Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Resensi Buku Sains Nalaria Realistik (SNR)

Foto: Kumpulan buku Sains Nalaria Realistik (SNR)/Dok. KPM

Judul               : Sains Nalaria Realistik (SNR)

Penulis            : Tim Sains KPM

Editor              : Tim Sains KPM

Penerbit           : Klinik Pendidikan MIPA

Cetakan           : Cetakan I, Mei 2018

Ukuran            : 17 cm x 24,5 cm

Buku Sains Nalaria Realistik karya Tim IPA KPM ini telah berhasil menyampaikan materi IPA dengan mengutamakan perkembangan pada pengembangan daya nalar siswa. Sehingga siswa dipersiapkan untuk dapat memecahkan persoalan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kumpulan soalnya bertahap berdasarkan metode Sains Nalaria Realistik (SNR). Meskipun menggunakan metode SNR, penggunaan bahasa yang digunakan dalam buku ini sangat  mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, buku ini juga telah disesuaikan dengan kemampuan pemahaman siswa sekolah dalam memahami materi dan menjawab soal-soal, sehingga harapannya dapat memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan di sekolah bahkan untuk menaklukkan soal HOTS. Keunggulan lainnya dari buku SNR ini adalah tata letak yang baik dan dikemas dengan tampilan yang menarik sehingga membuat siswa tidak bosan untuk membacanya.

Manfaat metode SNR adalah siswa akan lebih mudah memahami materi sains, menghasilkan siswa yang terlatih penalarannya. Bahkan tidak hanya berdampak pada pelajaran sains, siswa juga akan lebih mudah memahami pelajaran lainnya karena kemampuan nalarnya telah terasah. Sehingga, siswa siap menghadapi soal apapun dalam berbagai kompetisi di bidang sains dan bidang umum lainnya. Tak hanya itu, siswa akan terampil dalam  melakukan eksperimen sains dan terbiasa berpikir secara ilmiah.

Buku yang tersedia dari kelas 3 SD hingga kelas 8 SMP ini, selain unggul dalam penerapan metode Sains Nalaria Realistik-nya (SNR), tetapi juga unggul dalam soal HOTS nya. Ciri khas metode Sains Nalaria realistik (SNR) yang mendukung dalam pemecahan soal HOTS yaitu menekankan pada penggunaan penalaran dalam memahami konsep sains. Dengan meningkatnya nalar siswa, hal ini akan berdampak pada peningkatan keterampilan pemahaman, daya konsep serta penalaran & komunikasi siswa, khususnya dalam materi sains. Dan yang menjadi ciri khas metode SNR ini dalam menunjang pemecahan soal HOTS siswa adalah adanya pemahaman lanjut tentang pemecahan masalah serta pemberian soal eksplorasi dan praktikum sains dikemas dengan metode pengajaran yang menarik dan memudahkan siswa dalam memahami materi IPA.

Buku yang terbit pada Mei 2018 ini, terdiri dari  beberapa tahapan, yaitu pemberian peta konsep, pemberian masalah nyata, pemahaman konsep, penalaran komunikasi dan eksplorasi. Peta konsep yang diberikan tidak seperti kebanyakan buku paket lainnya. Pada peta konsep, siswa diberikan ruang untuk menuliskan dan melengkapi diagram yang kosong. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa atas penguasaan materi. Pemberian soal masalah nyata bertujuan agar siswa tertarik untuk mengikuti materi tersebut karena terlibat dan merasa berkepentingan untuk mempelajarinya. Pemberian soal pemahaman konsep bertujuan untuk memperkuat teori dasar tentang materi IPA. Sedangkan soal penalaran dan komunikasi bertujuan untuk meningkatkan daya nalar dan menuangkan ide serta gagasannya, baik secara tertulis maupun lisan. Di bagian akhir dari setiap bab yang dibahas dalam buku ini diselingi dengan soal eksplorasi yang bertujuan sebagai penyegaran dan sekaligus mengembangkan daya observasi siswa setelah mendapatkan materi. Selain itu, soal eksplorasi juga bertujuan untuk membuat pemahaman materi tersebut menjadi mudah dan menyenangkan bagi siswa.

Buku ini juga dilengkapi dengan soal review UTS dan UAS dan kumpulan soal UN (khusus untuk Buku SNR kelas 6). Tentunya buku ini menjadi buku pegangan wajib untuk seluruh siswa yang belajar di KPM. Meskipun begitu,  masyarakat bisa memiliki buku ini. Buku ini sangat cocok digunakan sebagai buku pegangan oleh seluruh siswa yang ingin memahami materi IPA dengan lebih mudah. So, grab it fast!

Sumber: Febie Leona Tiffany 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com