Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Tim Indonesia-KPM Raih Prestasi di Ajang Olimpiade Matematika, Sozopol, Bulgaria

Tim Indonesia - KPM yang dipimpin Raden Ridwan Hasan Saputra membawa dua tim (8 pelajar) terpilih untuk berlaga di 1st International Festival Mathematical Triathlon Apollonia pada tanggal 26-29 Juni 2018

Bogorplus.com-Sozopol-Bulgaria – Tim Indonesia melalui lembaga Klinik Pendidikan MIPA (KPM) mengakhiri lawatannya di Sozopol, Bulgaria dengan meraih sejumlah penghargaan. Ajang yang bertema 1st International Festival Mathematical Triathlon Apollonia (MTA) sukses mengharumkan nama bangsa bersama kontingen dari negara lainnya, seperti: Filipina, Ukraina, dan tuan rumah Bulgaria, Jum’at (29/06/2018). Adapun penghargaan yang telah diraih yakni, 1st place untuk bidang Combinatorics, 2nd place untuk bidang Geometry,  2 silver medals pada kategori overall, 2 bronze medals pada kategori overall, dan, 4 merit pada kategori overall.

Tim Indonesia - KPM yang dipimpin Raden Ridwan Hasan Saputra membawa dua tim (8 pelajar) terpilih untuk berlaga di 1st International Festival Mathematical Triathlon Apollonia pada tanggal 26-29 Juni 2018.

Sebelum bertolak ke Bulgaria, tim Indonesia-KPM telah menjalani karantina selama 2 tahap, yakni pada tanggal 03-09 Juni 2018, sedangkan tahap 2 pada tanggal 21-25 Juni 2018 (SD), bertempat di Padepokan Amir Syahrudin, Klinik Pendidikan MIPA, Kab. Bogor - Jawa Barat. Selama proses pembinaan, seluruh peserta telah mendalami materi dalam rangka persiapan kompetisi di Sozopol, Bulgaria.

Raden Ridwan Hasan Saputra selaku team leader mengungkapkan rasa syukur  atas raihan yang telah dicapai tim KPM. Terlebih, kompetisi ini merupakan event pertama yang diikuti. Pak Ridwan juga menyampaikan bahwa soal-soal yang disajikan pun menarik dan jarang ditemui pada soal-soal olimpiade di Indonesia yang berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills).

“Dengan kategori soal yang sangat sulit dan unik, tak ayal waktu yang dimiliki siswa dalam mengerjakan soal bisa 3 -  4 jam di setiap bidangnya,” tuturnya.

Pria yang kerap mengisi pelatihan motivasi suprarasional ini mengaku tantangan yang dihadapi cukup berat. Namun, prestasi yang diraih sangat membanggakan. “Kami bersyukur atas capaian yang didapat. Semoga dapat memberikan pengalaman yang berkesan di event yang pertama ini sekaligus bisa membuat Indonesia semakin bersinar di bidang matematika dan memotivasi untuk semakin semangat mendalami soal berbasis HOTS".

Berikut deretan nama peserta dari tim Indonesia KPM yang mendapatkan penghargaan pada ajang 1st International Festival Mathematical Triathlon Apollonia:

  1. Muhammad Ilham Al Farisi (kelas 6 SDIT Ummul Quro Bogor) berhasil meraih 1st Place pada bidang Combinatorics dan silver medals.
  2. Maulana Satya Adigama (kelas 6 SD Muhammadiyah 2 Sapen Yogyakarta) berhasil meraih 2nd place pada bidang Geometry dan silver medals.
  3. Amara Khairunnisa Dinata (kelas 6 SD Pertiwi Bogor) berhasil meraih bronze medals.
  4. Nisrina Fathiyya Nugraha (kelas 6 SDIT Nurul Fikri Depok) berhasil meraih bronze medals.
  5. Pasha Razaka Fitrah Madjid (kelas 6 SDI Al Azhar 13 Rawamangun Jakarta) berhasil meraih merit.
  6. Farel Zakwan Andarya (kelas 6 SDN Cibatok 3 Bogor) berhasil meraih merit.
  7. Jefferson Evans Manadi (kelas 6 SDK 6 Penabur Kelapa Gading Jakarta) berhasil meraih merit;
  8. Teuku Arkansyah Ali (kelas 6 SDN Rawamangun 12 Pagi Jakarta) berhasil meraih merit.

Setelah mengakhiri beragam kegiatan di Sozopol, Tim Indonesia-KPM bertolak ke Burgas, Bulgaria untuk mengikuti kompetisi selanjutnya, yakni "Bulgaria International Mathematics Competition (BIMC) 2018" yang akan diikuti oleh 32 negara peserta pada tanggal 01-06 Juli 2018.

Tim Media

 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com