Menu
RSS
Top Banner Nasional

RPM Literasi Petir, Jalan Cita bagi Anak-anak Pedamaran Timur

Foto: Rumah Pendidikan MIPA (RPM) Literasi Petir/Dok. Adi Saputro

Bogorplus.com-Kab Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan - Dengan semangat kerelawanan, sebuah komunitas guru di kecamatan Pedamaran Timur (Petir) menjadi jalan cita bagi anak-anak di sana. Pak Adi Saputro, salah satu relawan guru di bidang talenta unggul matematika, memberikan bimbingan belajar dengan bayaran seikhlasnya. Mengapa Pak Adi menetapkan bayaran seikhlasnya?

Kisah ini bermula saat Pak Adi diutus oleh Literasi Petir untuk mengikuti pelatihan Matematika Nalaria Realistik 4 Hari 3 Malam yang diselenggarakan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) di Bogor pada tahun 2017. Di tahun 2018, setelah ada 4 relawan guru lain dari Literasi Petir yang mengikuti pelatihan Matematika Nalaria Realistik dan pelatihan Sains Nalaria Realistik, komunitas Literasi Petir mengajukan permohonan membuka Rumah Pendidikan MIPA Literasi Petir. Itu awal mula RPM bisa menyapa anak-anak Pedamaran Timur.

RPM Literasi Petir membuka program bimbingan belajar reguler, bimbingan belajar intensif untuk persiapan Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR). Dengan komitmen dan semangat belajar para guru relawan, 102 siswa mengikuti babak penyisihan KMNR ke-14, dan 8 siswanya lolos ke semifinal. Luar biasa! Tetap semangat berkarya para guru relawan RPM Literasi Petir.

Tim Media

back to top