/2018 telah tiba. Bukan hanya siswa yang berlibur. Guru pun turut menikmati suasana liburan. Sebanyak 23 guru yang tergabung dalam MGMP Matematika Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur II, memanfaatkan kesempatan liburan akhir semester dengan berkunjung ke Kampung Matematika Bogor. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Program Kompetensi Guru Matematika, yang dilaksanakan pada hari Rabu (20/12/2017).

Berdasarkan pantauan tim www.bogorplus.com., kedatangan para guru di Kampung Matematika disambut hangat dan ceria oleh para warga sekitar serta anak-anak, dimana saat yang bersamaan anak-anak sedang mengikuti “Fun Math & Science”.

Foto: Tim MGMP Matematika Kecamatan Pasar Rebo di Sambut Warga dan di Ajak Melihat Lokasi

Instruktur Utama, Dwi Samto mengungkapkan rasa syukurnya atas kehadiran tim MGMP Matematika dari Jakarta. Selama kegiatan berlangsung, para guru dikenalkan cara interaktif dan komunikatif belajar matematika melalui permainan yang unik dan menarik bersama anak-anak dari kampung matematika.

Terlihat sejumlah guru, begitu menikmati saat bermain roda berhitung dan balapan balon. Bahkan anak-anak pun semakin bersemangat karena suasana begitu menyenangkan.

Kemudian, Kak Dwi berharap semoga acara hari ini bermanfaat bagi bapak/ibu guru untuk semakin termotivasi dalam memberikan pembelajaran matematika kepada anak. “Karena sesungguhnya belajar akan semakin berkesan, jika diawali dengan hal menyenangkan,” kata Kak Dwi.

Selain itu, kegiatan yang dimulai pada pukul 10.30-12.00 WIB membuat Ibu Rosnani, selaku Kepala Sekolah SMPN 251 Jakarta, angkat suara. “Kegiatan ini sangat berkesan untuk kami, meskipun diterapkan secara sederhana, namun pelaksanaanya sangat menarik. Saya berharap program ini dapat segera ditularkan ke berbagai sekolah dan rumah,” pungkasnya

Pasca bermain dan belajar bersama di Kampung Matematika, tim MGMP menutup akhir kegiatannya dengan berkunjung ke Toko Jarang Untung. Di tempat ini para peserta dapat membeli aneka buah tangan berupa kerajinan, makanan atau snack, permainan unik, dan cinderamata lainnya untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Menurut penuturan Riky Irawan, keunikan dari toko ini terletak pada filosofinya, yakni gotong royong. “Baru kali ini saya mendapati ada toko yang menjualkan produk dengan harga modal, lalu setiap pengunjung boleh memberikan keuntungan seikhlasnya (sesuai kemampuan). Kami cukup bangga dan senang karena dengan adanya toko ini dapat membantu sektor UMKM dan memotivasi para warga sekitar untuk melakukan inovasi produknya masing-masing,” tutup guru matematika SMP Islam PB Soedirman ini.

 

Sumber: FMS/RLDC/RG

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com