Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Strategi Melejitkan Potensi Cabang Klinik Pendidikan MIPA

Foto bersama peserta pelatihan cabang dan staf di akhir kegiatan/Dok: Tim Diklat

Bogorplus.com-Kab.Bogor-Jawa Barat -- Sebagai wujud komitmen Klinik Pendidikan MIPA (KPM) dalam memperluas cabang dan mitra di berbagai Indonesia, puluhan kepala Rumah Pendidikan MIPA (RPM) dan cabang KPM hadir di pelatihan kepala cabang dan staf yang digelar pada tanggal 22 Juni – 28 Juni 2018, bertempat di Padepokan Amir Syahrudin. Acara yang digagas oleh Presiden Direktur KPM, selain untuk meningkatkan kualitas kepala cabang dan staf, juga bertujuan  membekali ilmu sekaligus simulasi kegiatan operasional kegiatan di KPM pusat.

Kegiatan yang berlangsung selama satu pekan ini diikuti oleh 29 peserta yang berasal dari wilayah Surabaya, Malang, Lumajang, Madiun, Solo, Jombang, Jakarta, Sukabumi, Bekasi, Depok, Bekasi, Cikarang, Serang, Bojonegoro, dan Sidoarjo. Meskipun terasa singkat, namun kegiatan tersebut berhasil meninggalkan kesan mendalam dan mendapatkan apresiasi dari para peserta.

Pelaksanaan pembukaan kegiatan pelatihan ini dibuka dengan sambutan serta apresiasi dan motivasi yang langsung disampaikan oleh Presiden Direktur KPM, Raden Ridwan Hasan Saputra. Dalam sambutannya, motivator suprarasional ini berpesan bahwa pelatihan ini dapat menyamakan visi dan gerak langkah dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan KPM. Selain itu, pelatihan ini sekaligus dapat memberikan pengalaman dan ilmu baru bagaimana mengoptimalkan tiga antena kehidupan (cara berpikir suprarasional), seperti akal, hati, dan panca indera dalam rangka mendorong pencapaian kinerja maksimal di wilayahnya masing-masing.

Hal senada juga diungkapkan H. Moh Arodhi selaku ketua tim pelatih. “Memiliki cabang atau mitra yang sehat, aktif, dan memiliki integritas tinggi merupakan harapan KPM Pusat (Bogor) dalam menyambut tahun ajaran 2018/2019,” ungkap Arodhi.

Ia menilai cabang/mitra memiliki peran strategis dalam “mengedarkan” virus kebaikan dari lembaga Klinik Pendidikan MIPA. Terlebih, cabang/mitra merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tak ayal, kualitas dan integritas sesuai standar kelembagaan menjadi sebuah keharusan yang diterapkan di berbagai cabang/mitra KPM secara paripurna.

Foto: Drs. H. Moh Arodhi/Ketua tim pelatih/Dok. M. Abdul Afif

Pantauan tim Bogorplus.com, yang menarik dalam pelaksanaan pelatihan yang digelar KPM, peserta diajak mempelajari SOP dari semua divisi yang ada di KPM, seperti: bidang pendidikan, lomba, pelatihan, jaringan hingga penulisan siaran pers. Tak hanya itu, peserta juga dibekali pelatihan karakter dasar berdasarkan cara berpikir suprarasional dan menyambangi toko jarang untung, cafe basi, serta kampung matematika. Selain penyajian materi yang menarik dari setiap divisi di KPM Pusat, peserta juga bisa langsung mengobservasi kegiatan ke setiap divisi yang ada di KPM.

Foto: Peserta mengunjungi toko jarang untung

“Saya berterima kasih kepada tim pelatihan yang telah mengagendakan pelatihan ini. Dengan adanya pelatihan ini, saya jadi lebih tahu proses operasional yang ada di KPM Pusat. Seperti yang sudah disampaikan pak Ridwan, orang itu harus diisi elektromagnetiknya, diisi lagi, dan diisi lagi. Pelatihan ini sangat berarti penting bagi saya.” terang M. Abu Mukhlison (Cabang Jombang, Jawa Timur).

Sementara itu, Kepala KPM Cabang 3 Depok, Ratisa Meyusni mengaku bersyukur dan mengalami peningkatan pengetahuan pasca mengikuti pelatihan. Hal tersebut tak terlepas dari tujuan pelatihan itu sendiri, yakni mengoptimalkan potensi cabang dan mitra KPM.

Di sisi lain, potensi tersebut akan terbentuk jika seluruh cabang/mitra menjaga soliditas yang telah dibangun sesuai visi-misi KPM. “Dapat dimulai dari hal kecil, misalnya, saling mendukung, tukar-menukar gagasan hingga silaturahim ke kantor-kantor cabang/mitra KPM,” urai Ibu Tisa (sapaan akrab) seraya mendapat tepuk tangan riuh dari peserta lain.

Tim Media 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com