Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Serunya Belajar Matematika Lewat Permainan Kartu Nara

Foto: Keceriaan anak-anak saat menjajal permainan Kartu Nara. Belajar Matematika kini semakin menyenangkan/ Dok. KPM

Ciomas-Kab.Bogor— Ada yang mengatakan jika belajar matematika itu sulit. Mungkin masih banyak ungkapan lain yang menggambarkan kengerian saat menghadapi pelajaran berhitung yang satu ini, terutama bagi kalangan anak-anak. Namun, bagaimana jika belajar matematika disajikan dalam sebuah permainan? Wah, sudah pasti belajar akan semakin menyenangkan, bukan?

Melihat kondisi ini, pegiat pendidikan yang juga merupakan Tokoh Perubahan Republika 2013, yakni Raden Ridwan Hasan Saputra menciptakan permainan unik agar anak-anak menyenangi matematika. Permainan itu bernama “Kartu Nara/Nara Game”.

Kartu Nara (Nata Alam Raya/Nara Game) merupakan sebuah permainan kartu yang diperuntukkan bagi siswa untuk melatih operasi hitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Selain itu, manfaat dari permainan ini juga memperkenalkan tentang bilangan terbesar, bilangan terkecil hingga pecahan sederhana.


Foto: Kartu Nara/Dok. KPM

Kartu Nara cocok dimainkan bagi kalangan pelajar SD, SMP, SMA, guru, hingga kalangan masyarakat umum. Di dalam permainan ini juga telah disediakan kartu dari angka 0-9 sebanyak 6 set (total ada 60 kartu), aturan permainan, dan papan panduan operasi.

“Keunggulan dari permainan ini adalah sederhana dan mudah dipahami aturan bermainnya. Selain itu, mudah untuk dibuat sebagai alat peraga dan menyenangkan sebagai wujud praktik berhitung dasar. Bahkan, kartu nara dapat meningkatkan kemampuan nalar anak melalui strategi yang dilakukan dalam rangka memenangkan permainan,” ujar Litbang Klinik Pendidikan MIPA, Teguh Imam Agus Hidayat.

Foto: Tidak hanya disukai anak-anak, permainan Kartu Nara pun digandrungi kalangan dewasa/Dok. KPM

Permainan Kartu Nara sudah bisa didapatkan di Toko Matematika, Laladon, Ciomas-Kab. Bogor. Bagi sahabat yang berminat untuk memiliki permainan tersebut dapat memesan/menghubungi tim Toko Matematika (081284585755). Adapun harga permainan Nara cukup terjangkau, yakni Rp. 20.000 untuk 1 paket permainan. Bagaimana sahabat, cukup menarik bukan? Selain mengusung tema “Belajar Matematika lewat Permainan”, permainan ini ditunjukkan agar anak-anak tak hanya bermain gadget, tetapi juga melakukan gerak fisik (tangan).

Tim Media

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com