Menu
RSS
Top Banner Nasional

Items filtered by date: November 2020

Bang Read1 & Jaringan Suprarasional Mendapat Dukungan dari Berbagai Kalangan

Foto: Online Launching Bang Read1 dan Jaringan Suprarasional || Dok. KPM

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat – Sejak diresmikan  secara virtual pada Kamis (29/10), dukungan kepada Lembaga Bang Read1 & Jaringan Suprarasional terus mengalir dari berbagai kalangan, mulai dari Kepala Desa, pelaku UMKM, akademisi, praktisi pendidikan, guru, ulama, jurnalis, tukang becak hingga dokter.

Sokongan dukungan tersebut ditujukan kepada Ridwan Hasan Saputra (RHS) sebagai sosok inspiratif yang telah menggagas Bang Read1 & Jaringan Suprarasional.

“Selamat dan sukses atas diluncurkannya Jaringan Suprarasional & Bang Read1. InsyaAllah jaringan ini sangat bermanfaat, sehingga ayo sama-sama kita support agar semakin maju,” ujar Irfan Junaedi selaku Pemimpin Redaksi REPUBLIKA.

Selain Irfan Junaedi, Kepala Desa Laladon, Rusmin menyatakan dukungannya terhadap lembaga Bang Read1 & Jaringan Suprarasional. “Siap mengajak Masyarakat Desa Laladon untuk bergabung menjadi Jaringan Suprarasional dan siap mendukung Bang Read1.

Hal senada juga diungkapkan Dosen Universitas Siliwangi, Eko Yulianto. “Saya mendukung sepenuhnya Jaringan Suprarasional & Bang Read1. InsyaAllah Lembaga ini akan menjadi pilar untuk kejayaan Agama dan Negara,” pungkasnya.

Simak video selengkapnya dukungan terhadap Jaringan Suprarasional & Bang Read1.

Dilansir dari laman www.kpmsuprarasional.org, Jaringan Suprarasional adalah orang-orang atau sekumpulan orang yang bergabung untuk menambah tabungan jiwa masing-masing melalui aktivitas pekerjaannya, aktivitas saling menghubungkan,aktivitas saling menolong dan aktivitas saling bergotong royong. Tabungan jiwa-tabungan jiwa yang terbentuk selain bermanfaat untuk memperbaiki diri sendiri dan keluarga juga akan memperbaiki keadaan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Jaringan suprarasional bertujuan untuk menciptakan manusia Indonesia yang mempunyai tabungan jiwa yang besar agar menjadi manusia yang sejahtera dan mensejahterakan manusia lain. Informasi selengkapnya mengenai Jaringan Suprarasional, silakan kunjungi laman www.kpmsuprarasional.org. 

Tim Media

Read more...

Punya Hobi Motret? Yuk, Ikut Lomba Fotografi Suprarasional “Bang Read1”

Sumber foto: Freepik.com

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat – Pernah mengabadikan momen seputar masalah kehidupan? Apakah foto tersebut masih disimpan? Jika iya, yuk sertakan saja ke Lomba Fotograrif Suprarasional persembahan Bang Read1 dengan tema “Masalah Kehidupan yang ada di Indonesia”. Anda juga bisa mendapatkan kesempatan meraih hadiah Rp500.000 (juara 1), Rp400.000 (juara 2), Rp300.000 (juara 3), dan 20 foto terbaik akan direpost di instagram KPM Suprarasional serta mendapatkan hadiah menarik.

Tenang, tak perlu punya kamera canggih. Cukup modal ponsel berkamera atau jenis apapun. “Jadi, tidak alasan untuk tidak ikut karena siapapun dapat ikut lomba fotografi suprarasional,” ujar ketua penyelenggara, Rheta Rezkianti.

Rheta Menambahkan, tujuan Bang Read1 turut menyediakan panggung bagi penggemar fotografi adalah untuk untuk menggali kreatifitas penggemar fotografi dan memberikan gambaran masalah yang ada di lingkungan sekitar kita.

“Diharapkan lomba fotografi yang merupakan salah satu  program Jaringan Suprasional dan Bang Read1 ini dapat menyebarkan pesan penting masalah yang ada di negara Indonesia dan menciptakan solusi untuk penanganan masalah yang terjadi di lingkungan sekitar kita,” jelas Rheta.

