Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Kemenangan PSSI U 16 dan ilmu Suprarasional

(Oleh: Rama Hendarto B, Pengagum Ilmu Suprarasional)
Sumber foto: Republika.co.id

Ketika komentator mengatakan sebagian dari keuntungan tiket semifinal kejuaraan sepakbola AFF U-16 didonasikan kepada korban bencana alam di Lombok NTB, penulis yakin Indonesia pasti melangkah ke final. Benar saja, selang beberapa menit kemudian, kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk kemenangan Indonesia.

Dalam kaca mata ilmu suprarasional, ketika tabungan jiwa (pahala) secara kolektif bertambah, maka keberhasilanlah hasilnya. Selaras dengan gagasan Bapak Ridwan Hasan Saputra, motivator Suprarasional, kemenangan menjadi bonus ketika tujuan utama mengabdi kepada Tuhan telah dilakukan, baik pengabdian yang bersifat ibadah maupun berbuat baik kepada sesama makhluk Tuhan.

Hal ini dibuktikan kembali ketika timnas Indonesia U-16 berhadapan dengan timnas Thailand U-16 di babak final. Efek suprarasional masih berlanjut, saat running text menayangkan donasi PSSI sebesar 1 milyar rupiah untuk korban bencana alam di Lombok, terjadilah kemenangan yang ditunggu-tunggu seluruh rakyat Indonesia. Timnas Indonesia U-16 mengandaskan timnas Thailand U-16 lewat drama adu penalti. Ketika kita tidak pernah menang  melawan tim kuat seperti Thailand, hal ini bisa diruntuhkan dengan cara berpikir suprarasional. Donasi atau sedekah pada korban gempa di Lombok menjadi faktor pelengkap yang mengantarkan timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF 2018.

Kekuatan cara berpikir suprarasional masih dibutuhkan untuk mengarungi ajang Piala Asia berikutnya pada 20 September-7 Oktober 2018 mendatang di Malaysia. Lawan lebih kuat dan lebih tangguh akan dihadapi timnas PSSI U-16 di grup C seperti Iran, India, dan Vietnam. Namun, penulis meyakini dengan kemampuan olah fisik, olah strategi, dan dengan ikhtiar perbuatan kebajikan secara kolektif dari seluruh elemen bangsa (misal, memberikan donasi kepada saudara sebangsa yang sedang ditimpa musibah), bukan hal mustahil jika timnas U-16 dapat menjuarai piala asia bahkan piala dunia, serta semakin mengokohkan nilai persatuan dan kesatuan bangsa yang kita cintai ini.

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com