Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Tingkatkan Kualitas SDM, Anggota TNI Se-Korem 031/WB Berlatih Cara Berpikir Supra Rasional

Bogorplus.com-Pekanbaru-Riau. – Berbagai upaya telah dilakukan berbagai institusi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Tak terkecuali Korem 031/Wira Bima, Pekanbaru-Riau. Satuan kewilayahan yang berada dibawah komando Kodam 1/Bukit Barisan menggelar pelatihan peningkatan SDM melalui cara berpikir suprarasional yang dibawakan oleh motivator, Raden Ridwan Hasan Saputra di Aula Wiratama Makorem 031/Wira Bima, Jalan Mayor Ali Rasyid, 11 April - 12 April 2018.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari mendapatkan kesan positif dari jajaran Korem, khususnya Danrem 031/WB yang menginginkan prajurit di wilayah Korem bisa berpikir suprarasional dan menambah tabungan jiwa bagi diri dan keluarganya.

“Tidak dapat dielakkan lagi bahwa kehidupan saat ini semakin tak rasional. Bahkan bisa jadi, kita akan mengalami degradasi karena tantangan hidup di masa depan pun semakin beragam,” ungkap Brigadir Jenderal TNI Sonny Apriyanto dalam keterangan pers.

Perwira tinggi lulusan Akmil 1990 ini menambahkan, “Kami sangat bersyukur karena Pak Ridwan dapat berbagi ilmu dan pengalamannya kepada jajaran TNI. Disamping itu, Pak Ridwan juga memberikan pesan perihal langkah nyata yang harus dilakukan, yakni dengan memperbanyak ibadah, berbuat baik kepada lingkungan, dan ikhlas dalam menjalankan amanah."

Motivator Suprarasional, Raden Ridwan Hasan Saputra turut memberikan apresiasi pada pelatihan suprarasional yang sukses digelar selama dua hari dan dihadiri 450 peserta yang terdiri dari perwira, bintara, tamtama, dan pegawai negeri sipil, serta Persit Se-Korem 031/WB. 

“Suasana antusias tampak dari wajah para peserta pelatihan. Acara dikemas berbeda dan jauh dari kata biasa. Selain pembekalan berupa teori, peserta juga diajak untuk menuliskan hal yang dapat menambah dan mengurangi tabungan jiwa. Disamping itu, ada praktik langsung dalam melakukan aktivitas kebaikan, seperti: membersihkan jalan, membersihkan rumah ibadah, kunjungan ke panti asuhan, rumah sakit, dan sebagainya,” kata Ridwan HS.

Peraih Tokoh Perubahan Republika 2013 ini memberikan kiat agar menjadi SDM berkualitas lewat cara berpikir supra rasional. “Pertama, peningkatan kualitas SDM dimulai dengan mengubah paradigma berpikir. Jika kita sering menanam benih kebaikan, kita akan menuai kebaikan yang telah ditanam di masa depan.

Kedua, strategi penyelesaian masalah dengan cara berpikir suprarasional, anggota TNI harus memahami ilmu asal-muasal. Jadi, jika sudah memahami masalah, maka harus sudah mengetahui solusi penyelesaiannya.

“Ketiga, kita akan termotivasi untuk menjadi orang besar. Jika kita sudah berlatih cara berpikir ini, kita akan semakin dekat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena Tuhan telah memberikan modal agar kita bisa menjadi orang besar dengan memaksimalkan potensi yang ada di dalam dirinya. Bahkan berdasarkan kisah nyata, meskipun orang tuanya berpangkat tamtama, anaknya bisa masuk Akademi MILITER yang suatu saat karirnya bisa lebih baik dari orang tuanya. Hal tersebut akan mungkin terjadi kepada anggota TNI yang lain, jika secara konsisten menerapkan cara berpikir suprarasional."

 

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com