Menu
RSS
Top Banner Nasional

Kadisdik Kab. Majene Buka Acara Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Matematika Berbasis HOTS

Bogorplus.com-Kab. Majene, Sulawesi Barat – Pelatihan peningkatan kompetensi guru matematika berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang diprakarsai Kemendikbud memasuki gelombang kedua. Pasca digelar di Kab. Landak, Kalimantan Barat beberapa waktu lalu, tim dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM) bertandang ke Kab. Majene, Sulawesi Barat untuk memberikan pelatihan serupa, bertempat di Hotel Villa Bogor, Kecamatan Banggae Timur, Kab. Majene, pada tanggal 08-11 Oktober 2018.

Pada pelatihan kali ini, tim KPM masih diamanahi sebagai pelaksana untuk membekali kompetensi guru matematika di Kab. Majene. Kegiatan yang diperuntukkan bagi guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) bertujuan meningkatkan kualitas para guru dalam mengajar matematika berbasis HOTS.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda & Olah Raga Kab. Majene, Drs. H. Muhammad Ashar, M. Si, secara resmi membuka pelatihan yang dihadiri 40 peserta guru, Senin (08/10/2018) siang.

Pak Ashar selaku Kadisdik menyambut baik dan berbangga karena Kab. Majene mendapat kesempatan digelarnya pelatihan matematika berbasis HOTS. “Dari pelatihan ini semoga dapat berlanjut,” ungkapnya.

Di samping itu, Pak Ashar juga berpesan agar para peserta dapat memanfaatkan momentum ini sebagai ajang berkreasi dan berinovasi dengan mengikuti ilmu pengetahuan sesuai perkembangan zaman. Selain itu, Ia pun berharap para guru dapat mempengaruhi peserta didik bahwa matematika itu bukan untuk ditakuti, melainkan untuk disenangi.

Pak Ashar juga meyakini, jika para guru dapat melaksanakan dengan sepenuh hati sesuai prinsip cara berpikir suprarasional, sangat mungkin para peserta didik akan menyenangi pelajaran matematika. “Hal itu juga akan berdampak pada peningkatan hasil belajar dan UN/UASBN yang akan diperoleh oleh siswa,” tutup Pak Ashar.

Selama 4 hari ke depan, peserta akan mempelajari berbagai hal, di antaranya: motivasi menjadi guru hebat dengan cara berpikir suprarasional, pembelajaran matematika berbasis HOTS, permainan eksplorasi matematika hingga menyusun program sebagai wujud tindak lanjut untuk diterapkan di sekolah masing-masing.

Tim Media

back to top