Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Libur Akhir Tahun, Ratusan Pelajar Ikuti “Pesantren Matematika”

 

Foto:Kurang lebih sebanyak 225 pelajar kelas 3 SD |sampai dengan Kelas 8 SMP yang berasal dari berbagai daerah begitu senang dan antusias menikmati liburan dalam acara bertajuk “Pesantren Matematika”.

Bogorplus.com-Kab.Bogor-Jawa Barat – Mengisi liburan akhir semester biasanya diisi dengan kunjungan ke berbagai tempat wisata favorit. Namun hal Berbeda dilakukan ratusan pelajar ini. Kurang lebih sebanyak 225 pelajar kelas 3 SD |sampai dengan Kelas 8 SMP yang berasal dari berbagai daerah begitu senang dan antusias menikmati liburan dalam acara bertajuk “Pesantren Matematika”. Kegiatan yang mengusung tema “Dengan Matematika, Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiah”, digelar pada tanggal 26 - 28 Desember 2017, bertempat di Pondok Pesantren Darul Muttaqien, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Seluruh peserta sangat antusias menikmati semua rangkaian acara, bahkan banyak pihak mulai dari kalangan orang tua, guru, dan anak-anak berharap agar durasi waktu pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan hingga 7 hari.

Foto: Suasana belajar di dalam kelas

Raden Ridwan Hasan Saputra, selaku Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA angkat suara perihal kegiatan pesantren Matematika. Ridwan Hasan Saputra mengungkapkan Harapannya bahwa suatu saat akan terlahir ilmuwan-ilmuwan muslim yang pernah ikut Pesantren Matematika di Pondok Pesantren Darul Muttaqien. Beliau berujar, “KPM dan Darul Muttaqien memiliki visi yang sama dan berkiprah untuk umat. Mimpi saya, dari kegiatan inilah akan terlahir ilmuwan-ilmuwan muslim di masa yang akan datang,” disambut tepuk tangan riuh dari para peserta.

Pak Ridwan lebih lanjut mengatakan, ”KPM dan Darul Muttaqien adalah aset umat, saat ini umat Islam sedang mengalami krisis ilmuwan muslim. Semoga digelarnya acara ini akan semakin menggugah para pelajar muslim untuk bersemangat dalam meraih cita-citanya,” tutup Peraih Tokoh Perubahan Republika 2013.

Foto: Raden Ridwan Hasan Saputra (Kiri) dan Ustadz Salim Rasmid (Kanan) memberikan sertifikat secara simbolis kepada peserta

Senada dengan Presiden Direktur KPM, atas nama pimpinan Pondok Pesantren Darul Muttaqien, K.H Mad Rodja Sukarta, yang diwakili Ustadz Salim Rasmid, menyatakan rasa syukur, bangga dan bahagia atas terselenggaranya kegiatan ini. Selain itu, ia berpesan kepada peserta, jadilah kita seorang ahli ilmu, jadilah kita seorang pembelajar, jadilah kita seorang pendengar setia, jadilah kita seorang pencinta ilmu, dan jangan menjadi yang kelima, yakni tidak termasuk dalam perkara 4 tersebut, tidak ingin berusaha dan belajar.

Pada akhir sambutannya, ia menegaskan, “Adik-adik adalah manusia pilihan. Oleh karena itu, raihlah pretasi setinggi mungkin, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia yang lain,” tutup ustadz Salim Rasmid.

Pantauan dari tim Bogorplus.com saat menyambangi kegiatan Pesantren Matematika, ternyata kegiatan yang bertema matematika, tidak sekedar belajar matematika saja, di dalamnya terdapat muatan penguatan pendidikan karakter melalui dinamika kelompok dan "Fun Math & Science", tata krama, ilmu bahasa arab, dan masih banyak lagi.

Kegiatan yang menerapkan sistem metode seikhlasnya (SMS) dalam skema pembiayaan kegiatan, mendapat tempat di hati para peserta. Seperti, Raditya Rizky R, pelajar kelas 7 SMPN 147 Jakarta mengatakan, “Pesantren kali ini sangat berbeda dengan yang pernah saya ikuti sebelumnya. Ilmu yang saya dapat lebih banyak, bagus, dan menarik. Tahun depan Insya Allah saya akan ikut serta lagi dalam kegiatan ini." ungkap Rzky

M Fauzan Aula M. menuturkan, “Kegiatannya sangat seru, banyak manfaatnya, dan juga saya belajar nilai moral positif. Pokoknya pesantren matematika adalah liburan yang sangat berkesan bagi Saya.” tutup pelajar kelas 6 SDIT At Taufiq Bogor.

Sumber: KPM Pendidikan

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com