Adapun peserta lomba ini terbuka untuk umum, bebas dari segala kalangan dan usia. Syarat berikutnya, foto merupakan asli hasil jepretan setiap peserta menggunakan kamera apapun. Syarat lainnya, follow akun instagram @kpmsuprarasional dan Like 3 postingan terbaru KPM Suprarasional serta tag 3 teman di postingan.

Bagi sahabat yang tertarik ingin ikut serta, simak terlebih dahulu ketentuan sebagai berikut:

  • Unggah foto di akun instagram masing-masing dan tag akun instagram @kpmsuprarasional.
  • Sertakan foto selfie peserta di tempat foto unik lomba di ambil.
  • Tulisan judul, narasi terkait masalah yang diangkat serta solusinya di dalam caption.
  • Ketentuan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Pengiriman terakhir tanggal 20 Desember 2020. Sedangkan pemenang akan diumumkan pada 26 Desember 2020.

Tim Media

Read more...

Bang Read1 akan Gelar Lomba Hafalan Al-Qur’an Se-Bogor, GRATIS!

 

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat – Pertama kalinya lembaga Bang Read1 akan menyelenggarakan Lomba Hafalan Al-Qur’an. Pelaksanaan lomba untuk siswa kelas 1-6 SD/MI ini diselenggrakan secara virtual dalam rangka mematuhi protokol kesehatan pandemi Covid-19.

Ketua Pelaksana, Rheta Rezkianti mengatakan, “Lomba ini bertujuan meningkatkan akhlak dan budi pekerti anak-anak dengan mempelajari Al-Qur’an. Di samping itu,  lomba ini juga untuk memotivasi peserta agar mengisi waktu luang anak dengan hal yang positif,” ungkap Rheta.

Rheta menambahkan bahwa pihaknya berharap semoga dengan hadirnya Lomba Hafalan Al-Qur’an yang digagas Bang Read1 dan Jaringan Suprarasional, dapat memotivasi anak-anak menjadi penghafal Al-Qur’an sejak usia dini, sehingga generasi cinta Al-Qur’an dapat terwujud.

Adapun syarat & pendaftaran mengikuti lomba ini, yakni siswa kelas 1-3 SD/MI (video membaca surat Al-Ashr). Sedangkan siswa kelas 4-6 SD/MI (video membaca surat Al-Alaq). Video hafalan diunggah pada Channel YouTube masing-masing. Pendaftaran dan pengiriman video dapat melalui laman  http://www.kpmsuprarasional.org/event/lombaHafalan.

Hadiah yang dibagikan pada peserta lomba yang berhasil mendapat juara 1 Rp500.000, juara 2 Rp400.000, juara 3 Rp300.000, peringkat ke-4 sampai ke-10 Rp200.000, dan peringkat ke-11 sampai ke-20 Rp100.000.

Pendaftaran sudah dimulai tanggal 10 November hingga 10 Desember 2020. Tahapan selanjutnya, peserta yang sudah mendaftar dan mengirimkan video akan diseleksi oleh dewan juri tanggal 10 November-20 Desember 2020, pengumuman tanggal 21 Desember 2020, dan babak final tanggal 31 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021. Peraih 20 besar masing-masing kategori akan melaksanakan tes secara daring melalui aplikasi ZOOM.

Tim Media

Read more...

KPM Bekali Guru Pesantren Pembelajaran Matematika berbasis HOTS

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat – Rendahnya kemampuan numerasi siswa di Indonesia bukan lagi berita baru. Hasil PISA tahun 2018 menempatkan Indonesia berada di peringkat ke-7 dari bawah (73) dengan skor rata-rata 379. Turun dari peringkat 63 pada tahun 2015. Hal itulah yang mendasari Klinik Pendidikan MIPA (KPM) termotivasi untuk berbagi ilmu lewat acara yang bertajuk “Pelatihan Matematika untuk Guru Pesantren”, Jumat (6/11).

Acara perdana yang diselenggarakan pada pukul 13.30-15.00 WIB, dihadiri Ridwan Hasan Saputra (RHS) sebagai pemateri. Melalui pembelajaran secara daring tersebut, Pemateri membahas pemecahan masalah matematika, bab teleskopik.

Ridwan Hasan mengatakan, KPM ingin berkontribusi lebih dalam peningkatan mutu pembelajaran Matematika di Indonesia, khususnya bagi guru Pesantren. “Sejauh pengalaman saya melatih ke berbagai sekolah negeri, swasta, dan pesantren, guru pesantren masih kurang kompetensinya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan, anak-anak pesantren jarang berprestasi, khususnya dibidang olimpiade Matematika. Mudah-mudahan dengan pembelajaran ini dapat membantu para guru pesantren dalam meningkatkan kompetensi Matematika, sehingga siswa/siswi Pesantren bisa lebih berprestasi,” ungkap RHS disela-sela acara Pelatihan.

