Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Serunya “Ngabuburit” Kreatif Ala Klinik Pendidikan MIPA di Kodim 0606/Kota Bogor

Foto: Klinik Pendidikan MIPA (KPM) selalu punya cara yang berbeda dalam menyajikan “rekreasi intelektual” bagi siswanya. Untuk kesekian kalinya, KPM menggelar “ngabuburit" (istilah bahasa sunda-menunggu waktu berbuka puasa) bersama siswa/siswi yang belajar di Kodim 0606/Kota Bogor, Jumat (18/05/2018).

Kota Bogor-Jawa Barat. – Klinik Pendidikan MIPA (KPM) selalu punya cara yang berbeda dalam menyajikan “rekreasi intelektual” bagi siswanya. Untuk kesekian kalinya, KPM menggelar “ngabuburit" (istilah bahasa sunda-menunggu waktu berbuka puasa) bersama siswa/siswi yang belajar di Kodim 0606/Kota Bogor, Jumat (18/05/2018). Acara yang bertajuk “Wisata Religi Matematika” ini berhasil menarik animo puluhan siswa dan orang tua yang datang sejak pukul 14.00 WIB.

Ngabuburit kali ini dibuka dengan sesi belajar matematika. Sesi kedua diramaikan dengan permainan outdoor learning. Kak Ihsan selaku fasilitator Fun Math and Science yang menyajikan permainan eksplorasi matematika, seperti: transfer hula hoop, transfer electric, tic tac toe, ular tangga, dan sebagainya. Dari permainan tersebut, semakin menambah semarak suasana di sore hari.

Foto: Keseruan saat bermain tic tac toe

Acara kali ini tak hanya dihadiri para siswa saja. Melainkan dihadiri para orang tua yang turut serta dan tak ingin melewatkan momen berharga ini karena dinilai mampu memperoleh tali silaturahim. Selain itu, para orang tua juga rela datang dengan membawa makanan dari rumah masing-masing untuk disajikan  dan disantap saat datang waktu berbuka puasa.

Hidangan istimewa pun disajikan khusus oleh orang tua sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Swt. Beberapa hidangan tersebut di antaranya: es buah, gorengan, hingga beragam menu makanan manis.

Menjelang buka puasa, salah satu guru KPM, Bapak Heru Sumarsono mengisi sesi tausiyah. Dalam pesannya, Pak Heru menyampaikan tentang arti pentingnya keikhlasan dalam menjalankan ibadah puasa dan melatih sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari. “Jika sesuatunya dilandasi rasa keikhlasan, Insya Allah akan menjadi motivasi yang luar biasa. Disamping itu, pentingnya menjunjung tinggi sebuah kejujuran karena makna puasa sendiri melatih kita agar menjadi pribadi yang jujur (Siddiq). Insya Allah jika kedua hal ini kita jalani dengan istiqomah, setelah bulan Ramadan kita akan mendapat gelar orang-orang yang saleh,” terang Pak Heru.

Sementara itu, Siti Nurmalasari selaku Pimpinan Divisi Pendidikan KPM mengaku bersyukur atas kelancaran dan terselenggaranya acara ini. “Alhamdulillah kegiatan wisata religi matematika di Kodim 0606/Kota Bogor berjalan dengan lancar. Kami ucapkan terima kasih kepada Makodim 0606/Kota Bogor karena telah mengizinkan tempatnya menjadi ajang silaturahim keluarga KPM yang belajar di Makodim,” tutur Teh Mala (sapaan akrabnya) kepada BogorPlus.com.

Program buka puasa bersama ini meninggalkan kesan mendalam bagi para orang tua. Hal ini membuktikan bahwa sinergi Kodim dan KPM sangat efektif dalam mewujudkan masyarakat yang memiliki jiwa kepedulian dan semangat gotong royong. “Saya sangat mendukung kegiatan semacam ini.  Alhamdulillah selama ini juga kami terbantu dengan adanya program belajar matematika di Makodim. Selain itu, yang membuat kami rajin mengantar anak-anak ke Kodim adalah sikap humanis dari anggota TNI,” tutur Ibu Ria Fitri.

 

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com