Menu
RSS

Items filtered by date: February 2020

Investasi Tabungan yang Paling Menguntungkan

Oleh: Eva Khoirunnisa 

(Staff Litbang Klinik Pendidikan MIPA)

Bogorplus.com-Mendengar kata Tabungan mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Tabungan merupakan simpanan yang dapat digunakan di kemudian hari ketika dibutuhkan. Sebagian besar orang mempercayakan tabungannya untuk disimpan di bank. Saat ini banyak orang yang telah sadar akan pentingnya tabungan bahkan banyak diantara mereka yang berlomba-lomba untuk menginvestasikan tabungannya.

Investasi seringkali diartikan sebagai penanaman modal dalam jumlah besar seperti saham, properti, dan sejenisnya. Padahal investasi tidak serumit itu, saat ini sudah semakin mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Terdapat banyak pilihan investasi dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Lantas manakah investasi tabungan yang paling menguntungkan? Mari perhatikan terjemahan ayat Alquran berikut:

"Barang siapa berbuat kebaikan akan mendapatkan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barang siapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikit pun tidak dirugikan (dizalimi)". (QS Al-An'am ayat 160)

Dari ayat di atas kita dapat memahami bahwa Investasi tabungan dalam kebaikan merupakan investasi yang paling menguntungkan karena akan mendapatkan sepuluh kali lipat amalnya dan sedikitpun tidak dirugikan. Berikut merupakan contoh sederhananya:

Seorang anak yatim bekerja sebagai staff KPM sekaligus guru matematika. Sebagian gaji yang diperolehnya digunakan untuk kebutuhan adik (yatim) dan ibunya (janda) sementara sisanya ia tabung di bank hingga suatu saat jumlah tabungannya dapat dikatakan cukup lumayan. Sayangnya tingkat inflasi semakin tinggi sehingga nilai uang semakin menyusut yang mengakibatkan banyak orang terlilit hutang dengan bunga tinggi salah satunya adalah anggota keluarganya. Untuk mengatasi hal ini, ia menguras seluruh tabungannya dan membantu keluarganya yang terlilit hutang riba.

Foto: Eva Khoirunnisa (Penulis), Staff Litbang Klinik Pendidikan MIPA /Dok. KPM

Ia berpikir keputusan tersebut adalah yang terbaik walaupun tabungannya habis. Sekarang ia telah memahami bahwa ia telah menginvestasikan tabungannya pada wadah yang tepat. Suatu saat bila ia membutuhkan dana dalam waktu yang mendesak ia dapat meminta hasil investasi tabungannya atau dapat diakumulasikan hingga jangka waktu tertentu. Dan Maha Besar Allah, ia mendapat kesempatan untuk menikmati 5 hari yang penuh kemewahan di Bangkok-Thailand tanpa diduga dan direncanakan semuanya dimudahkan. Meskipun ia tak meminta hal tersebut dalam doanya tetapi ia mensyukuri dan menyadari bahwa ini adalah bonus dari Allah atas investasi tabungannya.

Dari contoh di atas tentu kita dapat menyimpulkan bahwa investasi yang paling tepat, paling menguntungkan, dan tidak sedikitpun merugikan adalah investasi tabungan untuk kebaikan. "Pastikan orang-orang terdekat sudah sejahtera sebelum kita menyejahterakan orang lain" (Raden Ridwan Hasan Saputra). Dan "Jangan pernah lupa akan hak orang lain dalam 2,5% pendapatanmu" (Alm. Saefuddin).

Bangkok, 10 Februari 2020.

Read more...

Babinsa Ciomas Perkuat “Antena Kehidupan” lewat Pelatihan Suprarasional

Foto: Anggota Babinsa dan Persit Koramil 2120/Ciomas Ikuti Pelatihan Motivasi Suprarasional/Dok. KPM

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Koramil 2120/Ciomas tengah berupaya meningkatkan kemampuan para anggotanya. Sebanyak 48 peserta yang terdiri dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Persatuan Istri Tentara (Persit) diikutkan acara Pelatihan Motivasi Suprarasional, Sabtu (8/2/2020) lalu.

Pelatihan ini diselenggarakan hasil kerja sama antara Koramil 2120/Ciomas dengan lembaga Bang Read1 dan Klinik Pendidikan MIPA (KPM). Selain dihadiri anggota Babinsa dan Persit, pelatihan tersebut juga dihadiri oleh Mayor Inf Ratno Sudarmadi selaku Komandan Koramil (Danramil) 2120/Ciomas.

Untuk mempertajam dari sisi penguatan karakter dan filosofi hidup, peserta pelatihan dibekali materi tentang pentingnya mengoptimalkan 3 antena manusia (akal, hati, dan panca indera) yang disampaikan oleh Ridwan Hasan Saputra (RHS).

