Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Dua Pekan Digelar, Uji Soal MNR 2018 Tembus Ratusan Ribu Peserta

Foto: Uji Soal MNR digelar di SDIT Al Khairaat Jakarta/Dok. Facebook KPM Jakarta

BOGORPLUS.COM-Bogor-Jawa Barat – Dua pekan lebih digelar, event Uji Soal MNR 2018 dibanjiri sekolah pendaftar. Menurut informasi yang diterima dari tim Klinik Pendidikan MIPA, tercatat jumlah peserta dari seluruh daerah mencapai 100.000 peserta. Event yang digelar sejak tanggal 13 September 2018 berhasil menyita perhatian insan pendidikan, khususnya sekolah karena disinyalir membawa segudang manfaat bagi peserta didik maupun sekolah.

“Angka ini masih akan terus bertambah, seiring akan berakhirnya masa Ujian Tengah Semester (UTS) diberbagai sekolah,” ungkap Muchammad Fachri selaku Kepala Divisi Lomba KPM.

Hal senada juga diungkapkan salah satu tim KPM Cabang Surabaya, yakni Ibu Hamidah yang mengaku meskipun masih dalam suasana Ujian Tengah Semester tak menyurutkan sekolah Se-Jawa Timur untuk mengikutsertakan pelajarnya pada Uji Soal MNR. “Alhamdulillah untuk Surabaya sendiri sudah mencapai 19.410 peserta. Jumlah ini belum digabung dengan data Se-Jawa Timur,” ungkapnya.

Foto: Uji Soal MNR di SDI Al Azhar 12 Cikarang/Dok. RPM Cikarang

Sementara itu, di wilayah DKI Jakarta, KPM Cabang Jakarta, Siti Khoerunnisa menyebutkan sudah ada ribuan peserta dari 17 lembaga yang sudah menjadwalkan untuk turut andil dalam event terbesar di Indonesia ini.

Selain kedua wilayah tersebut, masih ada wilayah lainnya, seperti: Sukabumi, Madiun, Semarang, Serang, Jombang, Depok, Cikarang, Bojonegoro, Solo, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Sidoarjo, Palembang, Denpasar hingga Makassar, dan wilayah lainnya di Indonesia.

Foto: Uji Soal MNR di SMPN Model Sukabumi/Dok. RPM Sukabumi

Bukan tanpa sebab jika kompetisi yang digelar ke-12 kalinya ini menjadi banyak diminati pelajar kelas 1 SD  hingga 12 SMA ini. Hal tersebut dinilai para guru dan orang tua tak terlepas dari gagasan brilian Raden Ridwan Hasan Saputra, yakni menguji kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills), di KPM istilah tersebut dinamakan Matematika Nalaria Realistik (MNR). Kemudian, dengan diterapkannya biaya seikhlasnya semakin memudahkan peserta dari berbagai kalangan dapat mengikuti kompetisi karena membayar sesuai kemampuan.

Foto: Peserta KMNR membayar biaya seikhlasnya pada keropak yang sudah disediakan/Dok. KPM Jakarta

Terlepas dari dua hal tersebut, KPM juga memberikan hasil pengerjaan siswa berupa analisis data, yang dapat digunakan pihak sekolah untuk melakukan supervisi kemampuan siswa terhadap ilmu matematika.

Bagi para guru dan pelajar yang ingin mengadakan event Uji Soal MNR di sekolahnya, silakan manfaatkan kesempatan terbatas ini. Event ini digelar hanya sampai tanggal 20 Oktober 2018. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi tim KPM Pusat (08128546962) atau dapat menghubungi kantor Cabang KPM terdekat di kota-kota Anda.

Informasi selengkapnya Uji Soal MNR silahkan saksikan tayangan berikut ini.

 

 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com