Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Menelisik Lebih Jauh Perhelatan Kompetisi AMC 2018

Bogorplus.com – Bagi para pelajar di Indonesia mungkin sudah tak asing lagi dengan perhelatan kompetisi matematika internasional yang bertajuk Australian Mathematics Competition (AMC). Event berskala internasional yang berasal dari negeri kangguru ini siap menyapa para pelajar Indonesia secara serentak pada tanggal 09 Agustus 2018 mendatang.

Bicara soal kompetisi, maka tak terlepas dari jenis soal dan penghargaan. Oleh karena itu, penting sekali bagi peserta agar memahami seluk-beluk kompetisi AMC agar bisa meraih hasil maksimal. Setidaknya tiga informasi di bawah ini dapat membantu peserta memahami kompetisi AMC 2018.

Pertama, peserta harus mengerjakan soal yang berjumlah 30 butir yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda dan 5 soal isian singkat. Adapun waktu pengerjaan selama 60 menit (SD) dan 75 menit (SMP-SMA) serta dibagi dalam 5 kategori, yakni Middle Primary Division (kelas 3 & 4 SD), Junior Secondary Division (kelas 7 & 8 SMP), Intermediate Division (Kelas 9 SMP & 10 SMA), dan Senior Division (Kelas 11 & 12 SMA).

Yang perlu dicermati lagi adalah terkait sistem penilaian. Soal nomor 1-10 (bernilai 3 poin), soal nomor 11-20 (bernilai 4 poin), dan soal nomor 21-25 (bernilai 5 poin). Sedangkan soal nomor 26-30 untuk isian singkat (bernilai 6,7,8,9, dan 10) secara berurutan. Di samping itu, tak ada pengurangan nilai untuk jawaban yang salah.

Kedua, lembar kerja yang telah diisi peserta akan dinilai oleh tim analisis dari pakar matematika di Australia. Adapun untuk pengumuman hasil akan disampaikan setelah 60 hari kerja pasca tes AMC. Sedangkan untuk pemberian sertifikat dilaksanakan 90 hari kerja sejak AMC dilaksanakan.

Ketiga, setelah melalui proses penilaian oleh tim analisis dari pakar matematika Australia, peserta yang berhasil menorehkan prestasi terbaik akan dianugerahi penghargaan. Saat ini, tercatat enam penghargaan umum dan tiga penghargaan khusus, di antaranya: Prize, High Distinction, Distinction, Credit, Proficiency, dan Participation. Selain itu, terdapat penghargaan khusus, seperti: Prudence, Medals, dan Peter O’Halloran Award.

Bagi yang belum mendaftar, kami tunggu pendaftarannya dengan cara membuka link berikut https://bit.ly/2tTrlsA atau dapat menghubungi tim cabang/mitra KPM terdekat. Informasi selengkapnya dapat menghubungi Ibu Ninna 081310343400.

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com