Foto: Ridwan Hasan Saputra memberikan motivasi cara berpikir suprarasional kepada anggota Babinsa dan Persit Koramil 2120/Ciomas/Dok. KPM

Selain itu, peserta juga diberikan motivasi pentingnya memperbanyak tabungan jiwa dan merencanakan kesusahan agar ke depan institusi Koramil 2120/Ciomas memiliki wadah rezeki yang besar sehingga dapat menyelesaikan masalah dan mendapatkan rezeki dari jalan yang tak terduga.

Danramil 2120/Ciomas Mayor Inf Ratno Sudarmadi mengungkapkan bersyukur karena anggotanya mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan suprarasional. “Saya dan seluruh anggota beserta Ibu Persit mengucapkan terima kasih atas kesediaan dan undangan Bapak Ridwan sebagai Presiden Direktur KPM untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran lewat pelatihan suprarasional,” kata Ratno.

Alumni Perwira PK Tahun 2002 ini menilai pelatihan suprarasional sangat bermanfaat bagi kami dan anggota. “Saya berharap kepada anggota (Babinsa dan Ibu Persit), setelah mengikuti pelatihan suprarasional ini dapat menjadi bekal untuk mengubah pola pikir dan dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Mayor Inf Ratno Sudarmadi.

Sementara itu, salah satu anggota Babinsa Desa Laladon, Sertu Casminto mengaku terkesan dari sosok RHS. “Kami merasa bangga dan menyambut sekali karena ilmu suprarasional ini akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai Babinsa,” ungkap Casminto.

Tim Media

Read more...

Bang Read1 Hadirkan Layanan “Ojek Seikhlasnya” di Bogor

Foto: Ojek Seikhlasnya Binaan Bang Read1/Sumber: Tangkapan layar youtube KPM Seikhlasnya

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Bang Read1 kembali hadirkan terobosan terbaru di bidang layanan transportasi berbasis bayaran “seikhlasnya” (sesuai kemampuan). Layanan yang diberi nama Ojek Seikhlasnya ini siap membantu masyarakat khususnya di wilayah Laladon, Ciomas, Kabupaten Bogor dalam menjawab kebutuhan layanan transportasi yang terjangkau, mudah, dan efisien.

Adapun keunikan dari Ojek Seikhlasnya ini dapat dihubungi via telepon maupun layanan pesan singkat. Meskipun belum membuka layanan aplikasi berbasis daring, kehadiran ojek seikhlasnya ini diharapkan dapat bersaing dengan ojek daring, karena harganya yang tidak jauh berbeda Bahkan bisa dibayar sesuai kemampuan dan keikhlasan konsumen.

Pendiri Bang Read1, Ridwan Hasan Saputra (RHS) mengatakan, hadirnya layanan Ojek Seikhlasnya ini adalah strategi Bang Read1 untuk menyejahterakan pengemudi ojek pangkalan ditengah persaingan era digitalisasi.

“Inilah bentuk kepedulian Bang Read1 terhadap ojek pangkalan yang keberadaannya semakin tergerus oleh kehadiran ojek daring. Sementara, ojek pangkalan adalah warga sekitar atau tetangga kita.” kata RHS.

Peraih Tokoh Perubahan Republika Tahun 2013 ini mengungkapkan keuntungan tersendiri yang akan di dapatkan konsumen jika menggunakan jasa Ojek Seikhlasnya.

“Jika Bapak/Ibu menggunakan Ojek Seikhlasnya akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, karena uang yang kita berikan langsung masuk ke tukang ojek, artinya kita juga berperan membantu menyejahterakan tetangga dan orang disekitar kita yang berprofesi sebagai Ojek Seikhlasnya. Sedangkan ojek berbasis daring, uang yang kita berikan ada yang masuk ke rekening seseorang di luar negeri, tentunya kita lebih senang kalau uang kita berputar di Indonesia, kan?,” ungkapnya.

Nah, bukannya lebih baik kita membantu orang terdekat kita yang memerlukan bantuan daripada membantu orang jauh yang tidak kita kenal. Jika kita memiliki rasa kepeduliaan yang tinggi kepada tetangga kita, InsyaAllah tetangga kita pun akan membantu kita disaat kita memerlukan bantuan. Sudah saatnya kita saling bergotong royong dan tolong menolong kepada tetangga sekitar agar hidup kita aman dan nyaman.” imbuhnya.

Foto: Ojek Seikhlasnya Binaan Bang Read1/Sumber: Tangkapan layar youtube KPM Seikhlasnya

“Kepada teman-teman pengemudi ojek pangkalan dan daring, mari kita pindah ke Ojek Seikhlasnya, InsyaAllah akan lebih berkah dan menyejahterakan serta mendorong keadilan sosial yang lebih merata. InsyaAllah Bang Read1 siap membantu teman-teman semua untuk menjadi Ojek Seikhlasnya melalui pelatihan suprarasional,” tutupnya.

