Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Gemar Menulis Soal Unik Matematika? Yuk Ikuti Kompetisi AMC 2018

Bogorplus.com— Bagi para pelajar yang memiliki hobi matematika, apalagi terbiasa mengulik soal-soal unik dan menantang, tak ada salahnya coba ikuti kompetisi yang satu ini. Event berskala internasional yang bertajuk Australian Mathematics Competition (AMC) ke-41 siap menyapa para pelajar Indonesia secara serentak pada tanggal 09 Agustus 2018 mendatang.

Dilansir dari situs www.kpmseikhlasnya.com, Australian Mathematics Competition (AMC) merupakan kompetisi matematika berskala internasional yang diselenggarakan Australian Mathematics Trust sejak tahun 1978. Kompetisi ini dapat diikuti oleh pelajar kelas 3 SD - 12 SMA.

Di Indonesia, pelaksanaan AMC menggandeng Klinik Pendidikan MIPA (KPM) sebagai penyelenggara tunggal. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena para pelajar Indonesia tak perlu jauh-jauh ke Australia (luar negeri) untuk mencicipi soal unik tersebut.

Soal-soal yg disajikan di AMC dikatakan unik karena membutuhkan keterampilan dalam bernalar untuk dapat menemukan solusinya. Setiap peserta AMC juga mendapatkan hasil analisis kemampuan matematikanya setelah mengikuti kompetisi. Analisis ini berdasarkan tipe soal yg disajikan dalam AMC.

Muchammad Fachri selaku Kepala Divisi Lomba KPM mengungkapkan pentingnya kompetisi ini bagi pelajar. “Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kompetisi ini selalu ramai digandrungi ribuan pelajar dari berbagai wilayah di Indonesia dan telah melahirkan pelajar berprestasi. Selain itu, soal yang unik dan lokasi yang mudah dijangkau menjadi daya tarik tersendiri bagi orang tua dan peserta,” ujar Fachri.

Kemudian Fachri menambahkan, masih ada manfaat lain yang akan didapatkan peserta. “Mengingat levelnya internasional, setiap peserta terbaik akan mendapatkan sertifikat bertaraf internasional dan akan disediakan soal tes yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. “Semoga dari kompetisi ini diharapkan muncul bibit-bibit unggul di bidang matematika,” tutup Fachri.

Lalu, bagaimana caranya jika para pelajar Indonesia ingin mengikuti AMC? Tim bogorplus.com berkesempatan bertemu tim lomba KPM yang bernama Ibu Ninna saat menyambangi kantor Klinik Pendidikan MIPA (KPM) yang berjarak 7 KM dari pusat Kota Bogor, tepatnya di Pagelaran, Ciomas -Kab.Bogor.

Ibu Ninna mengatakan bahwa pendaftaran AMC tahun ini sudah dibuka sejak bulan Januari 2018. “Awal bulan Januari  2018 sudah dibuka. Jumlah pesertanya pun semakin hari terus bertambah seiring jelang penutupan pada tanggal 26 Juli 2018. KPM juga memberikan kemudahan bagi yang ingin mendaftar lewat online dengan membuka link berikut https://bit.ly/2tTrlsA,” terangnya.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com