Selain itu, Ridwan berharap kegiatan Pelatihan Matematika untuk Guru Pesantren yang digelar KPM, dapat diikuti dan dimanfaatkan secara optimal oleh guru pesantren di seluruh Indonesia.

Pelatihan Matematika untuk Guru Pesantren dijadwalkan sebanyak empat kali pertemuan, yakni setiap Jumat tanggal 6, 13, 20, dan 27 November 2020. Kegiatan ini dapat diikuti secara GRATIS bagi Guru Matematika MTs/MA. Informasi dan pendaftaran, silakan kunjungi https://kpm.read1institute.org/info/pelatihanPesantren atau dapat menghubungi Narahubung 0812.8188.2562.

Read more...

Bang Read1 dan Desa Laladon Kolaborasi Salurkan Program Sedekah dan Bantuan UMKM

BOGORPLUS.COM-Bogor, Jawa Barat –Bang Read1 dan Desa Laladon bersinergi menyalurkan bantuan program sedekah hingga bantuan UMKM. Adapun program yang telah disalurkan yakni, untuk guru Madrasah, Marbot Masjid, Santri yatim, dan Bantuan Usaha Bergulir (BUB), Kamis (5/11), bertempat di Ruko Bang Read1, Jl. Raya Laladon, Ruko 6 No.6 Laladon, Ciomas, Kab Bogor.

Program sedekah dan bantuan ini merupakan kelanjutan dari online launching Bang Read1 dan Jaringan Suprarasional yang digagas oleh Ridwan Hasan Saputra, Kamis (29/10) lalu. Adapun rincian program sedekah dan bantuan yang telah disalurkan untuk 17 orang Marbot Masjid, 10 orang guru Madrasah, dan 10 orang Santri yatim.

Kepala Desa Laladon, Rusmin, mengapresiasi langkah Bang Read1 untuk membantu Masyarakat yang tidak mampu dalam hal ekonomi. Selain itu, diterimanya Bantuan Usaha Bergulir dari Bang Read1 juga diharapkan ikut mendorong sektor UMKM agar termotivasi untuk meningkatkan produktivitas.

“Program Bang Read1 sangat membantu sekali. Kami sangat mengapresiasi dan mendukung program Ini, terutama bagi warga Desa Laladon. Selain memberikan bantuan, Pak Ridwan juga memberikan solusi melalui komunitas Jaringan Suprarasional supaya kita tetap bertahan selama masa pandemi. Pada prinsipnya, bagaimana caranya setelah kita dibantu, kita juga harus membantu teman/saudara yang lain. Semoga program ini dapat memotivasi warga yang lain dan semakin meluas sehingga semakin banyak juga membantu warga yang membutuhkan,” jelasnya.

Sementara itu, H. Aang Ghozali selaku pimpinan Pondok Pesantren Darut Tholibin mengungkapkan rasa syukur atas program yang digagas Ridwan Hasan Saputra. “Alhamdulillah program ini menurut pemerintah dan agama sangat baik. Bagaimanapun orang yang bersodaqoh InsyaAllah akan mendapat pahala dari Allah. Semoga program ini dapat menjadi contoh untuk desa yang lain dan ke depannya akan muncul Bang Read1 berikutnya,” pungkasnya.

Dilansir dari laman www.kpmsuprarasional.org, Jaringan Suprarasional adalah orang orang atau sekumpulan orang yang bergabung untuk menambah tabungan jiwa masing-masing melalui aktivitas pekerjaannya, aktivitas saling menghubungkan, aktivitas saling menolong dan aktivitas saling bergotong royong. Tabungan jiwa-tabungan jiwa yang terbentuk selain bermanfaat untuk memperbaiki diri sendiri dan keluarga juga akan memperbaiki keadaan masyarakat dan bangsa indonesia.

Jaringan suprarasional bertujuan untuk menciptakan manusia Indonesia yang mempunyai tabungan jiwa yang besar agar menjadi manusia yang sejahtera dan mensejahterakan manusia lain. Informasi selengkapnya mengenail Jaringan Suprarasional, silakan kunjungi laman www.kpmsuprarasional.org.

 

Read more...