Menu
RSS

Items filtered by date: April 2020

Ngabuburit ala KPM, Ajak Siswa Belajar Seru Eksplorasi Matematika dan Eksperimen IPA

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Sudahkah sahabat memiliki agenda Ngabuburit setiap sore? Buat Adik-adik yang merasa bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja dan masih bingung kegiatan apa yang cocok sambil menunggu berbuka puasa, Yuk, ikuti Porgram Ngabuburit MIPA bersama Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Program yang digagas Presiden Direktur KPM, Ridwan Hasan Saputra (RHS) ini mengajak para pelajar agar bisa belajar Matematika dan IPA dengan cara yang menyenangkan, karena di dalamnya telah tersaji materi eksperimen IPA dan eksplorasi Matematika.

Ngabuburit MIPA sudah berlangsung sejak awal bulan Ramadan 1441 H, Jumat (24/4). Setiap hari Jumat, Sabtu, Selasa, Rabu, dan Kamis, pukul 16.00.17.10 WIB, siswa kelas 1 SD sampai 12 SMA bisa belajar dan berinteraksi dengan fasilitator dari KPM melalui layanan video Conference.

Di acara Ngabuburit MIPA, peserta akan disuguhkan dan diajak mengasah kreativitas dari materi yang telah disiapkan tim KPM. Adapun untuk biaya pendaftaran, KPM menerapkan konsep bayaran seikhlasnya (sesuai kemampuan peserta) untuk setiap gelombang/paket yang terdiri dari 5 kali pertemuan setiap pekannya. Sehingga peserta tetap dapat mengikuti program ini tanpa terkendala biaya.

Pada program Ngabuburit perdana kemarin, untuk materi eksplorasi Matematika yang menjadi pemateri/fasilitator adalah Presiden Direktur KPM, Ridwan Hasan Saputra (RHS). Sedangkan untuk eksplorasi IPA diisi oleh Ina Ana Khoeriah dan Febie Leona Tiffany yang mengangkat tema “Membuat Miniatur Struktur Tanah dengan Bahan yang Bisa dimakan”.

Ina Ana Khoeriah selaku Litbang KPM mengatakan, manfaat mengikuti program Ngabuburit MIPA adalah membantu mengasah kemampuan berpikir nalar siswa, memahami konsep pembelajaran MIPA, dan mengenalkan proses pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).

Selain menjadikan belajar lebih menarik dengan mengetahui tips dan trik seputar Matematika dan IPA, para peserta juga dibekali motivasi cara berpikir supranasional yang disampaikan langsung Ridwan Hasan Saputra (RHS).

Tertarik untuk mengikuti Ngabuburit MIPA? Tunggu apalagi segera daftarkan diri kalian dengan cara hubungi 0813 1034 3400 atau melalui laman web www.kpm.read1institute.org.

Tim Media

Read more...

Cukup #DiRumahAja Bisa Ikut Pelatihan Olimpiade Matematika Bayar Seikhlasnya

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Upaya physical distancing untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, membuat guru dan siswa lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Menyikapi kondisi tersebut, Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menggagas program “Belajar Bersama Pak Ridwan (BBPR)” berbasis Online untuk memudahkan para guru dan siswa agar tetap mengasah kemampuan Matematika dari rumah.

BBPR adalah kegiatan pembelajaran daring olimpiade matematika yang dibina langsung oleh Ridwan Hasan Saputra (RHS) sebagai pelatih nasional dan internasional olimpiade matematika di Indonesia. kegiatan ini tidak hanya diperuntukkan bagi siswa saja, tetapi juga untuk guru dengan lama pembelajaran selama 2 jam (160 menit).

Untuk mengikuti program tersebut, peserta cukup menggunakan aplikasi video Conference Zoom. Sebelumnya, peserta melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui laman www.kpm.read1institute.org atau dapat menhubungi 0812.8188.2562 (Pak Ihsan).

Pada pelatihan ini, KPM menerapkan sistem bayaran seikhlasnya (sesuai kemampuan peserta). Sehingga KPM memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa dan guru untuk berpartisipasi dalam pelatihan ini. Meskipun mengusung bayaran seikhlasnya, para peserta akan mendapatkan fasilitas pelatihan, seperti, Materi video Online, modul pembelajaran, latihan soal, evaluasi pembelajaran, dan     e-sertifikat.

Pada pelaksanaannya nanti, KPM telah menetapkan agenda pelatihan, yaitu mulai tanggal 25 April sampai 16 Mei 2020 dengan pembagian materi menjadi 2 level, yakni SD dan SMP. Untuk level SD, dilaksanakan pada 25 April dan 9 Mei 2020, sedangkan untuk SMP dilaksanakan pada 2 Mei dan 16 Mei 2020. Waktu pelaksanaan pembelajaran dibagi menjadi dua waktu, yaitu pada pukul 9.00 - 11.00 WIB untuk guru dan pukul 13.00 - 15.00 WIB untuk siswa.

