Menu
RSS
Banner Top Topik Sepekan

Noriko Khang, Pelajar dari Kota Balikpapan Sukses Meraih Medali Emas IMSO 2018

 

Foto: Noriko Khang (tengah) adalah siswa dari sekolah SDN KPS Balikpapan, Kalimantan Timur yang meraih medali emas Matematika di ajang IMSO 2018 di Cina/Dok. KPM

Bogorplus.com-Zhejiang-Cina.-- Peraih medali emas bidang matematika IMSO 2018 yang dikirim oleh KPM tahun 2018, Noriko Khang adalah siswa dari sekolah SDN KPS Balikpapan, Kalimantan Timur.

IMSO 2018 merupakan event IMSO kedua kalinya yang diikuti Noriko Khang. Pada tahun 2017, Noriko terpilih menjadi tim IMSO Kemendikbud yang digelar di Singapura dan memperoleh medali perak. Karena kegigihan dan semangat juang yang tinggi, Noriko mencoba kembali untuk mengikuti event IMSO 2018 melalui jalur Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Noriko sangat bersyukur atas capaian yang diperolehnya di ajang lomba matematika dan sains tingkat Sekolah Dasar tingkat Internasional yang diikuti sekitar 20 negara. Ia juga bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan Kemendikbud (IMSO singapura 2017) dan KPM (IMSO China 2018) sehingga ia dapat mengikuti lomba di ajang bergengsi dalam kurun waktu dua tahun berturut-turut.

Foto: Noriko Khang/Dok. KPM

Bagi Noriko, hal penting dan berkesan ketika mengikuti karantina persiapan lomba terpusat di KPM adalah visi-misi dan filosofi dalam belajar. “Sistem belajar di KPM itu terencana, mengutamakan kedisiplinan, dan semuanya mendidik,” ungkapnya.

Pelajar yang memiliki hobi membaca buku dan melukis ini menyebutkan aktivitas yang dilakukan selama karantina, seperti: belajar di kelas, ibadah, makan bersama, dan kegiatan luar kelas.

Di samping itu, Ia pun mengatakan bahwa peran guru sangat penting dalam menentukan arah belajar. “Guru di KPM  tegas dan serius saat membina kami. Tak hanya serius dalam mengajar, guru di KPM juga memberikan waktu kapan untuk diskusi dan bermain. Jadi, teman-teman tidak merasa bosan dan jenuh,” jelasnya.

Di samping peran guru, Noriko juga memberikan komentar sajian materi yang diberikan KPM “di KPM materi yang diberikan sesuai porsinya,” tambah Noriko.

Pelajar yang memiliki cita-cita sebagai seorang guru ini mengatakan tidak mengalami kesulitan ketika berbaur dengan teman-teman baru yang berasal dari sekolah dan kota yang berbeda-beda. Bahkan, meskipun suasananya menjelang berkompetisi, semua berjalan begitu cair tanpa ada beban dan tanpa persaingan.

Tim Media 

back to top
Topik Banner Bottom
ads by bogorplus.com