Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Kini Belajar MIPA Melalui Pendekatan Nalar & HOTS bisa di RPM

Bogorplus.com-Kab.Bogor-Jawa Barat. – Ingin belajar matematika berbasis MNR & HOTS bersama Klinik Pendidikan MIPA? DI mana saja lokasi belajarnya? Pertanyaan seperti inilah yang acap kali diutarakan oleh warga net di facebook KPM Seikhlasnya.

Lembaga nirlaba yang berdiri sejak tahun 2001 ini telah sukses menyuguhkan metode pembelajaran yang unik dan menantang keterampilan berpikir anak. Tentunya, gagasan tersebut tak terlepas dari figur Raden Ridwan Hasan Saputra dan tim Klinik Pendidikan MIPA. Selain itu, KPM juga dikenal masyarakat dengan sistem bayaran seikhlasnya sehingga semua orang bisa belajar MNR & HOTS tanpa kendala biaya.

Seiring berjalannya waktu, jumlah pelajar yang bergabung di KPM pun semakin meningkat. Sehingga membuat lokasi belajar tidak cukup untuk menampung jumlah siswa yang hadir. Selain itu, jarak yang jauh antara rumah siswa dan lokasi menjadi faktor lain.

Berdasarkan fakta tersebut, KPM terus berinovasi dengan membuat program Rumah Pendidikan MIPA (RPM). KPM pun ingin memudahkan siapa saja yang ingin belajar matematika tanpa halangan serta terkendala biaya. Bekerja sama dengan masyarakat yang peduli terhadap pendidikan, KPM mengembangkan RPM ke berbagai daerah di Indonesia agar dapat memfasilitasi para pelajar yang ingin mengembangkan kemampuan matematika dan ipa (MIPA) bersama KPM.

Taufik Hidayah selaku Kepala Divisi Jaringan KPM Pusat mengaku bersyukur atas kepercayaan publik terhadap KPM. “Alhamdulillah KPM dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat. Kehadiran RPM juga bertujuan menyebarkan Sistem Metode Seikhlasnya (SMS) dan Matematika Nalaria Realistik (MNR) ke berbagai kalangan yang tak bisa dijangkau oleh KPM maupun Cabang,” kata Taufik.

Disamping itu, Taufik menambahkan, siapa pun dapat mendirikan RPM. Namun, tetap mengikuti syarat yang telah ditentukan oleh KPM. “Tempat  belajar saat ini yang digunakan pun beragam, seperti rumah, balai desa, sarana ibadah, dan tempat lainnya. Harapannya, dari RPM inilah semoga dapat melahirkan generasi yang berkualitas yang mampu membawa membawa perubahan bagi bangsa,” harapnya.

Foto: Suasana belajar di RPM Sako-Palembang

Pemilik RPM di wilayah Cibinong dan Malang, Arif Zulkarnaen saat dihubungi lewat telepon seluler (23/05/2018) mengungkapkan bahwa dirinya senang karena dapat menemukan sistem yang khas dan sesuai bidang yang diminatinya di dunia pendidikan.

“Dengan SMS serta mengajarkan matematika secara nalar (HOTS) membuat KPM menjadi unik daripada lembaga lain,” ujar alumnus Universitas Brawijaya.

Arif menuturkan, "Saya bersyukur karena para pengelola dan guru RPM selalu dibekali dengan pelatihan-pelatihan yang membuat kita tetap sebagai manusia pembelajar. Semoga RPM menjadi solusi sekaligus inovasi ditengah tantangan yang dihadapi bangsa dalam bidang pendidikan,” harapnya

Berikut daftar Rumah Pendidikan MIPA yang berhasil dihimpun tim bogorplus.com. Semoga dapat berguna bagi Anda yang berminat mengikutsertakan putra-putrinya belajar di lembaga ini pada tahun ajaran 2018/2019. Informasi lebih lanjut dan membuka kerja sama dapat menghubungi 081280341100 (Ibu Karlina)

  1. RPM Cibinong-Kab. Bogor
  2. RPM Cikarang-Bekasi
  3. RPM Limo-Depok
  4. RPM Pamulang-Tangerang Selatan
  5. RPM Sako-Palembang
  6. RPM Kreatifitasku-Cibinong
  7. RPM P2KPI-Jakarta Selatan
  8. RPM Duta Sarana Rizki-Bandung Barat
  9. RPM Sukabumi-Kab. Sukabumi
  10. RPM Kramatdjati-Jakarta Timur
  11. RPM Magelang-Magelang
  12. RPM Pondok Sinau Cinere-Depok
  13. RPM Bintang-Depok
  14. RPM Griya Anak Cerdas-Depok
  15. RPM Bersama-Depok
  16. RPM Roudhoh-Depok
  17. RPM Baitussalam-Kota Bogor
  18. RPM Jati Padang-Jakarta Selatan
  19. RPM Asy-Syafi’-Tangerang
  20. RPM B’MAM-Solo
  21. RPM Al Khair-Tangerang
  22. RPM An Nafii-Depok
  23. RPM Bitama Smart Education-Depok
  24. RPM Baitul Izzah-Depok
  25. RPM Hidayah-Depok
  26. RPM Ikhlas Berbagi-Depok
  27. RPM Ceria-Depok
  28. RPM Ciganjur-Jakarta Selatan
  29. RPM Rumah Hebat-Sukoharjo

 

Sumber: KPM Jaringan

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com