Sementara itu, Kepala Divisi Pelatihan, Muchammad Fachri, mengungkapkan kegiatan pelatihan akan berlangsung dalam beberapa bagian. “Bagian pertama selama dua pertemuan akan membahas tentang materi Bilangan dan akan dilanjutkan dengan materi lain seperti, Aljabar, Geometri, dan sebagainya. Tentunya, pelatihan ini sangat dianjurkan sekali bagi guru dan siswa yang ingin mengasah kemampuan ilmu Matematika, karena akan dibina langsung oleh pakar Matematika tanpa harus datang ke Bogor dan keluar dari rumah,” ujar Fachri dalam keterangannya.

Bagi yang belum mendaftar, segera daftar diri kalian jangan sampai ketinggalan. Raih ilmu sebanyak-banyak dalam pelatihan ini!

Read more...

Klinik Pendidikan MIPA Akan Gelar Kompetisi Matematika Online Se-Indonesia

Bogorplus.com-Bogor, Jawa Barat – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mengubah ruang berkompetisi bagi dunia pendidikan. Perubahan aktivitas yang biasanya berkerumun massa dalam jumlah banyak, sekarang harus rela melakukan aktivitas belajar dari rumah.

Kabar gembiranya, pelajar Indonesia tidak perlu khawatir, karena kalian masih bisa melakukan rekreasi intelektual dan mengasah kemampuan matematika meskipun #dirumahaja.

Read1 Online Mathematics Competition (ROMC) Se-Indonesia adalah salah satu gebrakan dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM) untuk menjawab kebutuhan pelajar Indonesia agar dapat mengasah kemampuan Matematika.

Kepala Divisi Lomba, Muchammad Fachri, mengatakan melalui ROMC 2020, pihaknya berupaya mewadahi pelajar Indonesia untuk tetap mengasah kemampuan Matematika di tengah keterbatasan. “Ajang ini merupakan salah satu upaya kami untuk membangun ekosistem kompetisi meskipun dengan nuansa yang berbeda bagi pelajar Indonesia,” ungkapnya (21/4).

Dikatakan, ROMC 2020 adalah sebuah kompetisi yang berlangsung secara daring yang diperuntukan untuk siswa dari kelas 1 SD sampai dengan kelas 12 SMA dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia yang dibagi menjadi 6 level, yaitu, Lower Primary (LP) untuk kelas 1-2 SD, Middle Primary (MP) untuk kelas 3-4 SD, Upper Primary (UP) untuk kelas 5-6 SD, Junior (JU) untuk kelas 7-8 SMP, Intermediate (IM) untuk kelas 9 SMP – 10 SMA, dan Advance (AD) untuk kelas 11-12 SMA.

Kompetisi ROMC akan digelar serentak dan dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Mei 2020. Adapun waktu pelaksanaan kompetisi akan berlangsung selama 90 menit dan dibagi dalam dua waktu, untuk kelas 1-6 SD akan berlangsung pada jam 10.00-11.30 WIB dan untuk kelas 7 SMP hingga 12 SMA akan berlangsung pada pukul 13.00-13.30 WIB. Setiap siswa akan mengerjakan soal sesuai dengan levelnya masing-masing.

Sebelum pelaksanaan kompetisi, siswa bisa menjajal soal-soal sebagai latihan secara GRATIS yang akan dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 30 April hingga 3 Mei 2020.

Dikarenakan berbentuk Darling (Online), para peserta wajib menggunakan fasilitas laptop atau HP yang terkoneksi dengan jaringan internet agar dapat terhubung dengan laman (website) yang sudah disediakan untuk mengerjakan soal nantinya.

“Untuk Pendaftaran, para peserta bisa mengunjungi halaman website www.kpm.read1institute.org dan biaya mengikuti kegiatan ini adalah seikhlasnya sesuai kemampuan. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada banyak siswa agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan ROMC. Selain itu, yang menarik dari kompetisi ini adalah hadiah bagi para peraih 10 terbaik di masing-masing level, yaitu pembinaan olimpiade yang akan dilaksanakan di Bogor oleh Bapak Ridwan Hasan Saputra sebagai salah satu pelatih nasional dan internasional olimpiade matematika di Indonesia bersama tim KPM. Adapun untuk hadiah utamanya adalah berkesempatan mengikuti kompetisi internasional (di negara ASEAN) secara gratis,” jelas Fachri.

Wah kapan lagi bisa dapet hadiah berkali-kali lipat kayak gini? Daftarkan diri kalian dan raih manfaatnya! Narahubung 0812.8546.962

 

Read more...