Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

KPM Membuka Pendaftaran Kompetisi Matematika Nasional dan Internasional

Bogorplus.com-Kab. Bogor-Jawa Barat. – Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah International Mathematics Wizards Challenge (IMWiC), 05 Mei - 06 Mei 2018 di Jakarta. Pada tahun ini, KPM pertama kalinya menggelar lomba berskala internasional, setelah sebelumnya pernah menyelenggarakan kegiatan serupa seperti AITMO, CFM, IMSO, dan sebagainya.

Rupanya kiprah KPM tak berhenti pada gelaran IMWiC saja, masih ada beberapa deretan kompetisi nasional dan internasional yang siap dihelat di tahun 2018 ini.

Bagi para pelajar yang gemar bermatematika dan ingin menyelami olimpiade matematika lebih jauh, KPM bisa jadi pilihan tepat beraktualisasi diri.

Tim www.bogorplus.com pada kesempatan kali ini berhasil merangkum 5 event kompetisi nasional dan internasional yang bisa jadi pilihan untuk mengasah kemampuan matematika, berikut ulasannya.

  1. International Mathematics Contest Singapore 2018

Ini bukanlah pertama kali tim KPM mengirimkan delegasinya ke ajang bergengsi tersebut. Sebelumnya, Indonesia sudah lebih dari 7 kali bertandang ke negeri singa dan telah meraih sejumlah penghargaan bergengsi.

Gelaran International Mathematics Contest merupakan kompetisi matematika internasional yang diselenggarakan  di Singapura oleh International Mathematics Contest Union China. Indonesia melalui Klinik Pendidikan MIPA merupakan salah satu kontingen resmi  IMC Union Cina. Peserta IMCS terdiri dari beberapa negara, seperti: Iran, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, China, Singapura, India, Filipina, Korea Selatan, Thailand, dan Indonesia.

Adapun waktu pelaksanaannya pada tanggal 27 Juli - 30 Juli 2018. Peserta yang berhak mengikuti kompetisi ini merupakan pelajar kelas 3 SD - 11 SMA (T.A 2017/2018) dari para finalis KMNR 13, siswa kelas khusus KPM, dan peserta yang telah melalui tahapan seleksi.

Tak hanya berkompetisi, disana juga para peserta dapat bertemu dengan para pelajar dari berbagai negara untuk menjalin persahabatan. Seru kan?

 

  1. Australian Mathematics Competition (AMC)

AMC adalah sebuah kompetisi matematika berskala Internasional yang diselenggarakan oleh Australian Mathematics Trust sejak tahun 1978. Dimana Klinik Pendidikan terpilih sebagai perwakilan tunggal untuk menggelar di Indonesia. 

Kompetisi ini terbuka untuk umum, mulai dari kelas 3 SD – 12 SMA. Para peserta juga akan merasakan nuansa berbeda dalam mengerjalan soal karena soal-soal yang disajikan unik, bervariasi, dan menyenangkan, serta tak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena pelaksanaannya. dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia, Kamis (09/08/2018) mendatang.

 

  1. Asia Mathematics Olympiad (AMO)

AMO menambah deretan kompetisi internasional yang akan digelar KPM di Indonesia. Kompetisi ini baru akan digelar pada tanggal 13 Mei 2018 (elimination round). Kemudian dilanjutkan babak pertama (first round) pada tanggal 10 Juni 2018, dan puncaknya babak final (final round) pada tanggal 22 Juli 2018 di Singapura.

  1. Olimpiade Matematika dan Sains Indonesia (OMSI) ke-3 Se-Indonesia.

OMSI adalah kompetisi bertaraf nasional yang  mengombinasikan bidang studi matematika dan sains. Lomba ini sangat cocok bagi siswa kelas 4 -  5 SD/Sederajat yang menginginkan tantangan berbeda. Sejak kehadirannya pada tahun 2016 lalu, OMSI telah menjadi pilihan lomba favorit bagi para pelajar di Indonesia. Meskipun dengan biaya pendaftaran seikhlasnya, para jawara OMSI nanti berpeluang mengikuti ajang internasional bergengsi, yakni Internasional Mathematics and Science Olympiad (IMSO) yang akan digelar di Cina mendatang.

KPM juga membuka kesempatan bagi para sekolah yang ingin bekerja sama melaksanakan kegiatan AMC, AMO, dan OMSI di wilayah masing-masing.  Informasi selengkapnya dapat menghubungi 08128546962

Sumber: Tim Diklat dan Lomba

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com