Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Kreatif, KPM Cabang 7 Jakarta Ajak Ratusan Pelajarnya Berwisata Pendidikan di Kebun Raya Bogor

 

Bogorplus.com-Kota Bogor, Jawa Barat. – Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke Kebun Raya Bogor? Siapa sih yang tak kenal dengan Kebun Botani terbesar yang terletak di Jantung Kota Bogor-Jawa Barat. Destinasi wisata yang memiliki keindahan alam seluas 87 hektar ini ternyata bisa dijadikan sarana belajar edukasi MIPA  yang menyenangkan.

Adalah Klinik Pendidikan MIPA (KPM), yang menggagas program tersebut guna menerapkan konsep pembelajaran MIPA yang menyenangkan diluar kelas.

Dari sekian ribu pengunjung yang hadir, terlihat 1 rombongan yang berjumlah 160 pelajar dari Klinik Pendidikan MIPA Cabang 7 Jakarta tengah menikmati liburan akhir pekannya, minggu (08/04/2018). Namun, kunjungan yang digawangi Bapak Rijwan ini berbeda dari biasanya. Tak tanggung-tanggung, tema yang diangkat pun sangat menarik, yakni “Fun Math and Science Outdoor Learning”.

“Kita ingin memberikan nuansa belajar yang berbeda kepada anak didik di KPM Cabang 7 Jakarta, dan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor melalui program “Fun Math and Science Outdoor Learning” merupakan pilihan yang tepat,” kata Muhammad Rijwan saat diwawancara tim www.bogorplus.com disela-sela kegiatan, yang bertempat di Lapangan Randu, Kebun Raya Bogor.

Ayah dua anak ini menambahkan agar anak senang belajar MIPA, maka kenalkan mulai dari hal yang sederhana dan kontekstual dengan kehidupan nyata. “Jika sudah senang, anak akan terus menyelami materi tersebut dengan sendirinya. Sehingga kemanfaatan dari belajar MIPA yang telah didapatkan di KPM maupun sekolah semakin terasa bagi anak dan orangtua,” tegas M. Rijwan.

Dalam pantauan tim www.bogorplus.com, terlihat panitia menyiapkan 4 titik lokasi untuk menjadi sarana bermain dan belajar MIPA. Antusiasme yang dibungkus rasa bahagia terpancar dari para peserta, saat melakukan simulasi pembelajaran selama 90 menit. Adapun beberapa permainan matematika yang disimulasikan, di antaranya: tic tac toe 9, hoopers, ular tangga matematika, dan logix. Sedangkan untuk bidang sains terdiri dari: balapan balon, penyangga bola, rantai makanan, ekosistem dan ekologi. Semua aktivitas permainan yang dilakukan diarahkan untuk melatih kemampuan bernalar, berkomunikasi, dan berkolaborasi. Keterampilan yang galibnya dibutuhkan untuk hidup di abad 21 ini.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com