Sementara itu, Solihin selaku pengemudi Ojek Seikhlasnya mengaku bersyukur dapat bergabung menjadi Ojek Seikhlasnya yang dibina oleh Bang Read1. “Saya atas nama Ojek Seikhlasnya menyampaikan terima kasih kepada Bang Read1 karena telah mendapatkan kesempatan bergabung menjadi Ojek Seikhlasnya. Selain mencari nafkah, motivasi saya bergabung menjadi Ojek Seikhlasnya adalah untuk membantu, menolong masyarakat, dan  membantu orang yang gak mampu agar dapat berpergian kemanapun dan kapanpun,” ujar Solihin.

Anda tertarik untuk bergabung menjadi Ojek Seikhlasnya? Silakan dapat menghubungi 0812 9943 9643. Bagi konsumen yang ingin menggunakan jasa Ojek Seikhlasnya dapat langsung menghubungi pengemudi 0898 8462 192 (Bapak Solihin)/0821 2533 0637 (Bapak Gunawan).

Tim Media 

Read more...

Bayar Seikhlasnya, Makan Sepuasnya Hingga Gratis di Warung Makan Suprarasional

Foto: Warung Makan Suprarasional/Dok. KPM

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Di zaman yang serba berbayar dan mahal, ternyata masih ada orang yang masih memiliki kepedulian tinggi terhadap kebutuhan pangan bagi masyarakat kurang mampu. Salah satunya Ridwan Hasan Saputra (RHS) yang menggagas Warung Makan Suprarasional.

Warung yang berlokasi di Jalan Raya Laladon, Ruko 6, No. 6, Desa Laladon, Kecamatan Ciomas, memiliki keunikan tersendiri, yaitu tidak ada kasir, hanya ada pelayan dan kotak yang bernama keropak untuk membayar makanan sesuai kemampuan. 

Kabar menariknya, bagi warga miskin di wilayah Desa Laladon dan pemegang kartu binaan Bang Read1 dapat membawa pulang makanan ke rumah masing-masing secara gratis. Warung Makan Suprarasional pun terbuka bagi kalangan menengah ke atas dengan membayar makanan seikhlasnya sesuai kemampuan.

Foto: Warung Makan Suprarasional/Dok. KPM

Pendiri Warung Makan Suprarasional, Ridwan Hasan Saputra (RHS) mengatakan, tujuan dibukanya warung tersebut agar tidak ada warga di sekitar Desa Laladon yang tidur dalam keadaan lapar. RHS pun mengungkapkan keunikan dari warung makan suprarasional. “Bahan makanannya adalah sumbangan dari Bang Read1. Selain itu, yang memasak dan pelayan warung hingga yang mengantar makanan tidak dibayar,” ungkapnya.

RHS juga menambahkan pihaknya juga mempersilakan kepada masyarakat mampu jika ingin menyumbangkan makanan agar dapat dinikmati masyarakat. “Hasil pendapatan dari biaya seikhlasnya ini akan disumbangkan untuk kesejahteraan guru ngaji, guru PAUD, dan guru honorer yang dibina oleh Bang Read1,” kata RHS.

Foto: Suasana Warung Makan Suprarasional/Dok. KPM

Warung Makan Suprarasional merupakan bukti nyata sebuah gerakan sederhana kerja sama antara Bang Read1, Klinik Pendidikan MIPA, dan didukung Pemerintah Desa Laladon agar terciptanya semangat gotong royong dan keadilan sosial di sebuah Desa.

“Jika setiap Pemerintah Desa dan Pengurus Masjid di daerah dapat menerapkan konsep ini, InsyaAllah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud. Semoga Pemerintah Desa dan Pengurus Masjid di daerah lain tergerak juga untuk membuka Warung Makan Suprarasional,”Tutup RHS.  

Foto: Pengunjung menikmati hidangan Warung Makan Suprarasional/Dok. KPM

Sementara itu, Kepala Desa Laladon, Rusmin memberikan apresiasi dan mendukung penuh hadirnya Warung Makan Suprarasional. Rusmin mengajak kepada masyarakat Desa Laladon yang memiliki kelebihan rezeki agar termotivasi untuk membuka Warung Makan Suprarasional.sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat tidak mampu.

Rusmin juga berpesan agar kehadiran warung ini dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi Masyarakat yang membutuhkan dengan cara berkunjung dan menikmati hidangan yang disediakan. “Pada kesempatan yang baik ini saya selaku Kepala Desa Laladon mempersilakan kepada warga Desa Laladon untuk berkunjung dan mencicipi hidangan di Warung Makan Suprarasional. Warung ini sangat unik dan perdana di Desa Laladon,” ujarnya saat peresmian perdana Warung Makan Suprarasional, Selasa (28/1/2020).

Foto: Kepala Desa Laladon, Rusmin/Dok. KPM

Pada kesempatan yang sama, Pengemudi Ojek Pangkalan, Sopian menyambut baik kehadiran Warung Makan Suprarasional. “Sangat membantu sekali dan sepertinya hanya ada di Laladon. Saya berharap semoga Warung Makan Suprarasional bisa tersebar di Desa yang lain,” pungkasnya.

Tim Media 

Read more...